Homepage Loading Icon
Cara Ampuh Agar Anak Lahap Makan MPASI

Cara Ampuh Agar Anak Lahap Makan MPASI

author iconDwi Ayu Rochani
date icon20 11 2020
category iconGaya Hidup, keluarga,

Memberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI) tak hanya dibutuhkan kreativitas, tapi orang tua juga perlu memiliki pengetahuan yang cukup, agar bayi lahap saat makan MPASI. Sebab jika tidak, Si Kecil bukannya tumbuh menjadi anak yang suka makan buah dan sayuran, namun justru menjadi anak yang sering melakukan aksi 'Gerakan Tutup Mulut.'

1. Jangan langsung memberi susu

Ya, ini terkait banyak para ibu yang saat anak menggeleng saat ditawari makanan, ia langsung memberikannya susu. Apakah Moms salah satunya ? Semoga tidak ya. Sebab, kalau hal ini dibiarkan, maka jumlah asupan susunya per hari bisa seperti asupan air mineral, yakni 7-8 gelas. Kondisi inilah sebenarnya yang membuat anak jadi menolak tawaran makan, karena perut mereka sudah penuh.

Di sisi lain, susu sendiri merupakan asupan pelengkap, bukan asupan pokok untuk memenuhi nutrisi harian anak. Adapun solusi dari kondisi ini ialah Moms perlu mengajak mereka main dulu. Tujuannya, agar tercipta rasa lapar dalam diri anak. Dengan cara ini, kelak ia bakal relatif mudah diberikan makan.

2. Beri batasan waktu makan sebanyak 30 menit

Mungkin ini target yang tidak realistis bagi sebagian Moms, karena banyak dari mereka mengaku kalau waktu makan anak mereka itu lebih dari sejam. Baiklah, memang memberi makan tidak segampang membalikan telapak tangan. Tapi, sayangnya membatasi waktu makan harus dibiasakan, Moms. Sebabnya, tubuh akan mengirimkan sinyal yang mengatur rasa kenyang ke otak setelah ia makan 30 menit. Jadi, kalau lebih dari waktu itu Moms masih mencoba menyuapi anak makan, peluang anak menolak saat diberi makan sangat tinggi. Karena sinyal rasa kenyang sudah dikirim ke kepala mereka

3. Jangan langsung memberi makanan keras

Ingat ya moms, sistem pencernaan bayi itu sangat sensitif dan butuh adaptasi dari apa yang mereka makan. Jadi, menurut jurnal Eat For Health: Infant Feeding Guidelines, jalan keluar dari kondisi itu sebaiknya orang tua memberikan makanan sesuai dengan tahapan usia – sesuai rekomendasi WHO.

Apa saja makanan di setiap tahapan itu? Simak ulasannya di bawah ini:

Tahap 1: Memberi makanan bubur saring atau bubur susu di usia 6-7 bulan.

Tahap 2: mengenalkan tekstur baru lewat nasi lembek diusia 8-9 bulan

Tahap 3: Setelah mengenal tekstur lembek, Anda boleh mengenalkannya ke tekstur yang lebih padat dan kental. Contohnya seperti wortel, kentang, dan apel. Jika ia sudah berusia 10-12 bulan, berikan Si Kecil keleluasaan makan sendiri dalam bentuk memegang makanannya.

4. Jangan memberikan anak gadget saat ia makan

Tersebab, kondisi itu bakal fokus anak jadi hilangdan mengurangi kenikmatan ia makan. Dari fenomena ini,hal yang sering dilakukan banyak Moms ialah membiarkan anak menonton film kartun saat makan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Maternity and Nursing Stripe Shirt Baju Hamil Menyusui
MOOIMOM Maternity and Nursing Stripe Shirt Baju Hamil Menyusui

Rp 599,000

MOOIMOM Disposable Face Mask 30 Pcs - Masker Sekali Pakai Dewasa
MOOIMOM Disposable Face Mask 30 Pcs - Masker Sekali Pakai Dewasa

Rp 390,000

SUNMUM - 4 Bags Sunmum Breastmilk Storage Bags Kantong ASI
SUNMUM - 4 Bags Sunmum Breastmilk Storage Bags Kantong ASI

Rp 108,000

MOOIMOM Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
MOOIMOM Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

Rp 149,000

MOOIMOM X BEBELAC 3 800gr Madu
MOOIMOM X BEBELAC 3 800gr Madu

Rp 155,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved