Homepage Loading Icon
Cegah Corona. Ini Pentingnya Anak Mencuci Tangan dengan Benar

Cegah Corona. Ini Pentingnya Anak Mencuci Tangan dengan Benar

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon18 03 2020
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Aktivitas Moms dan Si Kecil sangatlah banyak setiap harinya. Oleh karena itu, tangan menjadi salah satu sarang berkumpulnya berbagai macam bakteri, kuman, dan virus yang dapat menjadi penyebab berbagai macam jenis penyakit. Jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang kita diantaranya flu, meningitis, hepatitis A & C (gangguan hati), penyakit kulit, gangguan usus, dan diare. Tak terkecuali yang kini tengah ramai diperbincangkan adalah virus COVID-19 atau virus Corona.

Sungguh berbahaya kan, Moms? Untuk itu, sebaiknya pastikan Moms dan Si Kecil selalu ingat untuk mencuci tangan setelah selesai melakukan atau menyentuh sesuatu. Dan sebaik-baiknya mencuci tangan adalah mencuci tangan dengan sabun, karena jika kita mencuci tangan hanya dengan air saja tidak menutup kemungkinan adanya kuman / bakteri yang masih tertinggal di tangan.

Mengajarkan anak mengenai cuci tangan pakai sabun sejak dini merupakan hal sangat penting, sebab tangan adalah salah satu anggota tubuh yang terbilang rentan karena mempunyai risiko menyebarkan berbagai jenis bakteri di dalamnya yang tak akan terlihat oleh mata telanjang.

Si Kecil bisa saja memegang banyak benda yang kotor setiap harinya. Karena adanya rasa ingin tahu yang besar, akan membuatnya menyentuh apapun termasuk kuman yang dapat menimbulkan penyakit.

Supaya anak tak sering terserang penyakit, pastinya Moms harus menjaga kesehatan anak dengan cara yang sangat sederhana. Salah satunya yakni dengan membiasakan anak mencuci tangan setelah bermain, sebelum makan, hingga setelah buang air.

Mencuci tangan dengan cara yang benar dan baik, dapat meminimalisasi risiko adanya penyakit hingga penyebaran virus berbahaya seperti merebaknya virus corona belakangan ini.

Mencuci tangan dengan memakai sabun merupakan cara yang terbilang sederhana dan mudah untuk dilakukan. Kebiasaan mencuci tangan sangat bermanfaat dalam pencegahan penyebaran berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan Si Kecil.

Moms cukup mengajarkan anak untuk mencuci tangan yang baik dan benar. Berikut tips yang bisa Moms terapkan di rumah.

 

1. Langkah awal mengajarkan anak cuci tangan pakai sabun

Pastikan dulu Moms sudah mencontohkan gaya hidup bersih, salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun. Usahakan jangan terburu-buru. Lakukan cuci tangan pakai sabun selama 20-60 detik agar kuman yang sempat bersarang di tangan bisa bersih dengan sempurna.

 

2. Kenali waktu yang tepat untuk mencuci tangan

Moms harus mengajari anak mengenai kapan waktu yang tepat dalam mencuci tangan dan beritahukan kepada anak dengan penuh kesabaran.

Waktu yang cukup tepat untuk mencuci tangan yakni setelah bermain, sebelum makan, sesudah buang air, dan setelah beraktivitas di luar ruangan terutama setelah bersentuhan dengan orang lain.

 

3. Berikan edukasi tambahan

Bagi anak perempuan, berikan penjelasan jika ingin cuci tangan pakai sabun sebaiknya lepaskan terlebih dahulu cincin, gelang, hingga jam tangannya supaya dapat mencuci tangan secara keseluruhan.

Jelaskan pula jika ingin terhindar dari penyakit dan virus, maka harus menggunakan sabun agar bakteri pun hilang. Moms bisa menambahkan edukasi mengenai virus corona yang kini tengah mewabah. Agar Si Kecil pun lebih waspada terhadap kesehatannya.

 

4. Mencuci tangan yang benar

Jelaskan kepada Si Kecil ketika sedang mencuci tangan untuk teteskan sabun cuci tangan secukupnya. Kemudian gosok tangan yang telah diberikan sabun tadi hingga akan menghasilkan busa.

Jangka waktu dalam mencuci tangan sebaiknya minimal sekitar 20 detik, lalu gosok tangan perlahan hingga ke bagian sela-sela jari sampai bersih. Berikut ini langkah mencuci tangan yang benar.

1.Basahi kedua telapak tangan menggunakan air yang mengalir, ambil sabun kemudian usap dan gosok kedua telapak tangan.

2. Gosok kedua punggung tangan secara bergantian

3. Gosok kedua sela-sela jari tangan

4. Ruas-ruas jari-jari kedua tangan, gerakan saling mengunci

5. Gosok ibu jari tangan kiri memutar dalam genggaman tangan kanan secara bergantian

6. Gosok dengan memutar ujung jari-jari tangan kanan ditelapak tangan kiri secara bergantian

 

5. Membilas dan mengeringkan tangan

Setelah 20 detik cuci tangan pakai sabun, maka beritahukan kepada anak agar membilas bekas sabun yang menempel di tangan dengan air mengalir hingga 10 detik dan harus bersih terbebas dari busa. Tahap selanjutnya yakni keringkan tangan dengan tisu kering atau mungkin handuk kering.

Ketika Moms memberitahukan penjelasan mengenai pentingnya mencuci tangan sejak dini, katakan pula jika kegiatan ini dapat mencegah berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri hingga kuman di dalam tangan. Maka dari itu, ajaklah anak Moms untuk mencegah timbulnya bakteri.

Perlu Moms ketahui, dengan kebiasaan mencuci tangan yang kamu terapkan sejak dini dapat mencegah penyebaran berbagai macam penyakit pada sang buah hati. Selain menggunakan sabun, pemakaian air bersih ketika membilas pun akan menjadi poin penting dalam hal ini.

Mencuci tangan dengan sabun dapat Moms ajarkan dengan cara yang menyenangkan seperti dengan menyanyikan lagu cuci tangan, sehingga melekat di dalam ingatan Si Kecil.

Selain itu, Moms sebagai orangtua pun perlu mengajarkan anak mengenai cuci tangan pakai sabun dengan benar seperti membersihkan sela jari hingga setiap kuku.

Sisa sabun pun perlu dibersihkan dengan baik, supaya tidak ikut termakan atau tertelan anak. Dengan tangan yang sehat dan bersih, anak akan tetap beraktivitas dan bereksplorasi dengan tenang, sehingga orang tua pun tak akan khawatir lagi.

 

Pilih sabun yang tepat bagi kulit anak

Moms, pastikan pilih sabun cuci tangan yang tepat agar tidak membahayakan kulit anak. Pilih sabun dengan bahan yang tepat hanya di MOOIMOM.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Little Tree Baby Moisturising Shampoo Bayi
Little Tree Baby Moisturising Shampoo Bayi

Rp 199,000

Little Tree Baby Soothing Body Wash Sabun Mandi Bayi
Little Tree Baby Soothing Body Wash Sabun Mandi Bayi

Rp 199,000

Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi
Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi

Rp 72,000

Little Tree Baby Laundry Soap Sabun Cuci Batang Baju Bayi (Grape Fruit)
Little Tree Baby Laundry Soap Sabun Cuci Batang Baju Bayi (Grape Fruit)

Rp 42,000

Little Tree Baby Wipes (Hands & Mouth) 80 Wipes
Little Tree Baby Wipes (Hands & Mouth) 80 Wipes

Rp 79,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved