Homepage Loading Icon
5 Penyebab Kaki Bayi Berbentuk Huruf O

5 Penyebab Kaki Bayi Berbentuk Huruf O

author iconanisyukur
date icon30 09 2019
category iconGizi & Kesehatan, Kelahiran Anak, Tumbuh Kembang Anak,

Saat si kecil baru bisa berjalan, umumnya orang tua akan fokus memperhatikan postur kaki. Para orang tua yang mendapati postur kaki O pada bayi akan mulai khawatir pada kondisi tersebut namun ada juga yang menganggap hal tersebut adalah hal yang biasa. Sebetulnya apakah bentuk kaki O pada Bayi berbahaya? Yuk simak ulasan berikut Moms!

Penyebab Bentuk Kaki O

Kebanyakan bayi memiliki bentuk kaki O sejak lahir dan umumnya kadaan tersebut akan membaik saat usia 15- 18 bulan. Jika kondisi ini tidak membaik saat usia bayi 2 tahun ke atas, Moms sebaiknya membanya ke dokter untuk melakukan pemeriksaan. Penyabab si kecil memiliki bentuk kaki O yang berkepanjangan umunya disebabkan oleh penyakit Blount. Blount yaitu kelainan pertumbuhan yang memengaruhi tungkai bawah, tepatnya pada tulang kering (tibia), dan menyebabkan bentuk kaki tumbuh bengkok. Beberapa hal berikut ini bisa menjadi faktor mengapa si kecil memiliki bentuk kaki O.
 

1. Terlalu Dini

Si kecil yang terlalu dini saat mulai berjalan dapat menderita penyakit Blount. Idealnya, seorang anak biasanya harus mulai berjalan sendiri antara usia 11 hingga 14 bulan. 

2. Obesitas

Risiko terjadinya penyakit ini juga meningkat pada anak yang terkena obesitas. Anak yang terkena obesitas membuat kaki mereka harus menopang tubuh yang bebannya lebih berat dari bayi pada umunya.

3. Rakitis

Rakitis merupakan kondisi akibat defisiensi vitamin D yang berkepanjangan, yang melemahkan tulang sehingga menyebabkan tungkai bawah menjadi bengkok.

4. Penyakit Paget

Penyakit metabolik ini secara negatif memengaruhi cara tulang kita memperbaiki diri. Akibatnya, kekuatan tulang menjadi tidak sebagaimana mestinya. Penyakit Paget lebih sering terjadi pada orang lanjut usia, namun dengan diagnosis dan pengobatan dini, umumnya dapat ditangani dengan baik.

5. Dwarfisme

Dwarfisme atau cebol dapat disebabkan oleh kondisi yang dikenal sebagai achondroplasia, yaitu suatu gangguan pertumbuhan tulang yang dalam perkembangannya bisa mengakibatkan kaki O.

Cara memperbaiki Kaki O

Umumnya kaki O tidak memerlukan penanganan khusus, kecuali jika kasus kaki O sudah tergolong bahaya atau akan semakin parah jika tidak dilakukan perbaikan. Dokter akan menyarankan agar pemeriksaan dilakukan secara teratur yaitu setiap 6 bulan, untuk mengetahui perkembangannya. Pilihan penanganan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kaki O meliputi:

  • Menggunakan Sepatu Khusus
  • Penggunaan alat bantu kerangka penyangga (braces/casts) untuk membantu perbaikan bentuk kaki O
  • Pembedahan untuk memperbaiki bentuk tulang.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Sloped Pillow Bantal Bayi
Sloped Pillow Bantal Bayi

IDR 449,000

MOOIMOM Casual Hipseat Carrier
MOOIMOM Casual Hipseat Carrier

IDR 399,000

Jeelly Sandals Teether [Blue] - Gigitan Bayi
Jeelly Sandals Teether [Blue] - Gigitan Bayi

IDR 159,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

IDR 315,000

MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

IDR 299,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved