Mamapedia Logo
Makanan Berserat Tinggi Untuk Anak Selain Buah dan Sayur

Makanan Berserat Tinggi Untuk Anak Selain Buah dan Sayur

author iconDwi Ayu Rochani
date icon17 08 2020
category iconGizi & Kesehatan, Keluarga,

Makanan berserat tinggi tidak hanya direkomendasikan untuk orang dewasa, tapi juga penting untuk pertumbuhan anak. Anak-anak merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah sembelit. Nah, mencukupi kebutuhan serat anak dapat mencegah masalah ini. Serat juga bisa mencegah anak makan berlebihan sehingga terhindar dari obesitas. 

Supaya tidak bingung jenis makanan berserat seperti apa yang cocok untuk anak Moms, simak dahulu ulasan berikut ini. 

Gandum utuh

Makanan alternatif sumber serat pertama yang dapat Anda berikan pada anak adalah produk olahan gandum utuh, seperti roti dan pasta yang terbuat dari gandum.

Seperti yang dilansir Healthline, satu iris roti gandum tawar rata-rata mengandung serat sebanyak 2 gram. Namun jika teliti, terdapat juga yang mengandung 3 gram serat. Sedangkan dari setiap 50 gram pasta gandum terdapat 2 gram serat.

Sajikan roti gandum dengan selai kesukaan si kecil atau Anda dapat membuat spageti saus tomat dengan pasta gandum. Dengan demikian, si kecil tetap menikmati makanan dan tanpa sadar kebutuhan seratnya pun terpenuhi.

Kacang Almond 

Berbagai jenis kacang-kacangan sebenarnya merupakan sumber serat alternatif yang baik. Namun, kacang almond merupakan salah satu yang mengandung serat paling tinggi.

Satu ons atau 28 gram kacang almond mengandung serat sebanyak 3,5 gram dan diikuti kacang tanah dengan 2,5 gram serat. Selain itu, kacang juga merupakan sumber lemak sehat bagi anak.

Popcorn

Popcorn merupakan salah satu sumber serat yang dapat dijadikan camilan di sela-sela jam makan untuk anak. Selain rasanya yang ringan, popcorn juga rendah kalori dan secara teknis masih termasuk gandum.

Meski dari 150 gram popcorn hanya terdapat 1 gram serat, anak biasanya tidak akan cukup makan popcorn sebelum menghabiskan tiga kali lipat dari jumlah tersebut.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, popcorn dapat menyebabkan si kecil tersedak. Jadi, jika ingin memberikan popcorn sebagai sumber serat, tunggu sampai usia buah hati Anda cukup sebelum memperkenalkan makanan satu ini.

Kentang rebus dan kulitnya

Apabila hanya makan kentang tanpa kulitnya, Moms dan si kecil tidak akan mendapat asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, tidak perlu mengupas kentang, cukup bersihkan lalu olah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus lalu makan beserta kulitnya.

Menurut US Department of Agriculture, kulit dari satu buah kentang panggang mengandung serat kurang lebih hingga 4,6 gram.

Baca juga : 3 Makanan yang Dapat Dijadikan MPASI Selain Nasi 

Ubi manis

Jangan mengaku orang Indonesia jika tidak pernah makan ubi manis. Makanan yang seringkali menjadi jajanan ini ternyata kaya akan serat. Besar kemungkinan akan disukai anak karena rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut.

Dari ubi manis yang berukuran sedang saja, mengandung serat sebanyak 3,8 gram. Moms dapat memberikan ubi manis sebagai camilan sehat yang kaya akan nutrisi.

Asupan serat penting untuk menjaga pencernaan di segala kalangan usia. Namun, terkadang anak sulit untuk mengonsumsi sayur dan buah yang merupakan makanan utama sumber serat. Tak hanya harus pintar memilih alternatif sumber serat, Moms juga harus mencoba beragam kreasi menu makanan tinggi serat agar si kecil makan dengan lahap. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE