Mamapedia Logo
Catat! Ini 4 Alasan Kenapa Semua Perlengkapan si kecil harus Steril

Catat! Ini 4 Alasan Kenapa Semua Perlengkapan si kecil harus Steril

author iconanisyukur
date icon17 10 2019
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Tumbuh Kembang Anak, Kelahiran Anak,

Menjaga si kecil tetap sehat, menjadi tujuan utama para orang tua. Mereka biasanya membatasi diri dengan mencuci tangan sebelum memegang ataupun menggunakan masker saat harus berdekatan dengan si kecil. Hal ini tentu saja dapat membantu mencegah beragam virus menular ke dalam tubuh si kecil. 

Tapi tahukah Moms? Jika perlengkapan si kecil belum steril, beragam virus juga mampu menjangkit tubuh si kecil. Menjaga perlengkapan si kecil tetap steril merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap Moms. Berikut ini merupakan alasan mengapa semua perlengkapan bayi seperti dot, teether, hingga peralatan MPASI harus steril.

1. Imunitas Bayi masih lemah 

Bayi yang baru lahir hingga berusia 2 tahun, memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah. Hal ini tentu membuat para orang tua wajib menjaga si kecil dengan hati-hati agar tetap sehat.

2. Mudah terserang penyakit

Karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih lemah, maka bayi mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting bagi Moms untuk menjaga setiap peralatan si kecil tetap higienis dan steril agar tidak terkena bakteri dan virus.

3. Jamur di setiap tempat

Udara yang lembab menjadi penyabab munculnya jamur. Jamur tidak hanya muncul di ruangan-ruangan yang pengap dan lembab tetapi juga dapat muncul di setiap benda yang tidak steril. Pastikan setiap perlengkapan si kecil yang akan digunakan telah dilakukan sterilisasi terlebih dahulu.

4. Bakteri berkembang biak dengan cepat

Bakteri akan membelah dengan sangat cepat. Mulai dari 2 menjadi 4, dan seterusnya hingga menghasilkan bakteri yang jumlahnya sungguh melimpah. Pembelahaan diri menjadi banyak ini juga didukung oleh waktu yang diperlukan untuk melakukan pembelahan. Dalam kondisi ideal, bakteri akan membelah diri setiap 15-20 menit. 

Untuk membantu mengatasi hal tersebut, Moms bisa menggunakan alat bantu sterilizer. Inovasi terbaru, sterilizer saat ini menggunakan alat bantu berupa UVC LED sehingga lebih mampu membunuh kuman dalam waktu singkat. Sehingga Moms tidak melakukan perendaman peralatan dengan air mendidih secara berulang-ulang karena tidak praktis dan efisien.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE