Homepage Loading Icon
5 Tips Atasi Ketombe Pada Kulit Bayi

5 Tips Atasi Ketombe Pada Kulit Bayi

author iconanisyukur
date icon05 09 2019
category iconGaya Hidup, Gizi & Kesehatan, Tips, Tumbuh Kembang Anak,

Ketombe atau serpihan kerak putih yang ada di kepala bayi bernama cradle cap. Cradle cap adalah kondisi yang wajar terjadi pada bayi sejak bulan pertama ia dilahirkan. Kondisi ini bisanya akan hilang dengan sendirinya setelah bayi berusia setelah 6 hingga 12 bulan. Saat Moms mendapati kondisi seperti ini, MOms tidak perlu khawatir. Moms bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasi kondisi cradle cap di kulit kepala bayi.

Lakukan Pemijatan saat Keramas

Pengelupasan kulit pada bayi sangat umum terjadi sebagai bentuk regenerasi pada kulit baru. Namun, jika kondisi ini terjadi secara terus-menerus, kulit kepala bayi akan terkelupas. Oleh karena itu, Moms bisa menggunakan sedikit sampo bayi dan pijat dengan lembut kulit kepala bayi. Lalu saat ketombe terkelupas, bersihkan dengan sikat yang halus.

Intensitas Mandi

Moms perlu memperhatikan intensitas mandi Si Kecil, sebaiknya Moms jangan terlalu sering memandikan bayi. Si Kecil cukup mandi dua kali sehari, karena mandi dan keramas terlalu sering bisa menyebabkan masalah pada kulit bayi. Selain itu, sampo yang digunakan pada bayi juga bisa menumpuk pada kulit kepala jika Moms tidak membilas kulit kepala dengan bersih.

Baby Oil 

Berikan baby oil pada kulit kepala bayi dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibersihkan. Minyak ini dapat membantu mengurangi ketombe pada bayi, karena kulit kepala terhidrasi dengan baik dengan baby oil. Ketombe bahkan bisa memengaruhi bagian tubuh lain. Oleh karena itu, Moms sebaiknya memeriksa area lipatan kulit, seperti lipatan tangan, paha, ketiak atau selangkangan. Jagalah daerah-daerah lipatan pada bayi agar tetap lembap dengan baik.

Tea Tree Oil

Tea tree oil dapat membantu mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, pengelupasan tersebut akan bermanfaat untuk mencegah segala jenis penumpukan sel kulit mati pada kulit kepala yang menyebabkan ketombe pada kepala bayi.

Perasan Lemon yang Dicampur dengan Sampo

Perasan lemon mengandung asam hidroksida berfungsi untuk melawan jamur pada ketombe. Selain itu, lemon juga membantu untuk meringankan gatal pada kulit kepala. Caranya adalah dengan mencampur dua sendok makan perasan lemon dengan seperempat cangkir yoghurt. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air dan sampo sampai bersih.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Little Tree Foaming Hand Sanitizer Antiseptic Pembersih Tangan Bayi (150ml)
Little Tree Foaming Hand Sanitizer Antiseptic Pembersih Tangan Bayi (150ml)

IDR 89,000

Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi
Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi

IDR 72,000

Little Tree Head To Toe Baby Bath Foam Sabun & Shampo Bayi
Little Tree Head To Toe Baby Bath Foam Sabun & Shampo Bayi

IDR 229,000

Little Tree Baby Soothing Body Wash Sabun Mandi Bayi
Little Tree Baby Soothing Body Wash Sabun Mandi Bayi

IDR 199,000

Little Tree Baby Moisturising Shampoo Bayi
Little Tree Baby Moisturising Shampoo Bayi

IDR 199,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved