Homepage Loading Icon
6 Perubahan yang Terjadi Setelah Melahirkan

6 Perubahan yang Terjadi Setelah Melahirkan

author iconanisyukur
date icon06 09 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Kecantikan, Gaya Hidup,

Mengandung selama 9 bulan membuat banyak perubahan yang terjadi di tubuh Moms. Perubahan ini tidak hanya terjadi karena adanya janin di dalam tubuh Moms, tetapi juga dipengaruhi hormon selama kehamilan. Sehingga setelah melahirkan tubuh Moms tentu saja tidak bisa kembali seperti semula dalam waktu singkat. Moms memerlukan waktu untuk melakukan proses perubahan agar tubuh kembali seperti semula. Setidaknya ada 6 perubahan yang akan dialami oleh setiap perempuan setelah melahirkan. Perubahan tersebut meliputi hal berikut ini:

1. Rambut

Saat hamil, setiap perempuan memiliki hormon estrogen yang tinggi sehingga membuat pertumbuhan rambut menjadi cepat dan rambut menjadi tebal. Pada fase ini, siklus rambut rontok menjadi tertunda. Sehingga setelah Moms melahirkan, siklus rambut rontok yang tadinya tertunda menjadi rontok setelah melahirkan. Biasanya Moms akan mengalami kerontokan setelah 3 bulan pertama setelah melahirkan. Beberapa orang bahkan mengalami perubahan warna pada rambut.

2. Tubuh Melebar

Setelah melahirkan, perut Moms akan masih membesar selama beberapa waktu. Hal ini dikarenakan tubuh Moms membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kondisi kekosongan rahim yang tidak lagi terisi bayi. Setidaknya, dibutuhkan sekitar 1,5-2 bulan sebelum rahim kembali ke ukuran sebelum hamil.Selain itu, untuk menyediakan jalan lahir yang lebih lebar, area pinggul juga membesar. Oleh karena itu, setelah melahirkan ada beberapa wanita yang melaporkan berat badannya sudah kembali seperti saat belum hamil tapi ukuran tubuhnya berubah.

3. Haid dalam waktu yang lama

Setelah melahirkan, Moms akan mengeluarkan darah selama beberapa minggu yang disebut nifas. Darah tersebut bukanlah darah haid. Biasanya Moms harus menunggu lebih lama untuk haid setelah melahirkan, dan hal ini adalah hal yang normal. Kondisi hormon selama menyusui juga ikut memengaruhi jadwal menstruasi, sehingga haid datang lebih lambat bagi Moms yang sedang menyusui. Ada yang berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan setelah melahirkan, baru bisa haid kembali.

4. Payudara

Payudara Moms biasanya akan tampak memerah, bengkak, terasa sakit dan penuh dengan air susu sekitar 1-2 hari setelah melahirkan. Pada hari ke 3-4, setelah bengkak berkurang, payudara akan tampak mengendur. Banyak Moms yang mengharapkan dapat memiliki bentuk payudara yang besar setelah melahirkan dan menyusui. Kenyataannya, tidak jarang yang justru mengalami bentuk payudara yang kendur dan tampak lebih kecil setelah melahirkan dan menyusui.

5. Sering ‘ngompol’ 

Setelah melahirkan Moms akan sulit menahan urin, dan urin akan keluar dengan mudah seperti saat tertawa, batuk atau bersin.  Setelah melahirkan otot pelvic melemah, mengakibatkan Moms sulit menahan urin. Tenang, ini akan berakhir enam bulan setelah Moms melahirkan. Latihan kegel akan mengembalikan kekuatan otot pelvic.

6. Kulit

Sebagian besar perempuan yang hamil mengalami perubahan warna kulit di sekeliling mata atau tumbuh jerawat yang lebih banyak dari biasanya. Setelah melahirkan, warna gelap atau jerawat akan segera berkurang. Meski demikian, ada sebagian perempuan yang mengalami ruam merah di sekitar mulut dan pipi, atau kulit yang sangat kering. Kondisi ini biasanya akan hilang dalam beberapa minggu.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Long Seamless Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Long Seamless Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 299,000

MOOIMOM Super High-Waist Shaping Tights
MOOIMOM Super High-Waist Shaping Tights

IDR 299,000

Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 149,000

V-neck Slimming Shaper
V-neck Slimming Shaper

IDR 199,000

Long Sleeve Shaper
Long Sleeve Shaper

IDR 299,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved