Homepage Loading Icon
Kesalahan Penggunaan Hand Sanitizer Menurut WHO

Kesalahan Penggunaan Hand Sanitizer Menurut WHO

author iconDwi Ayu Rochani
date icon31 07 2020
category iconGaya Hidup, keluarga,

Seringkali sebagian orang cukup menyemprot ala kadarnya atau menggosok sekenanya hand sanitizer ke tangan. Alih-alih manjur, kesalahan pemakaian hand sanitizer justru akan membuat cairan antiseptik tak efektif melawan virus corona.
Padahal, menjaga kebersihan tangan adalah salah satu komponen penting pencegahan penyebaran virus.

Saat tak memungkinkan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, hand sanitizer jadi alternatif pilihan. Tetapi ketika tak gunakan dengan tepat maka pembersih tangan berbasis alkohol ini tak bakal bekerja optimal.

WHO pun merilis sejumlah kesalahan yang kerap dilakukan masyarakat saat menggunakan hand sanitizer. Akibatnya, hand sanitizer tidak lagi menjadi efektif untuk menangkal bakteri dan virus. Kesalahan apa sajakah itu?

Pelit hand sanitizer

Menurut Center for Disease Control, kamu membutuhkan hand sanitizer yang cukup untuk menutupi seluruh permukaan tangan. Umumnya, seseorang merasa hanya menggunakan hand sanitizer sudah cukup untuk membunuh kuman. Padahal, cara kerja hand sanitizer berbeda dengan sabun cuci tangan yang benar-benar menghilangkan kuman dari kulit meski digunakan sedikit. Hand sanitizer hanya membunuh kuman ketika ia bersentuhan dengan tangan.

Hanya diaplikasikan di beberapa area

Alkohol 60% yang terkandung dalam hand sanitizer hanya akan efektif membunuh di seluruh area tangan jika diaplikasikan secara menyeluruh. Sayangnya, banyak orang yang hanya mengaplikasikan hand sanitizer di area jari-jari saja. Kamu harus mengaplikasikan hand sanitizer di seluruh area tangan, termasuk punggung tangan.

Tidak membiarkan hand sanitizer kering

Alkohol yang ada pada hand sanitizer memang akan menguap dan kering dengan sendirinya. Namun hal ini tentu tetap membutuhkan waktu untuk membuat hand sanitizer benar-benar mengering sempurna dari tangan. Jangan pegang apapun jika tangan masih basah karena hand sanitizer. Gosok terus tangan yang basah selama 20-30 detik hingga benar-benar kering.

Artikel terkait : Yuk Ajarkan Anak Rurin Cuci Tangan

Menggunakannya saat Tangan Sedang Kotor

Meski bisa membunuh kuman, hand sanitizer tidak akan efektif jika kamu menggunakannya ketika tangan sedang kotor berlumuran sesuatu, seperti lumpur atau setelah makan dengan menggunakan tangan. Jadi, jika kamu habis berkebun atau melakukan sesuatu yang membuat tangan berlumuran kotoran, sebaiknya cuci tangan dengan air dan sabun saja.

Hansanitizer dengan kadar 70 persen alkohol dianjurkan untuk digunakan sebagai cairan pembersih yang ampuh membunuh kuman maupun bakteri. Jadi lindungi diri dan keluarga dengan pilihan produk terbaik dari OH MY ORANGE. Praktis dan efektif membunuh bakteri dan kuman penyebab penyakit. Dengan aroma minyak jeruk alami yang sangat menyegarkan, cepat menyerap dan tidak lengket di tangan.

Oh My Orange memiliki beberapa produk yaitu Sanitizer Spray, Hand Sanitizer Gel, Antibacterial Hand Wash, dan Antibacterial Spray yang cocok dipakai untuk anak- anak. Oh My Orange merupakan produk penghilang bakteri yang aman untuk kulit. Berbahan aman dan terbuat dari ekstrak jeruk alami yang menyegarkan. 

Oh My Orange sedang ada promo juga lho. Bisa klik di sini untuk melihat promonya atau bisa kunjungi website www.mooimom.id . 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Spray 70ml - Pembersih Tangan
[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Spray 70ml - Pembersih Tangan

Rp 49,000

[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Gel 60ml - Pembersih Tangan
[OH MY ORANGE] Hand Sanitizer Gel 60ml - Pembersih Tangan

Rp 49,000

[OH MY ORANGE] Natural Antibacterial Hand Wash 300 ml - Sabun Cuci Tangan
[OH MY ORANGE] Natural Antibacterial Hand Wash 300 ml - Sabun Cuci Tangan

Rp 69,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved