Homepage Loading Icon
Cegah COVID-19 dengan Konsumsi Jeruk

Cegah COVID-19 dengan Konsumsi Jeruk

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon23 03 2020
category iconTumbuh Kembang Anak, Gizi & Kesehatan, Tips,

Penyebaran virus corona atau COVID-19 kian hari kian pesat di seluruh dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Moms harus lebih ketat dalam menjaga kesehatan tubuh Moms dan si Kecil. Baik itu menjaga dari luar maupun dari dalam tubuh.

Menurut World Health Organization (WHO) virus corona atau Covid-19 telah resmi dinyatakan sebagai penyakit pandemik. Setiap orang harus lebih waspada karena di saat sebuah wabah penyakit ditetapkan sebagai pandemik berarti lonjakan angka pasien yang terinfeksi bertumbuh secara masif.

Dilansir dari popmama, setiap harinya jumlah pasien Covid-19 bertambah banyak dan jumlahnya bertumbuh pesat. Ahli medis di seluruh dunia pun tengah bekerja keras melawan hingga menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus mematikan ini.

Salah satu Guru Besar Universitas Airlangga, Profesor Mangestuti Agi menuturkan bahwa daya tahan tubuh yang baik bisa mencegah kita terinfeksi virus SARS-CoV-2 ini. Selain itu, banyak juga anjuran agar kita rajin mengonsumsi makanan dan minuman berbahan rempah, mulai dari temu lawak, jahe merah, hingga kunyit.

Lalu, Tim Peneliti UGM baru-baru ini menemukan bahwa sebenarnya jeruk merupakan bahan herbal paling baik untuk melawan virus. Berdasarkan studi berjudul Revealing the Potency of Citrus and Galangal Constituents to Halt SARS-CoV-2 Infection yang sudah terbit di jurnal MDPI, penelitian yang dilakukan oleh Edy Meiyanto, Rohmad Yudi Utomo, dan Muthi Ikawati ini menyebutkan bahwa jeruk punya kandungan antioksidan yang lebih kaya daripada rempah

Ada 4 macam herbal yang telah dilakukan uji coba

Tim peneliti UGM menggunakan empat macam herbal dalam studinya kali ini. Apa saja yang dipakai?

  • Kunyit (Curcuma sp.)
  • Jeruk (Citrus sp.)
  • Lengkuas (Alpinia galanga)
  • Secang (Caesalpinia sappan)

Bahan herbal tersebut memang sudah diakui memiliki kehebatan masing-masing untuk menjaga kesehatan secara alami.

Salah satu senyawa dalam jeruk dapat menghalangi penyebaran virus corona

Jika spike glycoprotein dan ACE2 dihalangi atau bahkan dihentikan oleh senyawa yang terdapat pada jeruk serta rempah lainnya tersebut akan mencegah infeksi virus ke dalam sel.

Sementara, kalau enzim protease diblok oleh senyawa pada herbal tersebut, akan mencegah perkembangan virus di dalam sel yang terinfeksi.

Lalu menurut penelitian tersebut, ditemukan bahwa kandungan dalam jeruk adalah herbal terbaik untuk melawan betacoronavirus, termasuk Covid-19.

Menurut peneliti, jeruk dapat dikategorikan sebagai bahan alami paling baik untuk menangkal betacoronavirus, termasuk SARS-CoV-2 yang merupakan penyebab COVID-19. Jeruk punya kandungan senyawa flavonoid yang kaya seperti hesperetin, tangeretin, naringenin dan nobiletin.

Muthi juga menerangkan, "Saat ini, untuk terapi COVID-19, digunakan lopinavir dan nafamostat. Dibandingkan dengan kedua obat tersebut, senyawa uji menunjukkan kemampuan berinteraksi dengan target dalam virus yang setara atau bahkan lebih kuat."

Senyawa-senyawa pada jeruk tersebut bisa mengikat lebih kuat protein pada virus. Hal ini akan menghambat virus untuk berkembang sehingga sangat direkomendasikan untuk menjadi obat atau bahkan mencegah virus masuk ke dalam tubuh seseorang

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini
59s - UVC LED Mini Strerilizing Box / Boks Sterilizer Mini

Rp 499,000

59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup
59s - UVC LED Sterilizing Lid / Sterilizer Penutup

Rp 599,000

59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer
59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer

Rp 2,500,000

59S UVC LED Garment Sterilizing Bag / Tas Sterilisasi Pakaian
59S UVC LED Garment Sterilizing Bag / Tas Sterilisasi Pakaian

Rp 1,390,000

BONNELS Essential Oil Immune Booster 10ml
BONNELS Essential Oil Immune Booster 10ml

Rp 198,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved