Homepage Loading Icon
Langkah-langkah Membersihkan Pompa ASI Elektrik yang Benar

Langkah-langkah Membersihkan Pompa ASI Elektrik yang Benar

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon17 11 2020
category iconGaya Hidup, keluarga, Menyusui,

Bagi Moms yang baru melahirkan, pasti saat ini Anda sedang disibukkan oleh berbagai macam kegiatan ibu baru. Salah satunya adalah menyusui.

Menyediakan ASI (Air Susu Ibu) merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan ibu kepada buah hatinya. Selain menyusui langsung dari payudara, memompa ASI salah satu cara yang bisa Moms lakukan.

Ada dua jenis pompa ASI yang bisa Moms digunakan, yaitu pompa ASI elektrik dan manual. Untuk pompa ASI elektrik, Moms harus memperhatikan cara membersihkannya.

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan pompa ASI elektrik.

Cuci Tangan dan Gunakan Cairan Disinfektan

Langkah-langkah membersihkan pompa ASI elektrik yang bisa Moms lakukan adalah cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih. Lepaskan bagian-bagian pompa ASI elektrik yang Anda miliki sesuai dengan instruksi manual yang terdapat dalam buku panduannya. Untuk membersihkan tombol-tombol yang ada pada pompa ASI gunakan cairan disinfektan.

Baca Juga: Alasan Moms Harus Harus Selalu Bersihkan Pompa ASI Sebelum dan Sesudah Memompa

Perhatikan Bagian Pompa ASI yang Dicuci

Bagian pompa ASI yang dicuci hanyalah botol, leher, klep, dan corong pompa. Sedangkan bagian yang tidak dicuci adalah selang dan mesin. Bilas menggunakan air bersih untuk mencuci bagian pompa yang terkena kontak langsung dengan ASI. Perlu diingat, jangan sampai menyisakan ASI sedikit pun.

Cuci dengan Air Hangat

Langkah-langkah membersihkan pompa ASI elektrik berikutnya adalah cuci bagian pompa ASI (botol, leher, klep, dan corong pompa) dengan air hangat yang sudah diberi sabun pencuci botol bayi. Pastikan bagian-bagian tersebut tidak tersentuh tempat cuci piring yang Moms miliki. Jangan gunakan spoons atau scrub yang biasa Moms pakai untuk mencuci untuk membersihkan pompa ASI, sebaiknya gunakan sikat botol khusus.

Bilas Hingga Bersih dan Keringkan

Setelah Moms cuci pompa ASI, bilas dengan air bersih hingga tidak ada sabun yang menempel. Kemudian keringkan dengan lap bersih atau tisu dapur yang Moms miliki. Jangan menggunakan lap yang sebelumnya sudah dipakai untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri.

Pasang Kembali dan Lakukan Sterilisasi

Setelah sudah kering semua, langkah membersihkan pompa ASI elektrik berikutnya adalah memasang kembali bagian-bagiannya dengan tepat.

Moms disarankan untuk melakukan sterilasasi agar pompa ASI elektrik tersebut benar-benar bersih dan terhindar dari kuman serta bakteri. Caranya dengan menggunakan dishwasher atau rendam semua bagian tersebut dengan air mendidih.

Moms, pastikan Anda melakukan langkah-langkah membersihkan pompa ASI elektrik di atas dengan tepat dan rutin, ya. Hal ini dilakukan agar asupan nutrisi ASI Si Kecil dapat terpenuhi dengan lancar sehingga dia tumbuh menjadi anak yang sehat.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui
MOOIMOM Hands Free Pumping Bra / Bra Pompa ASI Bra Menyusui

Rp 340,000

[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured  Powder Drink 15 Sachet
[PRENAVITA] Honey Lychee Flavoured Powder Drink 15 Sachet

Rp 199,000

Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI
Disposable Breast Pads (30pcs) Penyerap ASI

Rp 30,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved