Homepage Loading Icon
5 Langkah Mengajarkan Anak Berpuasa

Moms, Ini 5 Tips Ajarkan Si Kecil Berpuasa!

author iconIntan
date icon26 04 2020
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Ramadan tiba! Tentu Moms berpikir untuk mulai memperkenalkan si Kecil tentang puasa. Lantas, bagaimana sih, cara terbaik mengajarkan si Kecil berpuasa sejak dini?

Mamapedia punya tips rahasianya, agar si Kecil berhasil puasa menyesuaikan dengan kemampuan usianya.

Simak tipsnya berikut ini, ya!

1. Beri teladan yang baik

Sebelum Moms mengajarkannya untuk berpuasa, tentu saja Moms wajib menjadi teladan yang baik untuk si Kecil. Berikan contoh yang sesuai dengan anjuran agama dalam berpuasa, sembari menceritakan tentang tujuan dan manfaat dari aktivitas berpuasa kepada si Kecil.

Saat Moms dan Dads berpuasa, tentu saja anak akan bertanya apa itu puasa? Untuk apa umat Muslim akan berpuasa? Mengapa harus ada ibadah puasa selama 30 hari? Dan lain sebagainya.

Dengan memberikan jawaban yang tepat diikuti dengan contoh pelaksanaan puasa yang baik, si Kecil tentu akan lebih mudah menerima ilmu tersebut serta akan terinspirasi untuk bisa berpuasa seperti yang Moms dan Dads lakukan.

2. Lakukan secara bertahap

Untuk mengarahkan si Kecil berpuasa, sebaiknya Moms melakukannya secara bertahap mengikuti kemampuan si Kecil.

Moms juga sebaiknya tidak memaksa anak untuk langsung berpuasa penuh sesuai dengan keinginan Moms.

Lakukan secara bertahap mulai dari setengah hari, tiga perempat hari, hingga puasa penuh. Berikan ia kelonggaran namun tetap membuatnya tetap berkomitmen dengan anjuran berpuasa yaitu tidak makan dan minum selama waktu tertentu.

Yang terpenting, biarkan si Kecil mengenal terlebih dahulu tentang mekanisme puasa termasuk bagaimana cara menjalankannya.

3. Berikan reward

Ini merupakan salah satu cara Moms menghargai usahanya menahan lapar dan haus. Reward tak harus berupa hadiah atau barang-barang yang ia inginkan, karena dikhawatirkan ini akan mengajarkan si Kecil memiliki niat yang salah.

Moms bisa melatihnya dengan memberikan reward berupa ucapan atau pujian tentang upayanya untuk berpuasa. Moms bisa mengafirmasinya dengan kalimat-kalimat positif seperti "Anak pintar dan sholih/sholihah", "Moms percaya kamu kelak akan menjadi anak yang membanggakan keluarga", dan lain sebagainya.

Kalimat afirmasi positif seperti ini akan membuatnya merasa dihargai serta dapat meningkatkan kepercayaan dirinya untuk melakukan lebih baik lagi. Tentunya, si Kecil akan lebih semangat untuk berpuasa juga, dong!

4. Siapkan makanan berbuka yang menarik

Baik baru berpuasa setengah hari atau sudah menjalankan puasa secara penuh, Moms bisa mengapresiasi usaha si Kecil dengan memberikan menu berbuka favoritnya. 

Langkah sederhana ini juga bisa meningkatkan nafsu makan si Kecil, lho.

Berikan plating yang menarik saat menyajikan menu makanan si Kecil. Moms juga bisa memaksimalkannya dengan warna-warni yang menarik dari Re-Play Kids Tablewareyang juga ramah lingkungan, lho!

Tentu, si Kecil akan semakin semangat dan lahap menghabiskan menu sahur dan berbuka.

5. Tetap perhatikan kesehatan anak

Saat Moms mengajarkan si Kecil berpuasa, pastikan Moms tetap memantau kesehatannya.

Apabila si Kecil sedang dalam kondisi tidak sehat, jangan memaksanya untuk tetap berpuasa. Terlebih lagi jika si Kecil mengalami gejala demam.

Untuk mengantisipasi si Kecil tetap sehat dan bugar selama berpuasa, Moms wajib membiasakannya untuk mengonsumsi makanan-makanan bergizi seperti sayur, buah, susu, serta minum air putih yang cukup.

Keuntungannya, hal ini bisa membantu Moms membiasakan si Kecil makan makanan bergizi meskipun Ramadan sudah usai, lho!

Jadi, sudah siap untuk mengajarkan si Kecil berpuasa kan, Moms? Selamat mencoba kelima tips di atas, semoga berhasil, ya!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Tweeling & Co Baby Sling
Tweeling & Co Baby Sling

Rp 499,000

Little Tree Baby Wipes (General Use) 25 Wipes
Little Tree Baby Wipes (General Use) 25 Wipes

Rp 39,000

Little Tree Baby Wipes (Hands & Mouth) 25Wipes
Little Tree Baby Wipes (Hands & Mouth) 25Wipes

Rp 39,000

Little Tree Baby Wipes (For Nappy) 25Wipes
Little Tree Baby Wipes (For Nappy) 25Wipes

Rp 39,000

Mugu Value Set
Mugu Value Set

Rp 228,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved