Mamapedia Logo
Manfaatkan Sabuk Kehamilan Sebagai Penyangga Perut

Manfaatkan Sabuk Kehamilan Sebagai Penyangga Perut

author iconnadhilapn
date icon24 04 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan, Tips,

Perut Moms yang semakin hari semakin membesar saat hamil seringkali menimbulkan berbagai keluhan. Sabuk kehamilan dapat dimanfaatkan menjadi penyangga perut dapat sebagai salah satu cara meringankan keluhan tersebut. Penyangga perut ini akan sangat membantu Moms yang harus tetap aktif saat hamil, terutama pada kehamilan trimester kedua dan trimester ketiga.

Dilansir dari suatu sumber, berikut manfaat sabuk kehamilan sebagai penyangga perut yang perlu Moms ketahui:

Mendukung Perut dan Punggung Bawah

Saat ini, telah banyak tersedia beragam jenis dan produk sabuk kehamilan yang dapat Moms manfaatkan sebagai penyangga perut. Penyangga perut pada Moms yang sedang hamil, sebenarnya tidak hanya bermanfaat pada perut saja, melainkan punggung bagian bawah juga. Pada umumnya, rasa sakit punggung pada bagian bawah mulai dikeluhkan oleh Moms yang sedang hamil setelah memasuki masa kehamilan trimester kedua.

Baca juga: Waspadai Bahaya Terlalu Lama Berdiri Saat Hamil

Namun, ada beberapa kemungkinan penyebab ketidaknyamanan ini, seperti kenaikan berat badan, perubahan hormon dan postur tubuh, stres, dan faktor-faktor lain. Sabuk kehamilan sebagai penyangga perut yang digunakan saat beraktivitas dapat mendukung perut serta punggung bawah sehingga efektif dalam meredakan rasa sakit.

Penyangga perut juga dapat membantu untuk mempertahankan postur tubuh yang benar. Hal ini dapat mencegah kecenderungan Moms yang hamil untuk menarik punggung atas ke belakang, seiring dengan perut yang membesar.

Selain mendukung Moms yang hamil saat beraktivitas, penggunaan sabuk kehamilan atau maternity belt sebagai penyangga perut juga membantu saat sedang berolahraga. Penggunaan penyangga perut ini akan meringankan rasa sakit dan tidak nyaman. Berkurangnya tekanan di bagian perut dan punggung bawah pada siang hari akan meringankan rasa nyeri pada malam hari, termasuk menjelang tidur.

Baca juga: Tanda Tanda Dehidrasi Pada Ibu Hamil

Penyangga Perut Dapat Digunakan Setelah Melahirkan

Di Indonesia, manfaat penyangga perut setelah melahirkan sudah tidak asing lagi. Praktik yang umumnya diterapkan oleh Moms di Indonesia adalah melilitkan kain panjang di sekitar perut dan punggung bawah sebagai penyangga. Sementara itu, pada saat hamil,Moms dapat menggunakan penyangga perut untuk mendukung perut dan punggung bawah. Hal ini akan mendukung pemulihan otot dan bagian perut yang merenggang ketika hamil.

Seorang ahli kandungan mengatakan, cara ini dapat digunakan untuk menahan perut, postur tubuh, sekaligus menambah rasa percaya diri setelah melahirkan. Tekanan di sekitar perut yang lembut dapat membantu rahim kembali ke ukuran normal lebih cepat, selain membua Moms merasa lebih nyaman untuk bergerak juga. Penggunaan penyangga perut pada ibu setelah melahirkan disarankan sekitar 4-6 minggu untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE