Homepage Loading Icon
Moms, Yuk Kenali Bentuk dan Warna Kotoran Bayi

Moms, Yuk Kenali Bentuk dan Warna Kotoran Bayi

author iconfallin
date icon05 04 2019
category iconGizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak,

Pada umumnya, kotoran bayi yang baru lahir berwarna hijau kehitaman atau biasa disebut mekonium. Warna ini dihasilkan karena bayi mengonsumsi kolostrum yaitu zat yang dikeluarkan oleh kelenjar air susu ibu pada tahap akhir masa kehamilan. 

 

Zat ini akan terkandung dalam ASI yang ibu keluarkan setelah persalinan hingga memasuki hari ke-7 pasca kelahiran bayi.

 

Setelah dua atau empat hari, kotoran bayi akan mulai berubah, dengan kepekatan warna yang berkurang, menjadi hijau dan tidak begitu lengket. Hal ini pertanda bahwa usus bayi Anda baik-baik saja dan pencernaan bayi tidak bermasalah. 

 

Anda boleh panik jika kondisi kotorannya masih seperti ini setelah 48 jam, atau bayi Anda justru tidak mengeluarkan mekonium dalam waktu 48 jam setelah lahir. Lalu, bagaimana fesesnya setelah ini?

 

Dengan menganalisa bentuk dan warna kotoran bayi serta frekuensi bayi BAB orang tua bisa mengetahui apakah bayinya dalam kondisi sehat atau tidak khususnya kondisi pencernaannya.

 

Selain itu, orang tua juga bisa mengetahui apakah makanan yang dikonsumsi bayi memberikan dampak yang baik atau tidak terhadap pencernaan bayi. 

 

Kenali warna kotoran bayi agar Anda bisa segera mendeteksi bila terjadi kelainan pada sistem pencernaannya.

 

1. Hijau kecoklatan/Hitam

Saat bayi mulai diberi ASI, mekonium berganti menjadi hijau kecoklatan. Jika kotoran bayi Anda berwarna hijau kecoklatan atau menuju ke warna gelap, ini termasuk kategori normal.

2. Kuning

Setelah kelahiran, bayi yang diberi ASI biasanya memiliki kotoran berwarna kuning, ini adalah indikasi feses normal. Susu yang dikonsumsi bayi amat mempengaruhi warna fesesnya. Bila bayi minum ASI secara eksklusif, tinjanya berwarna lebih cerah atau didominasi warna kuning.

3. Cokelat

Jika Anda memberi susu formula pada bayi Anda, warna fesesnya mungkin akan menjadi coklat muda atau pucat dan hal ini termasuk kategori normal.

 

Ketika Anda mengganti popok bayi Anda, perhatikan tekstur buang air besarnya. Jika Anda khawatir tentang warna atau tekstur kotoran bayi Anda, segera hubungi dokter untuk konsultasi. 

 

Hal ini penting terutama jika kotoran bayi Anda berwarna hitam setelah beberapa hari pertama setelah kelahiran, berwarna merah atau berdarah, berwarna putih atau abu-abu, secara konsisten berair dan secara konsisten besar, keras, atau sulit untuk keluar, hal ini pertanda ada gangguan pada kesehatan bayi Anda.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Baby Muslin Swaddle Blankets / Selimut Bedong Bayi
Baby Muslin Swaddle Blankets / Selimut Bedong Bayi

IDR 189,000

Comfort Stripe Nursing T-Shirts Dress Couple Set Baju Hamil Menyusui Couple Ibu Anak
Comfort Stripe Nursing T-Shirts Dress Couple Set Baju Hamil Menyusui Couple Ibu Anak

IDR 649,000

Feeding Spoon Sendok Makan Bayi (2 pcs)
Feeding Spoon Sendok Makan Bayi (2 pcs)

IDR 260,000

Little Tree Nappies Monster (S)
Little Tree Nappies Monster (S)

IDR 399,000

Little Tree Nappies Monster (M)
Little Tree Nappies Monster (M)

IDR 399,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved