Mamapedia Logo
Konsumsi 5 Jenis Makanan ini Supaya ASI Lancar! - MOOIMOM

Konsumsi 5 Jenis Makanan ini Supaya ASI Lancar!

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Menyusui, Tips,

Diet_for_breastfeeding_newborn_1-400x300

 

Jangan khawatir apabila produksi ASI Anda tak selancar ibu-ibu lainnya. Perjuangan Anda belum berakhir karena Anda harus coba mengkonsumsi salah satu dari 5 jenis makanan yang bisa membuat ASI Anda lancar secara alami. Siap-siap kulkas ASI penuh ya Moms!

 

  1. Air Putih

 

Yang datangnya dari alam memang tidak dapat diragukan lagi. Mulai sekarang Anda tidak boleh malas minum air putih lho Moms jika ingin ASI Anda lancar. Apakah Moms tahu bahwa dehidrasi adalah salah satu penyebab utama produksi ASI rendah pada ibu baru. Bahkan tingkat dehidrasi yang kecil dapat menghentikan tubuh dari membuat susu sehingga bisa fokus pada jantung dan fungsi otak. Jika Anda tidak minum beberapa gelas air di siang hari, kemungkinan Anda tidak mendapatkan cukup cairan setiap hari. Wanita harus minum sekitar 2 liter air sehari, dan mungkin ada saat-saat ketika Anda ingin minum sebanyak 2,5 liter supaya produksi susu lebih baik. Jika Anda tidak haus atau tidak bisa mendapatkan cukup air bahkan setelah Anda mulai banyak minum, silahkan berkonsultasi dengan dokter Anda.

 

  1. Oatmeal

 

Semangkuk oatmeal hangat mengandung banyak gizi dan nutrisi yang bisa membantu Anda memproduksi banyak ASI yang sehat. Buatlah semangkuk oatmeal untuk sarapan pagi Anda setiap hari karena bisa membantu ASI Anda lebih lancar, menenangkan saraf, memberikan nutrisi yang bermanfaat baik bagi sang bayi atau diri Anda sendiri. Namun jika Anda tidak suka sarapan, Anda tetap bisa membuatnya menjadi cookies panggang atau makanan apapun yang Anda sukai dan nikmatilah dengan teh hangat di sepanjang hari.

 

  1. Wortel, dan Paprika Merah atau Oranye

 

Sayuran ini mengandung beta karoten yang tinggi, vitamin yang penting yang dibutuhkan tubuh ibu untuk memproduksi ASI. Jika tubuh Anda kekurangan vitamin ini, tentu saja akan memperlambat produksi susu secara drastis. Buah bit, ubi jalar, dan sayuran berwarna oranye atau merah lainnya juga mengandung beta karoten yang tinggi, jadi Moms silahkan tambahkan bahan makanan ini ke dalam masakan Anda ya!

 

  1. Kacang-kacangan & Biji-bijian

 

Lemak, anti oksidan, mineral adalah kandungan yang ada pada kacang yang membuat Anda tetap bisa ngemil sehat dan tentu saja bisa membuat produksi ASI Anda lancar. Konsumsi kacang-kacangan kapanpun Anda mau supaya ASI untuk si kecil melimpah ya Moms. Tak hanya itu saja, biji-bijian seperti wijen dan biji labu juga baik sebagai booster ASI Anda.

 

Source : https://goo.gl/HP7TrH

 

Pict Credits : google.com

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE