Mamapedia Logo
Apa USG Berulang Kali Membahayakan Janin?

Apa USG Berulang Kali Membahayakan Janin?

author iconnadhilapn
date icon16 04 2018
category iconGaya Hidup, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Meskipun pemeriksaan USG digunakan untuk mengetahui perkembangan dan posisi janin dalam kandungan, ternyata masih banyak juga Moms yang ragu menjalaninya. Apabila Moms merupakan salah satu orang yang masih ragu untuk melakukan USG disaat hamil karena berisiko membahayakan janin, yuk simak ulasan berikut yang dilansir dari suatu sumber.

Umumnya Moms yang sedang hamil dalam kondisi normal dapat diminta untuk melakukan pemeriksaan USG yang dilakukan sekitar lima kali selama kehamulan. Layanan USG ini lebih mudah diberikan karena sudah banyak tersedia di rumah sakit dengan biaya yang relatif terjangkau. USG kehamilan sendiri menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi yang diarahkan ke perut. Alat ini akan menangkap kembali pantulan gelombang suara sehingga membentuk tampilan grafis sebagai bentuk gambaran dari janin yang ada di dalam kandungan.

Baca juga: Infeksi Kehamilan Ini Dapat Membahayakan Janin

USG kehamilan juga dapat menunjukkan kondisi janin dalam kandungan, ovarium, kantung ketuban, dan juga plasenta, bahkan sebagian besar kelainan anatomi atau kelainan bawaan juga bisa terlhat melalui USG kehamilan. Selama ini, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa USG membahayakan janin. Penelitian menunjukkan tidak ada kaitan khusus antara USG dengan gangguan atau penyakit lainnya yang diduga oleh sebagian orang.

Peneliti juga menemukan, setelah bayi lahir, tidak ada perbedaan signifikan dari perkembangan saraf, maupun kemampuan Bahasa, bicara, dan perilaku antara bayi yang hanya di-USG sekali dan dengan yang di-USG lima kali saat masih berada di dalam kandungan. Hanya saja, akan ada kenaikkan suhu pada area tubuh yang dilakukan USG sekitar 1 derajat celcius. Kenaikan suhu tersebut dipengaruhi oleh gelombang suara yang dihasilkan oleh alat USG.

Baca juga: Cara Menyusui Yang Baik dan Benar

Yang perlu Moms ingat adaah janin sebenarnya dilindungi oleh cairan ketuban yang membantu melindungi agar janin tidak terpapar panas. Dengan memstikan USG oleh dokter atau tenaga medis terlatih, pemeriksaan ini pada umumnya berjalan dengan cepat dan minim risiko. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemeriksaan USG memiliki manfaat yang lebih besar disbanding risiko yang mungkin muncul. Untuk itu, pemeriksaan USG dianjurkan untuk dilakukan selama kehamilan untuk memantau kehamilan Moms secara bertahap dan juga untuk mempersiapkan rencana terbaik untuk kelahiran sang buah hati.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE