Mamapedia Logo
Liburan Nyaman Anti Ribet Bersama Si Kecil

Liburan Nyaman Anti Ribet Bersama Si Kecil

author iconJanice Susana
date icon27 09 2018
category iconGaya Hidup, Kecantikan, keluarga, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Liburan bersama seharusnya menjadi momen menyenangkan di tengah-tengah kesibukan rutinitas yang padat dan melelahkan. Namun, seringkali malah timbul beragam kekhawatiran ketika akan mengajak si kecil liburan, takut kewalahan mempersiapkan keperluan si kecil, belum lagi menghadapi si kecil yang rewel, sulit makan, mudah sakit atau bahkan mabok perjalanan.

Nah, biar ga ribet sebelum membawa si kecil liburan bersama, yuk simak tips-tips berikut Moms!

Diskusikan rencana wisata bersama

Sebaiknya Moms mengajak si kecil untuk memilih destinasi wisata sebelum memutuskan, sehingga Moms akan tahu apa yang disukai oleh si kecil. Tanyakan tempat-tempat mana saja yang ingin mereka kunjungi dan jangan lupa minta si kecil untuk memberikan alasan menarik. Hal ini juga akan mengajarkan si kecil untuk belajar mengemukakan pendapat dan berpikir secara kritis sejak dini. Tidak ada salahnya juga memberikan si kecil tugas ringan saat berwisata supaya mereka tidak gampang bosan dan tetap bersemangat menikmati liburan.

Cek kesehatan si kecil sebelum pergi wisata

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Moms wajib mengecekkan kesehatan si kecil pada dokter terlebih dahulu. Pastikan si kecil benar-benar dalam kondisi prima ya Moms agar mereka bisa menikmati liburan dan menjadi momen yang menyenangkan untuk keluarga. Kalaupun kondisi anak tidak memungkinkan sebaiknya jangan dipaksakan. Moms bisa mengatur ulang jadwal liburan di lain waktu.

Pack Smart

Serba salah ya Moms, bawaan terlalu banyak akan kewalahan, bawaan terlalu sedikit keperluan si kecil tidak terpenuhi. Jangan khawatir, pastikan Moms dan si kecil membuat prioritas daftar barang-barang yang wajib dibawa seperti camilan sehat, obat-obatan, mainan teman perjalanan, dan pakaian secukupnya. Moms juga bisa memanfaatkan tas dan kantong serbaguna hingga mini botol untuk menyimpan beragam perlengkapan wisata.

Selalu gunakan pakaian yang nyaman

Pakaian nyaman belum tentu tidak fashionable lho Moms. Pastikan Moms dan si kecil menggunakan pakaian yang nyaman dan mudah bergerak untuk berwisata. Moms akan sibuk mengurus si kecil, maka akan sangat merepotkan apabila menggunakan pakaian yang ribet.

Liburan ketika low season

Usahakan mengajak si kecil liburan tidak pada waktu high season. Selain menghemat pengeluaran, tempat wisata yang terlalu ramai akan membuat anak-anak cenderung lebih rewel dan tidak bisa leluasa menikmati liburan. Berlibur pada low season yanglebih sepi pengunjungjustru akan membuat liburan menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Kelima tips tersebut boleh dicoba saat ingin membawa si kecil liburan. Ingatlah bahwa mengutamakan kenyamanan anak adalah hal yang paling penting saat berlibur bersama. Selamat liburan Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE