Mamapedia Logo
Ini Kegunaan Kalsium Bagi Kehamilan

Ini Kegunaan Kalsium Bagi Kehamilan

author iconnadhilapn
date icon12 03 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan, Tips,

Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang Moms butuhkan untuk membentuk kekuatan pada tulang dan juga gigi. Selain itu kalsium juga memiliki peran yang penting untuk mendukung kesehatan otot tubuh, sistem syaraf, dan juga kesehatan jantung. Konsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi akan meningkatkan kesehatan secara umum. Mineral kalsium akan disimpan dalam tulang, namun mineral akan keluar melalui aliran darah jika dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga tetap penting untuk menyimpan cadangan kalsium dari berbagai jenis makanan.

Kalsium memiliki peranan yang penting untuk semua pertumbuhan tubuh kita. Ketika janin di dalam kandungan membutuhkan kalsium untuk memperkuat pertumbuhan jaringan tulang dan gigi. Bahkan kalsium yang Moms butuhkan hingga lanjut usia dapat mempertahankan kekuatan tulang hingga mencegah gigi keropos. Masih ada peran lain dari kalsium. Berikut ini adalah berbagai peran kalsium untuk tubuh manusia.

Dilansir dari suatu sumber, berikut kegunaan kalsium yang bermanfaat untuk Moms yang sedang hamil:

  1. Kalsium Untuk Mencegah Osteoporosis

Kalsium penting untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi sehingga Moms yang sedang hamil membutuhkan kalsium untuk mempertahankan kesehatan tulang dan memberikan nutrisi Moms yang hamil untuk janin.

  1. Kalsium Membantu Proses Metabolisme

Kalsium berperan untuk memperlancar proses metabolism sehingga kalsium dimasukkan dalam asupan makanan untuk diet. Kalsium mendukung proses pembakaran lemak untuk menurunkan berat badan.

  1. Kalsium Meringankan Gangguan Menstruasi

Asupan kalsium dan vitamin D yang cukup untuk wanita mampu menghilangkan gangguan pra menstruasi dan juga saat menstruasi. Saat perempuan masuk dalam siklus ini, mka hormone estrogen dan progesterone akan mengalami fluktuasi sehingga tubuh akan membentuk reaksi dengan berbagai gejala yang tidak menyenangkan untuk perempuan.

  1. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

Moms yang sedang hamil membutuhkan kalsium per hari sebesar 1000 miligram. Asupan ini bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium alami. Kalsium dibutuhkan oleh Moms yang sedang hamil untuk menjaga agar kehamilan dapat tetap sehat. Kalsium yang cukup melindungi Moms yang sedang hamil dari kondisi preklamsia yaitu kondisi tekanan darah tinggi sepanjang kehamilan. Berikut ini manfaat kalsium bagi janin selama masih di dalam kandungan:

  • Kalsium diperlukan oleh janin untuk membentuk pertumbuhan jaringan tulang sehingga saat bayi lahir dapat terhindar dari risiko cacat fisik
  • Janin membutuhkan kalsium untuk membentuk struktur gigi yang baik dan kuat
  • Janin membutuhkan kalsium untuk membentuk jaringan jantung, otot, dan sistem syaraf
  • Kalsium mendukung pengembangan irama jantung pada janin dan membentuk sistem pembekuan darah yang normal
Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE