Homepage Loading Icon
5 Tips Atasi Big Sibling Blues si Kakak

5 Tips Atasi Big Sibling Blues si Kakak

author iconanisyukur
date icon10 09 2019
category iconKelahiran Anak, Tumbuh Kembang Anak,

Apakah Moms saat ini tengah mendapati situasi dimana anak pertama menjadi lebih manja dan rewel setelah kelahiran anak kedua ? Jika Moms tengah berada di kondisi tersebut, maka anak pertama Moms saat ini tengah terkena big siblings blues. Big siblings merupakan kondisi di mana anak merasa sangat tertekan dan tidak terima dengan kehadiran saudara baru di dalam keluarganya.

Anak pertama akan merasa cemburu, sedih, dan tertekan saat kedua orang tuanya terlihat lebih menyayangi adiknya dibandingkan dengan dirinya sendiri. Jika anak pertama Moms tengah mengalami big siblings blues, Moms bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk mengatasi big siblings blues.

1. Buat si Kaka menjadi Pahlawan

Moms bisa mengungkapkan betapa luar biasanya si kakak sat memperkenalkan si bayi. Saat memperkenalkan, Moms bilang jika ia ingin si bayi nantinya seperti si Kakak yang hebat. Selain itu Moms bisa meminta bantuan si Kaka untuk menjaga si bayi sehingga si Kakak terlihat sebagai pahlawan.

2. Tunjukan bahwa Moms masih mencintai si Kakak

Si kakak nantinya pasti akan menguji para orang tua untuk memastikan bahwa dirinya masih dicintai. Oleh karena itu, saat Ia mulai mencari perhatian, Moms pastikan tetap memberikan kasih sayang dan sebisa mungkin menghindari pertengkaran. 

3. Membangun ikatan si kakak dan adik 

Moms bisa membantu si Kakak menggendong si adik. Dengan melakukan hal ini tentu saja akan membantu membangun ikatan antara si Kakak dengan bayi. Semakin lama sang kakak menggendong dan memeluk bayi, semakin kuat hubungan mereka nantinya.

4. Berikap seolah-olah sudah besar

Sering kali orang tua merasa si kakak sudah seharusnya dewasa saat di adik lahir. Moms tidak bisa memaksa hal tersebut dan harus membiarkan jika si kecil masih manja. Jika ia mulai merengek dan meminta perhatian, hal tersebut adalah wajar Moms karena ia merasa tersaingi dengan si kecil.

5. Mendorong Kakak memiliki rasa empati

Moms bisa mengajarkan si kakak untuk mulai membangun rasa simpati terhadap kemauan si adik. Orang tua yang membantu mendorong anak yang lebih tua untuk melihat si bayi sebagai manusia yang memiliki perasaan akan membuat si kakak menjadi lebih protektif pada si bayi. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Long Seamless Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Long Seamless Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 299,000

Long Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Panjang Bertulang
Long Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Panjang Bertulang

IDR 179,000

Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 149,000

V-neck Slimming Shaper
V-neck Slimming Shaper

IDR 199,000

Bamboo Postpartum Belly Band Corset
Bamboo Postpartum Belly Band Corset

IDR 920,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved