Homepage Loading Icon
Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bisa Menangkal Virus Corona?

Berjemur di Bawah Sinar Matahari Bisa Menangkal Virus Corona?

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon27 03 2020
category iconGaya Hidup, keluarga, Tips,

Kemunculan virus corona di tengah masyarakat Indonesia, memicu banyaknya upaya yang dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang sangat berbahaya ini. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan, di antaranya adalah rutin meminum ramuan dari rempah-rempah, menyemprotkan cairan disinfektan di dalam dan lingkungan rumah, melakukan aktivitas dari rumah atau yang biasa disebut social distancing, hingga berjemur di bawah sinar matahari.

Meski telah menginfeksi puluhan ribu jiwa dan memicu kematian ribuan orang, kabar baiknya bahwa virus corona ini mampu dilawan dengan sistem imunitas yang baik lho, Moms. Berjemur di bawah sinar matahari dipercaya masyarakat mampu memberikan banyak vitamin untuk meningkatkan sistem imun kekebalan di dalam tubuh.

Manfaat berjemur di pagi hari untuk kesehatan bisa didapatkan terutama karena meningkatkan produksi vitamin D. Selain itu, masih banyak manfaat berjemur di pagi hari yang bisa Moms dapatkan. Moms bisa berjemur di pagi hari sambil berolahraga atau sekadar duduk di teras rumah saja. Namun jangan sampai kelamaan berjemur, karena semakin siang sinar matahari akan semakin berbahaya karena mengandung banyak sinar UV.

Dalam kaitannya dengan peningkatan imunitas tubuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berjemur agar manfaatnya optimal.

1. Jam 8-11 adalah waktu ideal

Untuk wilayah tropis, menurut dr Andhika, paparan provitamin D pada waktu-waktu tersebut lebih dominan dibanding ultraviolet. Di atas jam 11, kadar sinar ultraviolet akan semakin tinggi.

"Kalau seperti di Eropa tentu teriknya berbeda," jelasnya.

Selain itu, pengidap gangguan autoimun seperti lupus juga perlu menghindari berjemur di atas jam 11 pagi. Pada beberapa kasus, berjemur terlalu siang bisa memicu flare up atau kekambuhan.

2. Durasi 30 menit

Lamanya berjemur tentu dipengaruhi banyak hal, termasuk kondisi cuaca. Tapi umumnya, 30 menit sudah cukup memberikan manfaat.

3. Paparan 60 persen permukaan tubuh

Menurut dr. Andhika, manfaat berjemur akan optimal jika paparan sinar matahari mengenai 60 persen luas permukaan tubuh. Kisaran tersebut bisa dicapai misalnya dengan mengenakan baju lengan pendek, celana kolor, tanpa penutup kepala atau payung.

"Ada yang sampai membuka punggung, itu sebenarnya tidak perlu." saran dr. Andhika.

Tahukah Moms, bahwa sinar UV juga bisa Moms dapatkan dalam bentuk sebuah alat Sterilizer? Sinar UV memang memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya saat berjemur, namun juga memiliki manfaat untuk membunuh virus dan bakteri yang ada di benda-benda sekitar.

Moms bisa dapatkan manfaat sinar UV dengan UVC LED Sterilizer 59S untuk membunuh kuman dan virus di sekitar. Lindungi si Kecil mulai dari hal-hal kecil yang sering ia sentuh. Dapatkan sterilizer terbaik dari 59S hanya di sini.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable
59s UVC LED Sterilizing Box (Built in Battery) / Boks Sterilizer Portable

Rp 2,900,000

59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer
59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer

Rp 2,500,000

59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup
59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup

Rp 599,000

59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini
59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini

Rp 499,000

59s - UVC LED Sterilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable
59s - UVC LED Sterilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable

Rp 1,800,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved PT. Mestika Persada Makmur