Homepage Loading Icon
bahaya menyusui sambil main hp

Penting! Ini Bahaya Menyusui Sambil Main Handphone!

author iconRatu
date icon31 01 2020
category iconMenyusui, Tumbuh Kembang Anak, Kelahiran Anak,

Saat ini banyak orang yang selalu bergantung dengan gadget mereka. Perkembangan teknologi gadget yang sangat pesat membuat banyak orang tak pernah terhindarkan dari gadget. Kemudahan di era sekarang yang serba online semakin menambah larut dengan handphone di tangan.

 

Sekarang sangat mudah ditemui orang yang walaupun hanya mengantri di kasir pasti memegang handphonenya. Segala aspek kehidupan terasa menyenangkan apabila ada handphone di tangan.

 

Fenomena ketergantungan handphone ini ternyata juga dialami dikalangan ibu menyusui. Apakah Moms tahu ada suatu fenomena yang dinamakan “brexting”? brexting sendiri adalah gabungan dari dua kata yaitu “breastfeeding” dan “texting”.

 

Ini adalah kondisi dimana seorang ibu yang menyusui sambil asyik “berselancar” didunia maya. Faktanya memang hampir sebagian besar ibu yang menyusui melakukannya.

 

Texting ini tidak hanya diartikan membalas pesan atau chatting saja ya Moms, tapi segala bentuk kegiatan yang dilakukan di handphone Moms.

 

Sebenarnya kegiatan ini terlihat menyenangkan bagi ibu tetapi ada beberapa dampak negatif juga loh untuk si kecil. Yuk kita simak beberapa dampak dari “brexting” :


mamapedia bahaya menyusui

 

Bermain handphone saat menyusui bisa mengurangi tingkatan bonding antara Moms dengan si kecil. Tahukah Moms bahwa sebenarnya proses menyusui itu sangat erat kaitannya dengan adanya ikatan batin antara ibu dan anak. Saat menyusui hendaknya menatap mata si kecil, mengajaknya berbicara serta memberi sentuhan lembut.

 

Dampak lain dari brexting ini menurut seorang peneliti adalah Moms tidak akan bisa membaca pesan yang disampaikan oleh si kecil. Bayi akan menyampaikan pesan melalui gerakan tubuhnya bahwa ia sudah kenyang atau masih lapar.

 

Tetapi bila Moms terlalu sering melakukan brexting bayi akan merasa cemas karena terlalu sering diabaikan sampai-sampai dia bisa tantrum.

 

Selalu menggunakan handphone saat menyusui bisa meningkatkan resiko terkena radiasi dari handphone. Jika terkena radiasi dikhawatirkan akan memengaruhi perkembangan otak dan syaraf si kecil. Radiasi dari handphoneakan mengakibatkan rusaknya komunikasi antar sel saraf.

 

Hal ini bisa menyebabkan pengiriman sinyal antar satu sel ke sel lainnya menjadi terganggu. Pada jangka panjang ini akan berpengaruh buruk di masa depannya.

 

Jadi apakah yang harus kita lakukan agar kita bisa lebih menjalin ikatan dengan si kecil. Moms kurangi menyusui dengan selalu bermain handphone. Usahakan untuk selalu menikmati momen berharga dengan si kecil.

 

Saat bayi menyusui tetapi belum tidur sebaiknya Mama gunakan 3-5 menit untuk menatap matanya, mengobrol atau bermain apa saja.

 

Satu hal yang harus diperhatikan adalah menyusui itu bukan sekedar memberi susu pada si kecil. Ini adalah momen berharga untuk menjalin ikatan batin antara ibu dan anak.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mooimom Breastmilk Storage Bags with Temperature Sensor 250ml
Mooimom Breastmilk Storage Bags with Temperature Sensor 250ml

Rp 89,000

59s - UVC LED Sterilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable
59s - UVC LED Sterilizing Mommy Bag / Tas Strerilizer Portable

Rp 1,800,000

MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack
MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack

Rp 189,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Cooler Bag / Tas Penyimpanan ASIP
MOOIMOM Cooler Bag / Tas Penyimpanan ASIP

Rp 399,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved