Homepage Loading Icon
Berendam Air Panas Saat Hamil Ternyata Bahaya loh! - MOOIMOM

Berendam Air Panas Saat Hamil Ternyata Bahaya Loh!

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconGaya Hidup, Masa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui,

Berendam air panas merupakan hal yang paling menyenangkan di dunia, setelah berjibaku dengan rutinitas di luar rumah yang padat, sehingga aku butuh cara untuk melepas penat. Nah, biasanya melalui berendam air panas dengan menambahkan sedikit ramuan pada bathup, lelah seharian sepertinya sudah terbayar lunas ya gak Moms? Tapi sayangnya berendam air panas tak melulu bisa dilakukan setiap saat terutama apabila Moms sedang dalam masa kehamilan. Karena berendam air panas sendiri dapat membahayakan Moms dan juga janin. Baca juga : Tanda Kehamilan Yang Kamu Harus Tahu!

 

Pada umumnya, suhu tubuh ibu hamil akan berbeda dengan orang normal dan bisa mencapai pada suhu 39 derajat celcius (ini masih disebut normal bagi ibu hamil). Belum lagi faktor kekebalan tubuh Moms yang tak menentu saat hamil malah akan menjadi pemicu penyakit lainnya. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib Moms ketahui sebelum memutuskan untuk berendam air panas. Baca juga : Alasan Ibu Hamil Perlu Mengonsumsi Alpukat

 

  1. Hindari berendam di kolam pemandian air panas. Hal ini dikarenakan kita tidak tahu penyakit apa saja yang mungkin ditularkan oleh orang lain yang pernah ada di kolam tersebut. Akan lebih baik apabila Moms berendam di kolam pribadi atau saat pergi ke tempat spa khusus ibu hamil, pastikan bahwa spa tersebut higienis.
     
  2. Karena suhu tubuh Moms yang tak menentu saat hamil, sebaiknya suhu yang digunakan saat berendam air panas tak lebih dari 40 derajat celcius, artinya Moms hanya diperbolehkan berendam dengan suhu air hangat.
     
  3. Waktu berendam pun juga ada batasnya. Untuk ibu hamil sendiri, tidak diperkenankan berendam lebih dari sepuluh menit.
     
  4. Perhatikan kondisi tubuh saat ingin berendam. Apabila dirasa tidak enak badan, meriang atau justru demam, sebaiknya Moms tidak berendam dulu ya. Suhu tubuh yang tak menentu cenderung akan memperburuk kondisi Moms.
     
  5. Apabila saat berendam terjadi kontraksi, berkeringat, atau hal yang tidak umum, maka segeralah bangkit dan keringkan tubuh Moms. Baca juga : 4 Kesalahan Dalam Mempersiapkan Kelahiran Si Kecil
     
  6. Jangan berendam melebihi batas dada juga perlu untuk diperhatikan.
     
  7. Sebaiknya tidak berendam saat usia kandungan masih muda atau berada di trimester awal (3 bulan pertama). Masa-masa awal kehamilan merupakan masa dimana semua sel, jaringan, syaraf, hingga tubuh si kecil baru akan mulai dibentuk. Berendam air panas atau hangat ditakutkan justru akan mengganggu proses tersebut.
     
  8. Berendam air panas atau hangat bisa digantikan dengan merendam kaki Moms saja saat lelah dengan ditambahkan sedikit garam, lemon, atau ramuan rendaman apa saja yang biasa Moms gunakan.
     
  9. Bisa juga menggantinya dengan menaruh air hangat dalam botol dan mengkompres bagian yang dirasa pegal atau terlalu lelah.
     
  10. Rasa lelah yang berlebihan bisa disiasati tak hanya dengan berendam lho. Moms bisa menggantinya dengan beristirahat cukup, banyak minum air putih, dan melakukan relaksasi seperti mendengarkan alunan musik yang menenangkan.

 

Kesimpulannya, berendam air panas boleh-boleh aja, tapi usahakan tidak lebih dari sepuluh menit, tidak lebih pada batas dada, tidak pada usia awal kehamilan (trimester pertama), dan dengan suhu yang tidak lebih dari 40 derajat celcius. Semoga infonya bermanfaat ya Moms!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Multi-Use Nursing Scarf - Apron Menyusui Multifungsi
Multi-Use Nursing Scarf - Apron Menyusui Multifungsi

IDR 399,000

Long Sleeves Maternity & Nursing T-Shirt Dress with Lace Baju Hamil Menyusui
Long Sleeves Maternity & Nursing T-Shirt Dress with Lace Baju Hamil Menyusui

IDR 359,000

Maternity & Nursing Dress in Black and White Stripe Baju Hamil Menyusui
Maternity & Nursing Dress in Black and White Stripe Baju Hamil Menyusui

IDR 299,000

Casual Maternity & Nursing Dress with Lace Baju Hamil Menyusui
Casual Maternity & Nursing Dress with Lace Baju Hamil Menyusui

IDR 399,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi -  Yellow
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow

IDR 119,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved