Homepage Loading Icon
Moms, Intip 5 Tips Merawat Kulit Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Moms, Intip 5 Tips Merawat Kulit Anak di Tengah Pandemi COVID-19

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon20 05 2020
category iconGaya Hidup, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak,

Menjaga kebersihan tangan di tengah pandemi COVID-19 adalah hal yang penting dilakukan. Tidak hanya bagi Moms, tetapi juga perlu mengajak Si Kecil rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Di satu sisi, seringnya mencuci tangan ini menyebabkan berbagai masalah kulit. Termasuk bagi anak-anak, di mana kulit mereka lebih sensitif. Moms perlu tahu seperti apa tips merawat kulit anak saat pandemi COVID-19.

Mengutip Kids Health, ada beberapa fungsi dari kulit, yaitu:

  • Melindungi tubuh
  • Membantu menjaga tubuh pada suhu yang tepat
  • Sebagai indera peraba

Yuk, baca lebih lanjut untuk mengetahui apa saja gangguan pelindung kulit pada anak, dan bagaimana tips untuk menjaga kulit Si Kecil tetap lembap dan terawat.

Gangguan Pelindung Kulit Anak Karena Agen Pembersih

Penggunaan sabun cuci tangan dan hand sanitizer yang sering membuat fungsi barrier atau penghalang kulit jadi terganggu. Dampaknya, Si Kecil mengalami gangguan pelindung pada kulit tangannya.

"Kalau anak menggunakan hand sanitizer terus-menerus, bisa menimbulkan iritasi. Gejala yang sering dikeluhkan anak yaitu gatal, perih, kering, bersisik, serta timbul ruam," jelas Dokter Spesialis Kulit - Dermatologi Pediatrik, dr. Tina Wardhani Wisesa, Sp.KK (K), FINSDV, FAADV, dalam Diskusi Online NOROID "Menjaga Kulit Sehat dan Lembap Selama Pandemi Covid-19" pada Selasa (12/5/2020).

Lebih lanjut, dr. Tina juga menyebutkan lokasi tanda-tanda klinis kulit Si Kecil yang kering, bersisik, dan ruam, yaitu di bagian jari-jari, telapak, dan punggung tangan.

"Pada anak dengan kulit sensitif, dapat memicu terjadinya eksim (dermatitis) dan mudah terkena infeksi bakteri, jamur, dan virus," sambung dr. Tina.

Oleh karena itu gunakan hand sanitizer secukupnya ya Moms. Seperti sebelum makan atau setelah dari luar. Ingat ya Moms, tidak perlu pakai terus menerus.

Tips Merawat Kulit Anak Saat Pandemi COVID-19

Untuk menjaga kulit Si Kecil bebas iritasi dan tetap lembap, Moms perlu tahu bagaimana tips merawat kulit anak saat pandemi COVID-19. Apalagi dengan seringnya menggunakan sabun cuci tangan dan hand sanitizer.

Dalam jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia, perawatan kulit bayi yang baru lahir, bayi, dan anak-anak harus menjaga integritas kulit, mencegah toksisitas dan menghindari paparan kulit terhadap bahan kimia berbahaya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam merawat kulit anak di tengah pandemi COVID-19.

1. Mandi Teratur

Pastikan Si Kecil mandi dengan teratur, yaitu dua kali sehari menggunakan air dingin, dan gunakan sabun yang mengandung pelembap.

Mengajak Si Kecil mandi mungkin cukup sulit, tetapi Moms bisa membuat kegiatan ini jadi lebih menyenangkan. Berikut ini rekomendasi dari American Academy of Dermatology:

  • Mandi sambil bermain dengan mainan (kedap air) favorit.
  • Mengajak Si Kecil mendengarkan cerita favoritnya.
  • Baca buku anak yang dibuat khusus untuk dibawa ke bak mandi.
  • Membuat petualangan seru sehingga waktu mandi menyenangkan.

Artikel terkait: Tips Hindari Si Kecil Menyentuh Wajah di Tengah Pandemi COVID-19

2. Gunakan Pelembap

Selain penting untuk mengajak Si Kecil mandi secara teratur, pastikan Si Kecil juga perlu menggunakan pelembap sebagai rangkaian dari tips merawat kulit anak saat pandemi COVID-19.

Ada banyak jenis bahan utama pelembap, tetapi dr. Tina menyarankan untuk menggunakan pelembap dengan kandungan pseudo-ceramide.

"Meski pelembap dengan kandungan ceramide menduduki komponen besar dan penting untuk melembapkan kulit hingga mencapai 50 persen, tetapi kandungan pseudo-ceramide lebih aman untuk anak," terang dr. Tina.

3. Pakai Pelindung

Menggunakan pelindung dapat membantu menjaga kulit Si Kecil tetap terawat saat pandemi. Hal ini adalah langkah penting dari tips merawat kulit anak.

Untuk melindungi kulit bayi dari sinar matahari, pilih pakaian yang memiliki pelindung matahari, tetapi juga terbuat dari bahan yang tidak tebal dan menyerap keringat.

"Pakaikan bayi dengan pakaian pelindung matahari, seperti baju dan celana lengan panjang berbahan ringan," saran Sheila Fallon Friedlander, M.D., dokter kulit anak bersertifikat dan profesor pediatri dan dermatologi di University of California San Diego, melansir situs American Academy of Dermatology (AAD).

Selain itu, pastikan Si Kecil memakai pakaian yang juga mudah menyerap keringat.

4. Jangan Lupa Rutin Berjemur

Rutin berjemur di waktu dan durasi yang tepat merupakan tips merawat kulit anak lain yang juga membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kegiatan ini mendukung daya tahan tubuh Si Kecil.

Tidak hanya mengatur daya tahan tubuh, Journal of Investigative Medicine, menyebutkan vitamin D bahkan telah digunakan untuk mengobati infeksi seperti TBC, sebelum ada antibiotik efektif untuk mengobati kondisi ini.

Disarankan, aktivitas berjemur pada anak dilakukan sebelum jam 10.00. Berjemur di atas jam 10.00 hingga 14.00 bisa berisiko bagi kulit dan tubuh. Selain itu, lakukan selama 5-15 menit.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Sebagai tips merawat kulit anak di tengah pandemi yang terakhir, adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan. Dokter Tina menekankan pentingnya langkah untuk mencegah daripada mengobati.

Beberapa hal untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah:

  • Menjaga kebersihan kamar anak
  • Pastikan sirkulasi dan ventilasi ruangan terjaga baik
  • Gunakan kain gorden yang ringan dan mudah dicuci
  • Jaga kasur, bantal, dan guling, serta sprei tetap bersih
  • Mainan harus selalu dibersihkan dan disimpan di tempat khusus

Itu dia Moms, beberapa tips merawat kulit anak di tengah pandemi COVID-19 agar terhindar dari gangguan kulit anak. Selalu gunakan pelembap usai mencuci tangan ya, Moms.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Little Tree Head To Toe Baby Bath Foam Sabun & Shampo Bayi
Little Tree Head To Toe Baby Bath Foam Sabun & Shampo Bayi

Rp 229,000

Little Tree Foaming Hand Sanitizer Antiseptic Pembersih Tangan Bayi (50ml)
Little Tree Foaming Hand Sanitizer Antiseptic Pembersih Tangan Bayi (50ml)

Rp 69,000

Little Tree Foaming Hand Sanitizer Antiseptic Pembersih Tangan Bayi (150ml)
Little Tree Foaming Hand Sanitizer Antiseptic Pembersih Tangan Bayi (150ml)

Rp 89,000

ADARA Hand Sanitizer with Skin Moisturizer
ADARA Hand Sanitizer with Skin Moisturizer

Rp 50,000

IKYUSAN Organic Baby Hand Sanitizer 60 ml
IKYUSAN Organic Baby Hand Sanitizer 60 ml

Rp 55,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved