mamapedia search icon mamapedia icon

Subtotal

View Bag

5 Buah Penguat Kandungan yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

5 Buah Penguat Kandungan yang Baik untuk Pertumbuhan Janin

Moms yang sedang hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya, mengingat dalam tubuhnya terdapat janin yang juga harus diperhatikan pertumbuhannya dengan baik. Apalagi di kehamilan trimester pertama, Moms yang sedang hamil cenderung lemas karena sering mual jadi sangat membutuhkan asupan nutrisi yang dapat menguatkan kandungan dan kondisi kesehatannya.

Beberapa nutrisi tersebut didapat dari makanan seperti sayuran hijau, buah, produk susu, daging, telur dan kacang-kacangan. Lebih lanjut, berikut 5 buah penguat kandungan trimester pertama yang baik untuk pertumbuhan janin.

5 Buah Penguat Kandungan

buah penguat kandungan

Jadi, apa saja buah penguat kandungan yang bisa Moms makan di semester pertama kehamilan dan apa saja manfaatnya?

1. Avokad

Avokad merupakan buah yang tidak biasa karena mengandung banyak asam lemak tak jenuh tunggal. Ini membuat alpukat memiliki rasa seperti mentega dan cocok untuk dijadikan sebuah krim yang cocok dimakan bersama hidangan lainnya.

Avokad juga tinggi serat, vitamin B (terutama folat), vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan vitamin C. Karena kandungan lemak sehat, folat, dan kalium yang tinggi, alpukat adalah pilihan yang bagus selama kehamilan (bahkan saat tidak hamil). Tak heran jika alpukat dijadikan salah satu makanan penguat kandungan.

Lemak sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan si kecil, dan folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, kelainan perkembangan otak dan tulang belakang seperti spina bifida.

Kandungan lainnya yaitu kalium dapat membantu meredakan kram kaki atau efek samping kehamilan bagi sebagian wanita. Faktanya, alpukat mengandung lebih banyak kalium daripada pisang, padahal pisang juga termasuk dalam daftar makanan penguat kandungan.

Baca Juga: 4 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil termasuk Menurunkan Tekanan Darah

2. Kurma

Bukan rahasia umum jika disebutkan bahwa kurma adalah salah satu bagian makanan penguat kandungan. Kurma tidak hanya aman bagi ibu dan bayinya, tetapi juga bermanfaat bagi siapa saja terlebih ibu hamil di semester pertama.

Kurma sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena dapat mengurangi risiko anemia, membantu mengatasi morning sickness, mengatur tekanan darah dan kadar gula darah, membuang racun, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan kandungan kalsium dalam tubuh. Kurma sarat dengan berbagai nutrisi yang dapat sangat membantu wanita hamil.

Kurma juga mengandung fruktosa yang terurai dengan cepat dan menawarkan energi instan tanpa mengubah kadar gula darah seseorang. Makan kurma selama kehamilan itu baik karena mengandung obat pencahar yang membantu kontraksi rahim dan memudahkan persalinan dengan memperpendeknya.

Mengonsumsi kurma selama akhir kehamilan bahkan bisa memperpendek persalinan dan memengaruhi persalinan secara positif.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar tidak hanya enak dimasak dengan berbagai cara, tetapi juga kaya akan beta karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh seseorang. Oleh karena itu, tidak heran jika ubi jalar masuk dalam daftar makanan penguat kandungan.

Vitamin A penting untuk perkembangan bayi. Namun, Moms harus mewaspadai sumber vitamin A hewani dalam jumlah berlebihan, seperti jeroan, yang dapat menyebabkan toksisitas.

Untungnya, ubi jalar adalah sumber beta karoten dan serat nabati yang melimpah.  Serat membuat seseorang kenyang lebih lama, mengurangi lonjakan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan sembelit saat hamil.

Baca Juga: Perbedaan Keputihan Haid dan Tanda Hamil, Moms Wajib Tahu!

4. Apel

Kandungan antioksidan sekaligus vitamin C dalam buah apel berfungsi sebagai penguat kandungan sekaligus sistem imun tubuh. Apel juga sangat mudah didapat sehingga tidak ada alasan bagi Moms untuk malas mengonsumsi buah yang satu ini ya.

5. Buah Beri

Buah beri tak hanya kaya folat, tapi juga vitamin c, kalium, dan serat. Oleh sebab itu, rajinlah mengonsumsi ragam buah beri seperti blueberry atau raspberry. Rasanya yang asam-manis segar juga bisa mengurangi mual pada ibu hamil.

Selain mengonsumsi buah penguat kandungan di atas, Moms juga bisa menambahkan suplemen PRENAVITA Milk Vanilla yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Moms dan janin.

Dapatkan di www.mooimom.id atau klik gambar di atas ya Moms!

 

Bagikan Artikel: