Mamapedia Logo
Posisi Tidur Yang Baik dan Tepat Untuk Bayi

Posisi Tidur Yang Baik dan Tepat Untuk Bayi

author iconNovia Luciana
date icon15 08 2018
category iconGaya Hidup, keluarga, Tumbuh Kembang Anak, Tips, Kelahiran Anak,

Tidur merupakan suatu kegiatan yang penting bagi bayi karena organ tubuhnya belum bekerja dengan stabil sehingga memerlukan waktu untuk mengaktifkannya. Selain itu, fungsi otak masih dalam tahap perkembangan dan produksi hormone pertumbuhan akan sangat aktif ketika tidur nyenyak. Untuk membantu bayi Moms mengoptimalisasi fungsi dan kegunaannya dari sel yang ada, diperlukan waktu tidur untuk bayi yang lebih lama dari orang pada umumnya.

Dilansir dari suatu sumber, tidur bayi akan lebih berkualitas apabila waktu tidurnya hanya 2 jam dengan keadaan tenang, nyaman, dan nyenyak dari pada waktu tidur 5 jam, dengan suasana ataupun keadaan yang ramai, berisik, dan tidak nyaman. Menurut Dr Ayu Partiwi, Sp. A, MARS, posisi tidur anak memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga pada usia tertentu setiap organ yang matang juga berbeda-beda. Berikut posisi tidur bayi berdasarkan umurnya:

Baca juga: Pentingnya Tidur Berkualitas Pada Bayi

 

  1. Tidur Telentang (Bayi 0-3 Bulan)

Bayi yang berumur 0-3 bulan memang belum bisa melakukan banyak gerakkan, sehingga posisi tidur yang dikuasainya hanya terlentang karena motoriknya belum teralu matang. Kelemahan pada bayi yang tidur dengan posisi ini adalah sangat mudah terbangun, bahkan hanya dengan suara yang pelan. Namun, melalui posisi tidur terlentang, bayi Moms akan menghindari risiko terkena apnea.

 

  1. Tidur Posisi Tengkurap (> 3 Bulan)

Pada saat bayi berusia lebih dari 3 bulan, biasanya bayi juga tidur tengkurap. Ini merupakan posisi favorit beberapa bayi dan mereka mampu untuk membolak balikkan badannya sendiri dan sudah kuat mengangkat kepalanya sendiri. Bayi yang tidur dengan posisi tengkurap akan lebih lama waktu tidurnya karena merasa nyaman dan juga nyenyak dan cenderung akan susah dibangunkan. Bayi yang tidur dalam keadaan tengkurap pada umumnya memiliki bentuk kepala yang lebih bagus.

 

  1. Tidur Miring Kesamping (> 3 Bulan)

Pada saat Moms menyusui bayi sambil tiduran, posisi miring ini sangat disukai oleh bayi. Tujuan dari posisi tidur ini adalah untuk mempermudah proses pengosongan lambung. Baca juga : Yuk Moms Kenali Pola Tidur Bayi

 

Posisi tidur yang baik untuk bayi sangatlah penting, apalagi posisi tidur tengkurap karena dapat memperbaiki posisi dan bentuk kepala dan juga membuat bayi tidur lebih tenang dan juga nyenyak. Mengaplikasikan posisi tidur tengkurap dapat dilakukan tidak hanya disaat bayi dalam posisi tertidur. Namun Moms juga dapat mengajaknya berman tengkurap dalam beberapa saat. Jangan lupa untuk selalu mengawasi posisi tengkurap si kecil ya Moms.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share