Homepage Loading Icon
5 Tips Mengajarkan Anak Mengendalikan Emosi saat Puasa

5 Tips Mengajarkan Anak Mengendalikan Emosi saat Puasa

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon24 04 2020
category iconGizi & Kesehatan, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Puasa dengan mengendalikan emosi adalah satu kesatuan yang sudah seharusnya diajarkan pada Si Kecil saat ia belajar puasa. Apakah Si Kecil tahun ini sudah mulai belajar puasa?

Meski belum penuh menjalaninya dan lebih banyak meniru. Meniru apa yang dilakukan Moms dan Dads, tak ada salahnya lho, mulai mengajarkan Si Kecil untuk mengendalikan emosinya.

Cara Mengajarkan Anak Mengendalikan Emosi

Bagaimana cara mengajarkan anak mengendalikan emosi di bulan puasa? Ini dia langkah-langkahnya.

1.Ajak Ia Bermain

Cara mengajarkan anak mengendalikan emosi yang pertama adalah mengajaknya bermain. Namanya juga anak-anak, tentu ia merasa senang bermain. Ajak Si Kecil untuk memainkan permainan favoritnya. Dampingi ia saat bermain sehingga ia akan merasa terhibur dan senang.

2. Alihkan Perhatiannya

Cara mengajarkan anak mengendalikan emosi yang selanjutnya adalah alihkan perhatiannya. Saat Si Kecil mulai terpancing emosinya, misalnya berebut mainan dengan saudara atau temannya, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya ke hal yang lebih menarik, misalnya menonton tayangan TV, memutar musik, atau mengajaknya pindah ke ruangan lain.

Anak yang teralih perhatiannya biasanya akan cepat melupakan rasa marahnya dan kembali ceria.

3. Lontarkan Lelucon

Cara mengajarkan anak mengendalikan emosi yang selanjutnya adalah lontarkan lelucon. Anak kecil biasanya senang melihat hal-hal yang lucu.

Moms bisa lho, lebih kreatif dengan menunjukkan hal-hal yang memancing tawanya, misalnya memakai topi yang lucu atau melontarkan lelucon yang disukai Si Kecil. Intinya, buatlah ia tertawa dan melupakan kesedihan atau kemarahannya.

4. Ajak Bicara

Cara mengajarkan anak mengendalikan emosi yang selanjutnya adalah ajak bicara. Dengan suara lembut dan tenang, cobalah untuk menciptakan suasana yang nyaman untuk Si Kecil. Mintalah ia untuk menceritakan kekesalan hatinya, lalu berikan solusi yang baik.

Ingatkan juga kepadanya bahwa di bulan puasa, hendaknya tidak marah-marah atau meluapkan emosi secara berlebihan.

5. Sentuh Empatinya

Cara mengajarkan anak mengendalikan emosi yang selanjutnya adalah sentuh emosinya. Saat bulan puasa, tak ada salahnya mengajak Si Kecil untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan amal, berbagi makanan dengan anak yatim, atau bersedekah.

Dengan membiasakan Si Kecil terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang membawa kebaikan, empatinya akan tersentuh sehingga ia akan lebih peka terhadap sesamanya.

Nah, itulah cara mengajarkan anak mengendalikan emosi selama bulan puasa. Seluruh misi Moms dan Dads sudah pasti tak bisa langsung terwujud.

Tapi apapun proses dan pencapaiannya, selalu hargai Si Kecil. Saat ia bisa sukses berpuasa, walaupun tak sehari penuh, berikan reward yang menyenangkan. Misalnya menu berbuka yang spesial.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
[YUMMY BITES] Crackers 50gr - Makanan Bayi
[YUMMY BITES] Crackers 50gr - Makanan Bayi

Rp 30,000

Gerber Graduate Puff Strawberry Apple
Gerber Graduate Puff Strawberry Apple

Rp 55,000

3 in 1 Love My Baby Set
3 in 1 Love My Baby Set

Rp 633,000

YUMMY BITES Crackers Strawberry 50gr
YUMMY BITES Crackers Strawberry 50gr

Rp 30,000

YUMMY BITES Crackers Vegetable 50gr
YUMMY BITES Crackers Vegetable 50gr

Rp 30,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved