Homepage Loading Icon
Merawat Bayi yang Prematur

Merawat Bayi yang Prematur

author iconKrista Kanya
date icon15 10 2018
category iconGizi & Kesehatan, Kelahiran Anak, keluarga, Gizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak,

Bayi yang lahir secara premature biasanya membutuhkan perawatan khusus disbanding bayi normal. Agar si kecil tetap nyaman dan memiliki perkembangan yang optimal, Moms dapat menciptakan suasana seperti di dalam Rahim.

 

Ketika si kecil ingin tidur, Moms dapat membuat ‘sarang’ di atas tempat tidur dari gulungan handuk tebal yang dibentuk menyerupai huruf ‘U’. Letakkan bayi dalam ‘sarang’ tersebut dengan memposisikannya seperti si kecil sedang di dalam rahim. Dengan posisi dan bentuk layaknya rahim Moms, ia akan merasa dipeluk dan tidak kaget karena merasa ingin terjatuh ke sisi kiri atau kanan.

 

Buat lampu menjadi redup saat Moms ingin menyusui si kecil dan juga ketika ia ingin tidur. Hal ini dapat membuat si kecil menjadi lebih nyaman untuk tidur, meminum ASI, bahkan berpengaruh untuk proses kenaikan berat badan menjadi lebih baik. Jika cahaya di dalam ruangan sangat terang, si kecil akan menutup mata yang mengakibatkan rangsang penglihatannya kurang baik.

 

Selain itu ketika si kecil ingin tidur, pastikan daerah atau ruangan si kecil bebas dari kebisingan. Sehingga ia dapat tidur pulas serta dapat memacu hormone pertumbuhan dan perkembangan sel otak yang optimal.

 

Saat Moms ingin memegang si kecil, perhatikan cara Moms memegangnya ya Moms. Jangan membuat si kecil tersentak atau kaget. Moms dapat mengangkat si kecil dengan memegang juga kedua lengannya sedekat mungkin dengan garis tengah. Moms juga harus menopang leher maupun bokongnya, atau bisa juga dengan menggendong si kecil dalam keadaan dibedong.

 

Yang juga perlu diingat Moms, jangan buat si kecil menjadi lelah. Lelah seperti apa? Lelah yang dapat dirasakan oleh si kecil seperti mengganti popok terus menerus, mengganti bajunya terus menerus atau menyusuinya terus menerus padahal si kecil belum terlalu meminta. Hal ini dapat menghilangkan kontak mata, tangan seperti menolak, tampak mengantuk, menguap berlebihan, atau badan menjadi kaku dan rewel.

 

Melatih atau melakukan stimulasi untuk si kecil yang lahir secara premature juga diperlukan, seperti berupa sentuhan, suara, serta penglihatan. Berika sentuhan dengan tangan Moms yang hangat, atau mengajak si kecil berbicara sebelum dirinya mengantuk, atau bahkan berikan tangan Moms untuk dirinya memegang tangan Moms.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Baby Muslin Swaddle Blankets / Selimut Bedong Bayi
Baby Muslin Swaddle Blankets / Selimut Bedong Bayi

IDR 189,000

Newborn Cotton Knot Hat - Topi Bayi
Newborn Cotton Knot Hat - Topi Bayi

IDR 25,000

Marble Gray Baby Sling Gendongan Bayi
Marble Gray Baby Sling Gendongan Bayi

IDR 380,000

2 Pack Baby Muslin Swaddle Blankets
2 Pack Baby Muslin Swaddle Blankets

IDR 378,000

3 Pack Baby Muslin Swaddle Blankets
3 Pack Baby Muslin Swaddle Blankets

IDR 567,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved