Homepage Loading Icon
Cara Terbaik Merawat Gigi yang Baru Tumbuh

Cara Terbaik Merawat Gigi yang Baru Tumbuh

author iconDwi Ayu Rochani
date icon17 01 2020
category iconGizi & Kesehatan, Tips,

Setiap bayi mengalami fase dan tanda pertumbuhan gigi yang tak sama, ada yang baru tumbuh gigi di usia 12 bulan. Ada juga yang sudah tumbuh di usia 6 bulan. Umumnya, bayi akan mengalami tumbuh gigi pertamanya sekitar usia 4-12 bulan.

Bagi yang baru pertama kali menghadapi bayi tumbuh gigi, mungkin Moms akan sedikit bingung. Terutama jika si kecil malas makan dan selalu menggesekkan gusinya. Berikut ini cara merawat gigi bayi yang baru tumbuh  

1. Memberi Mainan Teether
Saat ini ada banyak jenis mainan anak yang menarik dan lucu, salah satunya mainan teething. Umumnya mainan ini terbuat dari bahan silikon aman untuk bayi, bisa digenggam dan digigit.

Bayi dengan usia lebih dari 4 bulan sudah diperbolehkan untuk memainkan mainan ini. Tapi, sebelum memberikannya pada anak, dinginkan terlebih dahulu ke dalam kulkas, untuk mengurangi rasa gatal di gusi anak.

2. Memberinya Camilan Sehat
Apabila pertumbuhan gigi bayi baru terjadi di usia 6 bulan ke atas, bisa memberikan camilan sehat seperti buah dingin atau puding untuk mengurangi rewel pada anak. Ingat untuk selalu memberi makanan yang sehat dan jangan beri makanan dengan gula tambahan seperti permen atau cokelat.

3. Minuman Dingin
Cara merawat bayi yang baru tumbuh gigi ini sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman di gusi. Tak perlu menggunakan es atau minuman dingin bersoda atau dengan gula tambahan, cukup dengan air putih yang dingin saja

4. Mengusap Gusi
Peralatan perawatan bayi semakin hari semakin beragam dengan fungsinya masing-masing. Ada alat perawatan khusus untuk bayi yang sedang tumbuh gigi. Bentuknya seperti sikat halus kecil yang bisa dipakai di jari Tidak hanya berfungsi sebagai pembersih, alat ini bisa digunakan untuk mengusap gusi anak dan mengurangi rasa gatal karena gigi yang tumbuh.

5. Beri Handuk Dingin
Selain menggunakan alat perawatan gigi bayi, bisa juga meredakan rasa gatal pada gusi bayi dengan menggunakan handuk dingin yang bersih. Biarkan handuk dingin digigit oleh anak, asalkan handuk dalam kondisi yang bersih.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mombella Octopus Teether Toy Doo Mainan Gigitan Bayi - Lemon
Mombella Octopus Teether Toy Doo Mainan Gigitan Bayi - Lemon

Rp 319,000

Mombella Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange
Mombella Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange

Rp 129,000

Mombella Snail Baby Teething Rattle- Blue
Mombella Snail Baby Teething Rattle- Blue

Rp 279,000

Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Hedgehog
Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Hedgehog

Rp 109,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand
ABC Design Brand
Hamako Brand
Klara Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved