Mamapedia Logo
Ini Kata Ahli Tentang Seks Saat Hamil - MOOIMOM MAMAPEDIA

Ini Kata Ahli Tentang Berhubungan Seks Saat Hamil

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Sssstt…sudah ngga jaman menutup diri untuk pengetahuan yang satu ini Moms. Apalagi saat hamil pasti ada dong ketakutan tersendiri untuk melakukannya. Pro dan kontra dari para ahli juga ternyata banyak, namun tentu saja semua pro kontra tersebut memiliki alasan yang kuat.

Ada ahli yang mengatakan bahwa aktifitas seks saat usia kandungan menginjak trimester pertama adalah usia yang rentan karena pada fase ini janin sedang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Goncangan yang mungkin terjadi dikhawatirkan akan mengganggu jaringan yang baru saja terbentuk. Namun ada juga ahli yang berpendapat trimester pertama adalah fase yang aman karena perut ibu belum begitu besar sehingga lebih mudah memilih posisi seks seperti sebelum hamil, tentu saja dengan syarat kondisi kehamilan ibu dinyatakan sehat oleh dokter. Solusinya, Moms tetap bisa melakukan hubungan seksual di trimester pertama, namun usahakan supaya gerakan yang dilakukan tidak terlalu kuat.

seks, seks saat hamil, seks ibu hamil, ibu hamil, hamil

Menurut Bambang Widjanarko, dalam situs Tanya Dokter Anda, mengemukakan bahwa usia kandungan menjadi penentu yang penting apakah seks aman dilakukan atau tidak. Lalu kondisi kandungan harus benar-benar sehat, dan kedua hal ini harus menjadi perhatian penuh supaya terhindar dari keguguran dan kelahiran bayi premature.

Sebuah penelitian juga mengemukakan sekitar 80% wanita hamil merasakan dorongan seksual yang meningkat pada usia kandungan trimester kedua, hal ini juga berpengaruh terhadap perilaku pasangan Moms. Beberapa Dads justru ada yang merasa lebih tertarik saat melihat Moms hamil di trimester kedua. Menurut Prof.DR.Dr.Wimpie Pangkahila (dokter ahli andrologi & Seksologi), melalui website Dokter Tomi, beberapa wanita hamil juga ada yang merasa tidak tertarik melakukan hubungan seksual. (Baca juga : Apakah Seks Selama Hamil Aman?)

Dr. H Boyke Dian Nugraha, SpOG, dilansir dari sebuah situs, mengungkapkan bahwa hubungan seks dengan usia kandungan 7 hingga 9 bulan masih aman dilakukan. Ia juga mengemukakan bahwa tubuh Moms saat hamil terlihat lebih indah dan justru pasangan akan mengalami orgasme lebih mudah. Beliau juga menyarankan, jika Moms dan Dads masih ragu melakukannya, sebaiknya tidak dilakukan sama sekali karena keraguan tersebut akan membuat keduanya susah menerima rangsangan dalam berhubungan seks.

seks, seks saat hamil, seks ibu hamil, ibu hamil, hamil

Sedangkan menurut Dr.Lauren Streicher, M.D (dokter spesialis kandungan di Chicago dan penulis untuk Love Sex Again), berpendapat bahwa pada trimester pertama kehamilan, Moms dan Dads diperbolehkan untuk mencoba semua posisi seks yang digemari.  Namun jika ingin menghindari dari yang namanya terlalu lelah saat berhubungan seks, Moms dan Dads juga bisa mencoba posisi Spooning karena posisi ini termasuk dalam posisi ternyaman dan terbaik yang dilakukan saat kehamilan terjadi.

Dr.Lauren Streicher, M.D juga mengungkapkan bahwa posisi seks telentang lurus tidak dianjurkan, terutama jika kehamilan sudah menginjak usia 20 minggu. “Ketika Anda telentang, uterus yang melebar akan menekan aorta, yang memengaruhi aliran darah ke plasenta,” jelas Dr. Streicher, dikutip dari website Mother & Baby.

Nah Moms, semua kembali kepada Moms dan pasangan ya untuk memilih mana yang terbaik. Sekali lagi, jika masih ragu, Moms wajib untuk berkonsultasi dengan dokter kandungannya ya!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE