Homepage Loading Icon
4 Hal yang Bisa Dads Lakukan dalam Merawat Bayi

4 Hal yang Bisa Dads Lakukan dalam Merawat Bayi

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon23 06 2020
category iconGaya Hidup, keluarga,

Halo Dads, apa Anda tipe orang yang menyerahkan semua urusan perawatan bayi pada Moms atau pengasuh? Atau Dads juga kadang ikut menggantikan popok, bangun tengah malam karena tangisan, dan sesekali memandikan juga menyuapi bayi?

Tahukah Dads, bahwa terdapat banyak keuntungan dari ayah merawat bayi. Aspek psikologis dan emosional dalam keterlibatan ayah merawat bayi, sangat berperan pada perkembangan perilaku positif anak. Selain juga meringankan dan menyenangkan hati para Moms.

Temuan studi salah satu penelitian Universitas Oxford di Inggris, menunjukkan, dari sebuah pelukan dan gendongan saja, Dads bisa menjalin kedekatan (bonding). Apalagi ketika mereka ditenangkan para Ayah saat rewel.

“Bagaimana ayah melihat diri, menghargai, dan menyesuaikan diri dalam peran mereka sebagai orang tua, dan jumlah keterlibatan langsung dalam pengasuhan anak pada periode ini, terkait dengan hasil perilaku positif pada anak-anak,” kata Dr Charles Opondo, dalam jurnal yang diterbitkan Unit Penelitian Kebijakan dalam Kesehatan dan Perawatan Ibu, Unit Epidemiologi Perinatal Nasional, Departemen Kesehatan Populasi Nuffield, Universitas Oxford.

Artikel terkait: Manfaat Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan si Kecil

Hal yang Bisa Dilakukan Ayah dalam Merawat Bayi

Mungkin saat ini Dads ingin terlibat dalam mengasuh bayi. Tapi sedang bingung apa yang bisa dilakukan dalam ayah merawat bayi karena salah satu tugas besar hanya mampu dilakukan para ibu, yaitu menyusui.

Jangan bingung dulu Dads, banyak kok hal sederhana yang bisa Dads lakukan untuk merawat bayi. Berikut ini sejumlah rekomendasi hal-hal yang bisa dilakukan bagi para ayah dalam merawat bayi.

1. Gendong Bayi

Seperti disebutkan di awal artikel, menggendong dan mendekapnya jadi jalan awal terbaik dalam membuka bonding dengan bayi. Menggendong, baik dengan atau tanpa bungkusan (bedong), memberikan rasa nyaman bagi bayi.

Bayi sering menghentikan tangisannya dengan hanya digendong. Hal ini bisa sangat meringankan rasa pegal yang umum dirasakan para Moms.

Jika Dads bepergian pun bisa lho membantu untuk menggendong bayi. Caranya dengan menggunakan Hipseat MOOIMOM. Gendongan bayi jenis ini sangat bisa Dads modifikasi, bisa menggendong arah depan atau menghadap ke arah Dads.

Selain praktis, Hipseat MOOIMOM juga memiliki desain yang stylish sehingga Dads tidak perlu khawatir akan tertinggal zaman. Hipseat MOOIMOM juga sangat ringan dan tidak membuat punggung atau pundak sakit.

Bepergian dengan Si Kecil pun akan terasa sangat menyenangkan!

2. Nyanyikan Lagu Untuknya

Bernyanyi adalah salah satu cara terbaik untuk membuat bayi merespons dan memperhatikan Anda. Dan tidak masalah apa yang Anda nyanyikan atau seberapa baik suara Anda.

Berbeda dengan Moms yang kerap menyanyikan lagu anak-anak atau pengantar tidur, di masa ini Dads bisa menyanyikan lagu-lagu kesukaan Dads, mengenalkan band yang disukai. Cool bukan?

3. Ajak Bicara

Bicaralah saat Anda menggendong dan mengganti popok. Apa yang dibicarakan? Katakan apa saja soal yang Dads sedang lakukan, menunjukkan benda-benda yang ada di sekitar. Atau sekadar, “Jangan menangis, sabar ya sebentar lagi selesai”.

Setiap kata yang didengar bayi membantu mengembangkan bahasanya dan akan memperkuat hubungan Anda dengannya. Bercerita, membaca buku atau menyanyikan lagu memiliki efek yang sama.

4. Membantu Menyusui

ASI adalah makanan terbaik untuk bayi Anda. Dukungan Anda untuk menyusui bisa sangat penting bagi pasangan. Anda dapat memberikan dukungan berupa, memberi segelas air, bantal, atau apa pun yang ia butuhkan.

Begitu juga untuk bayi yang mengonsumsi susu formula, Dads bisa turut menyiapkan sebotol susu bagi bayi. Yang terpenting dalam kemampuan ayah merawat bayi, ialah Dads membiasakan diri.

Awal mulanya, badan mungkin akan terasa sangat kaku, dan asing dengan pekerjaan merawat bayi. Namun itu normal.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Dads dalam merawat bayi. Lakukan juga satu per satu keterlibatan. Tidak perlu langsung melakukan semuanya dalam satu waktu, dan menuntut kesempurnaan.

Lebih dari itu, Dads juga perlu terus belajar, mencari informasi soal parenting, berbicara mengenai ayah merawat bayi dengan teman-teman.

Serta jangan lupa untuk menjaga harmonisasi dengan pasangan. Lakukan ini untuk menunjukkan Anda peduli, dan bisa saling mengandalkan dalam urusan anak. Termasuk soal berbagi tugas dan tanggung jawab merawat anak, dan tugas rumah tangga lainnya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[PRE ORDER] MOOIMOM Casual Hipseat Carrier Grey
[PRE ORDER] MOOIMOM Casual Hipseat Carrier Grey

Rp 399,000

MOOIMOM Casual Hipseat Carrier Green
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier Green

Rp 399,000

MOOIMOM Casual Hipseat Carrier Pink
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier Pink

Rp 399,000

MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier Grey
MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier Grey

Rp 590,000

MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier Navy
MOOIMOM Breathable Hipseat Carrier Navy

Rp 590,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved