Mamapedia Logo
Mengapa Bayi Menyukai Teether ?

Mengapa Bayi Menyukai Teether?

author iconDwi Ayu Rochani
date icon11 12 2019
category iconTumbuh Kembang Anak,

Tumbuh gigi adalah proses yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang tua, tetapi banyak Moms yang merasa cemas ketika sampai pada perkembangan bayi mereka. Di mana sejak usia beberapa bulan pertama, hingga tahun pertama, bayi sering tumbuh gigi. Banyak orang tua percaya bayi mereka tumbuh gigi ketika mereka mulai ngiler. Orang tua sering mencari gigi pertama dengan menggosok tangan mereka di sepanjang gusi mereka, mencari dan merasakan gigi yang baru muncul.

Dilansir dari The Spruce, memang benar bayi merasa lega dan senang bisa mengunyah mainan saat gusi mereka gatal kala gigi baru tumbuh. Gusi rasanya lebih enak saat ditekan sebuah benda lembut.

Beberapa orang tua lebih suka menggunakan teether yang dimasukkan ke lemari pendingin terlebih dahulu. Ini memberi kesejukan pada gusi bayi. Hindari membekukan teether berhari-hari, sebab bisa terasa keras, sakit, sehingga tidak nyaman saat digigit si kecil.

Ada banyak alasan mengapa bayi ingin memasukkan teether ke mulut mereka untuk dikunyah. Ini bukan sekadar alasan gigi mereka baru tumbuh, melainkan juga bagian dari perkembangan anak. Bayi akan memasukkan benda-benda ke mulut mereka sejak usia dini.

Semua yang bayi sentuh seakan ingin dimasukkan ke mulut dan dimainkan dengan lidah. Gerakan-gerakan menggigit teether ini adalah dasar si bayi memelajari suara dengan cara babbling. Mereka juga belajar mengatakan ujaran pertama, seperti 'mamama,' 'dadada,' atau 'bababa.'

Karena bayi suka mengunyah barang, terutama ketika mereka tumbuh gigi, orang tua tidak boleh terkejut jika mereka menggigit selimut, mainan boneka favorit, tepi buku bayi, kunci, jari mereka, atau bahkan jari orang tua mereka! Karena bayi suka mengunyah dan tumbuh gigi pada apa pun yang mereka temukan, bahkan ada kalung dan gelang yang dirancang untuk dipakai orang tua yang merupakan alternatif aman untuk bayi tumbuh.

Tips Membeli Teether

Teethers terbuat dari semua jenis bahan. Beberapa terbuat dari karet, silikon, plastik atau kayu. Teethers dapat dibeli dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Banyak mainan juga memiliki tekstur yang berbeda pada mereka, untuk menarik minat anak. Banyak geligi bulat, sehingga bayi mudah dipegang dan dipegang sebelum dibawa ke mulut.

Selalu awasi bayi saat mereka menggunakan teether. Saat memilih teether, cari yang bisa dipegang oleh bayi Moms dan dimasukkan ke dalam mulut dengan aman. Teether yang terlalu besar atau terlalu kecil bisa membahayakan keselamatan.
 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE