Homepage Loading Icon
Ketahui Penyebab dan Cara Penanganan Kepala Bayi Peyang

Ketahui Penyebab dan Cara Penanganan Kepala Bayi Peyang

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon25 11 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Tips,

Kepala bayi peyang, atau sindrom kepala datar merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai oleh bayi.

Bayi terkadang mengalami kepala yang peyang ketika mereka berusia beberapa bulan, biasanya karena menghabiskan banyak waktu berbaring telentang. Ini dikenal sebagai sindrom kepala datar.

Bentuk kepala menjadi lebih bulat dan simetris untuk anak-anak dengan dan tanpa sindrom kepala datar, terutama antara bayi dan usia 18 bulan.

Tetapi, tidak perlu khawatir Moms, bentuk kepala akan membaik dengan sendirinya dari waktu ke waktu. Ketika kepala bayi peyang, Si Kecil tidak akan mengalami rasa sakit atau gejala lain, atau masalah dengan perkembangan umum mereka.

Yuk, cari tahu apa saja jenis kepala bayi peyang, serta penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

Jenis Kepala Bayi Peyang

Ada dua jenis dari kepala bayi peyang yang bisa diketahui:

1. Plagiocephaly

Kepala bayi rata pada 1 sisi, membuatnya tampak asimetris, dengan telinga mungkin tidak selaras dan kepala tampak seperti jajaran genjang bila dilihat dari atas.

Kadang-kadang, dahi dan wajah mungkin sedikit menonjol di sisi yang rata.

2. Brachycephaly

Ini merupakan jenis kepala bayi peyang di mana bagian belakang kepala menjadi rata, menyebabkan kepala melebar, dan kadang-kadang dahi menonjol keluar.

Masalah-masalah ini cukup umum, dan terjadi sekitar 1 dari setiap 5 bayi. Dalam kebanyakan kasus, ini bukan hal yang mengkhawatirkan, karena tidak ada efek pada otak.

Lalu, apa yang menyebabkan kepala bayi peyang, dan seperti apa cara mengatasi dan pencegahan yang bisa dilakukan? Berikut ini informasi yang bisa diketahui.

Baca Juga: 4 Tips Mencegah Kepala Bayi Peyang

Penyebab Kepala Bayi Peyang

Sampai Si Kecil berusia satu tahun, tulang-tulang kepala bayi sangat tipis dan fleksibel, yang membuatnya lunak dan mudah dibentuk.

Plagiocephaly dan brachycephaly berkembang ketika ada tekanan konstan ditempatkan pada satu sisi tengkorak bayi. Jika Moms tidak menjaganya sejak awal, maka besar kemungkinan kepala bayi menjadi peyang.

Sebagian besar proses melahirkan mungkin dapat membuat kepala bayi peyang dan terlihat memanjang untuk sementara waktu.

Tetapi, kondisi biasanya akan kembali dengan sendirinya dalam waktu enam minggu setelah kelahiran, tetapi kadang-kadang bagian dari tengkorak mungkin menjadi rata.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab kepala bayi peyang:

1. Bayi Tidur Telentang

Menidurkan bayi sangat mengurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Tapi itu berarti bahwa bayi akan menghabiskan lebih banyak waktunya berbaring telentang selama kehidupannya.

Dengan kasur tempat tidur bayi yang lebih rata atau firm, dan kombinasi itu diperkirakan telah menjadi penyebab kepala bayi peyang secara plagiocephaly dalam jumlah tinggi.

2. Otot-otot Leher Tegang

Otot-otot leher yang tegang dapat menghentikan bayi untuk memutar kepalanya dengan cara tertentu, menempatkan satu sisi kepala mereka di bawah tekanan yang lebih besar.

Kondisi ini juga menjadi penyebab dari kepala bayi peyang.

3. Ada Tekanan pada Kepala Bayi Dalam Rahim

Kadang-kadang di dalam rahim, mungkin tidak ada cukup cairan ketuban untuk melindungi bayi, atau dengan bayi kembar, bayi bisa menjadi agak terjepit di sana.

4. Bayi Lahir Prematur

Bayi prematur lebih cenderung mengembangkan kepala yang rata karena tengkorak mereka lebih lunak daripada bayi yang lahir dengan cukup bulan.

Selain itu, bayi prematur cenderung menghabiskan lebih banyak waktu telentang tanpa digerakkan atau diangkat dan mereka mungkin belum dapat menggerakkan kepala mereka dari sisi ke sisi.

Sehingga, bayi lahir prematur menjadi penyebab lain dari kepala bayi yang peyang.

5. Craniosynostosis

Kepala bayi peyang dan pipih kadang-kadang bisa disebabkan oleh lempeng tulang tengkorak bayi yang bergabung bersama secara tidak normal sejak dini. Kondisi dikenal sebagai craniosynostosis.

Ini dapat memberikan penampilan kepala bayi di luar dari bentuk normal dan perlu diperbaiki dengan pembedahan.

Cara Mengatasi Kepala Bayi Peyang

Tenang, Moms. Moms bisa kok mencegah dan mengatasi kepala bayi peyang sehingga bentuk kepala bayi menjadi normal.

Sebaiknya, coba terapkan langkah-langkah ini saat bayi masih kecil atau di bawah umur empat bulan agar kepalanya masih mudah dibentuk.

1. Atur Posisi Tidurnya

Cegah kepala bayi peyang dengan menghindari posisi tidur bayi baru lahir yang selalu sama.

Variasikan posisi berbaring bayi Moms di atas buaian atau saat ia sedang digantikan baju atau popok, sehingga ia bisa menggerakkan kepalanya ke arah lain.

2. Perhatikan Si Kecil Saat Menyusui

Saat menyusui, gunakan lengan kiri dan kanan Moms secara bergantian untuk menyangga kepalanya. Cara ini bisa menjadi cara mengatasi kepala bayi peyang.

3. Latihan Menggerakkan Kepalanya

Moms bisa mengajak Si Kecil berlatih untuk menggerakkan kepalanya secara aktif. Gunakan mainan lucu yang warna atau suaranya dapat menarik perhatiannya.

Pastikan Moms menengkurapkan bayi agar kepalanya tak terlalu lama tertekan.

Dalam delapan minggu pertama, bayi harus ditidurkan di atas perutnya minimal lima menit sehari. Setelah melewati masa tersebut, sesinya ditambah menjadi tiga sesi per hari yang berdurasi masing-masing lima menit.

4. Penggunaan Bantal Khusus Bayi

Moms mungkin pernah tahu ada bantal khusus bayi yang memiliki lekungan di tengahnya.

Bentuk itu lah yang akan mencegah si Kecil dari kepala peyang. Namun, perlu dipastikan bantal khusus bayi yang Moms pilih memiliki bahan yang lembut dan adem seperti MOOIMOM Head Shaping Pillow.

Bantal khusus bayi ini dirancang untuk menyebarkan berat kepala bayi di area yang lebih besar sehingga memberikan tekanan lebih sedikit pada titik tertentu dari tengkorak bayi.

Bentuk kepala bayi peyang memang tidak berpengaruh terhadap otak Si Kecil, tetapi bisa memengaruhi penampilan fisik kepala bayi.

Karena itu, sebaiknya Moms melakukan pencegahan, agar fisik Si Kecil bisa berkembang dengan baik dan sempurna. Dapatkan bantal khusus bayi di www.mooimom.id ya!

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Sloped Pillow Bantal Bayi
MOOIMOM Sloped Pillow Bantal Bayi

Rp 449,000

[MOMBELLA] Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi
[MOMBELLA] Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi

Rp 129,000

[MOMBELLA] Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi
[MOMBELLA] Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi

Rp 139,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

Rp 315,000

MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

Rp 299,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved