Homepage Loading Icon
Si Kecil Sering Memasukkan Barang Ke Mulut ? Berikut Ini Cara Mengatasinya

Si Kecil Sering Memasukkan Barang Ke Mulut ? Berikut Ini Cara Mengatasinya

author iconDwi Ayu Rochani
date icon13 12 2019
category iconTumbuh Kembang Anak, Tips,

Ada masanya si kecil memasukkan benda apa saja ke dalam mulutnya, entah itu makanan, mainan, bahkan sampai perabotan rumah. Moms tentu khawatir dengan hal ini karena mungkin saja bisa menyebabkan anak sakit (diare misalnya). Ya, benda-benda yang masuk ke mulut bayi mungkin saja mengandung kuman yang dapat menyebabkan diare. Lalu, bagaimana cara menghentikan kebiasaan bayi memasukkan benda ke mulut?

1. Singkirkan Semua Benda Berbahaya dari Jangkauannya

Saat bayi sudah bisa berpindah tempat dengan cara merangkak, ia dapat mengambil barang dengan mudah dan memasukkannya ke mulut. Karena itu, Moms perlu ekstra hati-hati saat menaruh barang. Jauhkan benda-benda tajam dan berukuran kecil dari jangkauannya, seperti kunci motor, paku, koin, gantungan kunci, dan sebagainya. Pastikan tempat bermain Si Kecil aman dari benda-benda yang bisa berbahaya bila dimasukkan ke dalam mulut.

2. Larang Ia Setiap Kali Memasukkan Benda Ke Mulut

Setiap kali bayi memasukkan benda ke mulut, segera keluarkan benda tersebut sambil mengatakan “tidak boleh” atau “no” agar ia mengerti bahwa hal tersebut tidak boleh ia lakukan. Tentu saja Si Kecil tidak akan langsung mengerti dan menuruti perkataan ibu, karena ia masih kecil. Karena itu, ibu perlu menghadapinya dengan sabar dan selalu mengatakan tidak saat ia kembali memasukkan benda ke dalam mulutnya.

3. Hadapi Kebiasaan Si Kecil dengan Sabar

Menghilangkan kebiasaan Si Kecil memasukkan benda ke mulut memang tidak bisa cepat dan butuh proses. Walaupun Moms sudah sering memberitahunya tidak boleh memasukkan benda ke mulut, namun mungkin Si Kecil masih akan sering mengulangi kebiasaan ini. Jangan memarahinya, Moms. Si Kecil memasukkan benda ke mulutnya karena rasa ingin tahunya yang sangat tinggi. Jadi, hadapi lah kebiasaan Si Kecil ini dengan sabar sambil terus berusaha untuk mengajarinya.

4. Berikan Teether 

Saat Si Kecil kebiasaan memasukkan benda ke mulut, Moms bisa berikan teether untuk membuat lebih nyaman. Teether juga bisa membantu Si Kecil belajar melatih saraf motoriknya

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[MOMBELLA] Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Blue
[MOMBELLA] Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Blue

Rp 139,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange

Rp 119,000

Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange
Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange

Rp 99,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved