Homepage Loading Icon
Anak Pilih-pilih Makanan? Kenali Sebabnya

Anak Pilih-pilih Makanan? Kenali Sebabnya

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon14 02 2020
category iconGaya Hidup, Tumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan,

Terkadang ketika anak mulai pilih-pilih makanan menjadi hal yang menjengkelkan bagi Moms. Tapi Moms tidak perlu panik apalagi sampai memarahi anak, karena hal itu akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak loh.

Lantas, apa penyebab anak sering pilih-pilih makanan? Kenali penyebabnya di bawah ini ya, Moms.

  1. Memaksakan Anak Makan

Memaksakan anak untuk makan hanya akan membuat pengalaman buruk baginya loh Moms. Lebih parahnya lagi akan membuatnya semakin enggan untuk makan. Ada baiknya Moms tidak terlalu memaksakan jika Si Kecil mulai menolak untuk makan yang diberikan padanya. Tidak ada salahnya jika Moms mengalah dan memberikannya

  1. Menawarkan Cemilan atau Minuman Sebelum Makan

Memberikan cemilan atau minuman sebelum Si Kecil makan akan membuatnya kenyang. Usahakan untuk tidak memberinya cemilan dua jam sebelum jam makan Si Kecil ya, Moms. Hal ini akan membuat Si Kecil lapar dan melahap makanan yang ada di depannya pada saat jam makannya.

  1. Berharap Anak Langsung Makan

Si Kecil biasanya akan menolak ketika melihat makanan di hadapannya untuk pertama kali. Tapi Moms jangan sampai meyerah begitu saja ya. Cobalah untuk membujuknya dengan sabar, 10 hingga 15 kali percobaan. Usahakan membujuknya di waktu yang tidak berdekatan, beri jeda ketika Moms mencoba untuk membujuk Si Kecil untuk makan.

Setelah 10 hingga 15 kali percobaan Si Kecil akan menyadari bahwa makanan tersebut lezat, barulah ia akan mencobanya. Jangan menyerah jika baru mencoba 1 atau 2 kali.

  1. Moms Tidak Memberikan Contoh

Ada pepatah, “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya”. Pepatah ini berlaku jika Moms ingin Si Kecil makan sayur atau makanan sehat lainnya jika Moms sendiri senang memakan junk foodatau makanan yang tidak sehat. Anak akan cenderung meniru apa yang orang tuanya makan.

  1. Menawarkan Makanan dalam Porsi Besar

Moms sering kali memaksakan Si Kecil untuk makan dalam porsi yang besar. Sedangkan kapasitas lambung Si Kecil dengan orang dewasa jelas berbeda ukurannya. Jika Moms menyajikan makanan Si Kecil dalam jumlah yang besar, itu hanya akan membuatnya malas untuk menyantap makanannya.

Moms, tidak ada salahnya untuk mengevaluasi cara mendidik Si Kecil selama ini. Jika Si Kecil tidak dilatih untuk tidak memilih-milih makannya hanya akan menyusahkan dirinya di masa depan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Grabease First Self Feeding Utensil Set of Spoon and Fork for Toddlers Alat Makan Bayi - Orange
Grabease First Self Feeding Utensil Set of Spoon and Fork for Toddlers Alat Makan Bayi - Orange

Rp 250,000

[MUGU] Kids Dinnerware Set (4-Piece)
[MUGU] Kids Dinnerware Set (4-Piece)

Rp 129,000

[OLA BABY] Feeding Spoon + Training Spoon(2PK) Sendok Makan Bayi
[OLA BABY] Feeding Spoon + Training Spoon(2PK) Sendok Makan Bayi

Rp 260,000

[SUNMUM] Table Mat - Alas Makan Bayi
[SUNMUM] Table Mat - Alas Makan Bayi

Rp 129,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved