Homepage Loading Icon
Cara Menghentikan Kebiasaan Bayi Memasukkan Benda Ke Mulut

Cara Menghentikan Kebiasaan Bayi Memasukkan Benda Ke Mulut

author iconDwi Ayu Rochani
date icon17 04 2020
category iconGizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Ketika si kecil sudah mulai bereksplorasi, terutama di usia 6 bulan keatas mereka akan memasuki fase oral. Dalam fase ini perkembangan oral motoriknya akan berkembang pesat. Mereka pun butuh banyak 'tantangan'.

Bukan hanya ingin mengunyah makanan yang empuk tapi juga benda-benda di sekitarnya yang menarik perhatian. Ketika si kecil berkeinginan untuk mengeksplorasi sesuatu, ia akan refleks memasukan benda yang ditemukan dalam mulutnya. Tindakan tersebut dilakukan agar ia memahami bagaimana bentuk, rasa dan tekstur dari objek yang ia rasakan.

Idealnya, bayi akan berhenti memasukan benda asing ke dalam mulutnya ketika menjelang usia dua tahun. Beberapa bayi bahkan membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Moms harus jeli dalam melihat benda apa saja yang ditemuinya ketika sedang bereksplorasi. Ada beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan menggigit benda asing pada si kecil .

Jauhkan benda berbahaya dari jangkauannya. 

Saat ia sudah bisa berpindah tempat dengan merangkak atau merambat, lebih mudah baginya untuk mengambil benda dan memasukkannya ke dalam mulut. Saat ini, Momas harus menaruh benda-benda berbahaya dari jangkauan bayi, seperti obat, pengharum ruangan, dan lain sebagainya.

Pastikan tangan dan kaki si kecil selalu bersih. 

Selain barang, biasanya si kecil juga memasukkan tangan atau kakinya ke dalam mulut. Sehingga, dengan menjamin kebersihan tangan dan kaki bayi, kuman-kuman penyebab penyakit tidak masuk ke dalam tubuh bayi.

Alihkan perhatian bayi. 

Jika bayi mulai menggigit atau memasukkan benda ke dalam mulutnya, alihkanlah perhatian si kecil pada hal lain. Misalnya, ajak si kecil main bersama, ajak jalan keluar, atau lain sebagainya.

Berikan Teether

Terkadang kebiasaan si kecil memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya dipicu oleh ketidaknyamanan karena ia sedang mengalami tumbuh gigi. Memberikannya beberapa teether sebagai alat untuk digigit, bisa membantu dia untuk mengurangi rasa sakit di gusi akibat tumbuh gigi. 

Tawarkan si kecil makanan saat mulai terlihat menggigit, menjilat, atau memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. 

Hal ini tentu akan lebih baik. Moms bisa menawarkan makanan yang mudah bayi genggam, misalnya apel, melon, wortel yang sudah dikukus, brokoli yang sudah dikukus, mentimun, dan lain sebagainya. Ini juga dapat membantu si kecil mengenali rasa, bentuk, dan tekstur setiap makanan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mombella Octopus Teether Toy Doo Mainan Gigitan Bayi - Lilac
Mombella Octopus Teether Toy Doo Mainan Gigitan Bayi - Lilac

Rp 319,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi -  Yellow
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow

Rp 119,000

Jeelly Sandals Teether [Blue] - Gigitan Bayi
Jeelly Sandals Teether [Blue] - Gigitan Bayi

Rp 159,000

[MOMBELLA] Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi
[MOMBELLA] Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi

Rp 139,000

[MOMBELLA] Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi
[MOMBELLA] Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi

Rp 119,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved