Homepage Loading Icon
Trik Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Trik Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

author iconfallin
date icon22 03 2019
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan,

Seperti yang sudah moms ketahui, biang keringat adalah hal yang normal terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang baru lahir.

 

Biang keringat biasanya muncul pada bagian kulit bayi yang lebih banyak mengeluarkan keringat. Di leher, ketiak, selangkangan atau pangkal paha, dada bagian atas, kepala, dahi, perut, atau lipatan kulit bayi lainnya. 

 

Biang keringat bisa muncul akibat cuaca yang lembap dan panas atau jika bayi sedang demam dan banyak berkeringat. 

 

Selain itu, biang keringat bisa juga terjadi karena pori-pori kulit bayi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Bayi dan anak-anak sangat rentan terkena biang keringat karena pori-pori kulit mereka lebih kecil dibandingkan pori-pori orang dewasa. 

 

Selain itu, kelenjar dan saluran keluar keringat pada bayi dan anak-anak juga belum sepenuhnya berkembang.

 

Biang keringat kebanyakan bisa sembuh dan hilang sendiri dalam beberapa hari, kecuali jika biang keringat mengalami infeksi.

 

Biang keringat yang membuat rasa gatal dan tidak nyaman pada bayi dapat dikurangi. Berikut beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa diterapkan:

 

Hindari Udara Panas dan Lembap

Cara mengatasi biang keringat pada bayi bisa Bunda mulai dengan memindahkan Si Kecil ke ruangan yang sejuk dan teduh. Jika Bunda menggunakan AC atau kipas angin, disarankan untuk tidak mengarahkan angin langsung ke tubuh Si Kecil.

 

Selain itu, apabila hendak keluar rumah, jangan lupa membawa kipas dan topi untuknya. Oh iyaBunda, pastikan juga Si Kecil minum cukup air putih. Gunanya, untuk mengganti semua cairan yang hilang melalui keringat agar bayi tidak mengalami dehidrasi

 

Pakaian

Disarankan untuk memilih pakaian dari serat alami untuk bayi, misalnya yang berbahan katun. Hindari memakaikan pakaian dari kain sintetis, seperti poliester dan nilon, karena kain jenis ini dapat memerangkap panas. Selain itu, pakaikanlah pakaian yang longgar kepada Si Kecil, atau sesekali biarkan Si Kecil tanpa pakaian selama beberapa waktu. Namun, tetap pastikan ia tidak kedinginan.

 

Jangan Sering Digendong

Menggendong ketika cuaca panas tidak disarankan apabila ingin mengatasi biang keringat pada bayi. Ketika digendong, Si Kecil harus berhadapan dengan dua sumber panas, yaitu cuaca dan suhu tubuh Bunda. Sebaiknya tidurkan Si Kecil di ranjang dan membiarkan ia berbaring, merangkak, atau berjalan-jalan sendiri ketika bangun.

 

Menjaga Kulit Bayi Tetap Sejuk

Salah satu cara mengatasi biang keringat pada bayi adalah mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat menggunakan kain basah yang sejuk. Atau, bisa juga dengan memandikannya, lalu membiarkan kulit bayi kering dengan sendirinya, tanpa menggunakan handuk.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Little Tree Baby Moisturising Face Cream Krim Pelembab Muka Bayi
Little Tree Baby Moisturising Face Cream Krim Pelembab Muka Bayi

IDR 157,520

Little Tree Baby Nappy Balm Pelembab Bayi
Little Tree Baby Nappy Balm Pelembab Bayi

IDR 139,920

Little Tree Baby Moisturising Lotion Pelembab Bayi
Little Tree Baby Moisturising Lotion Pelembab Bayi

IDR 157,520

Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi
Little Tree Soothing Relief Solution Roll On Solusi Gigitan Nyamuk Anak Bayi

IDR 63,360

Little Tree Nappies Monster (M)
Little Tree Nappies Monster (M)

IDR 351,120

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand
ABC Design Brand
Hamako Brand
Klara Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved