Homepage Loading Icon
3 Tips Mudah Menidurkan Bayi yang Rewel

3 Tips Mudah Menidurkan Bayi yang Rewel

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon11 01 2021
category iconTumbuh Kembang Anak, Tips,

Sudah sewajarnya bahwa bayi akan lebih banyak tidur daripada terbangun, namun saat ia sulit tidur, hal ini pasti akan membuat Moms resah dan khawatir.

Terlebih lagi saat bayi mulai tumbuh gigi atau saat usianya mencapai antara empat hingga tujuh bulan. Sebagai seorang Ibu, tentunya Moms sangat gembira saat mengetahui bahwa gigi pertama Si Kecil akan segera tumbuh.

Sayangnya, tumbuh gigi atau teething bisa terasa sangat menyakitkan bagi bayi, bahkan tidak jarang membuat mereka sulit tidur dan menjadi lebih rewel. Lalu, apakah ada cara khusus untuk menidurkan bayi yang rewel?

3 Tips Menidurkan Bayi yang Rewel

Moms mungkin akan merasa stres saat Si Kecil sulit untuk ditidurkan meski telah diberi asupan ASI. Namun dengan memahami apa hal yang harus dilakukan sebelum menidurkan bayi, Moms mungkin bisa terbantu. Yuk kita coba lakukan beberapa hal di bawah ini Moms.

Baca Juga: 4 Tips Mengatasi Anak Rewel Karena Tumbuh Gigi

1. Pijat Gusi Bayi Jika sedang Tumbuh Gigi

Jika Si Kecil tidak bisa tidur karena rasa sakit pada giginya yang sedang tumbuh, meringankan rasa sakit di gusi bayi adalah hal utama yang harus dilakukan untuk menidurkan bayi yang rewel karena kesakitan. Salah satu caranya adalah dengan memijat gusi bayi.

Dikutip dari Medline Plus, Moms dapat menggosok atau memijat dengan lembut gusi Si Kecil menggunakan handuk basah yang dingin atau jari tangan yang bersih. Moms juga dapat meletakkan lap basah di dalam kulkas terlebih dahulu. Tetapi jangan letakkan di dalam freezer karena jika terlalu dingin justru bisa membuat gusi bayi semakin tidak nyaman.

Moms juga bisa memberikan bayi Teether MOMBELLA dengan bahan 100% Food Grade Silicone Import. Cocok di gunakan pada bayi usia 3 bulan ke atas dan bebas pewarna, sehingga Moms pun akan tenang memberikan teether ini pada si Kecil.

2. Alihkan Perhatian Bayi

Healthlinemenyarankan agar Moms menawarkan makanan untuk dikunyah seperti wortel dan mentimun untuk meringankan rasa sakit di gusi bayi (khusus untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan dan sudah diberi MPASI).

Namun, berhati-hatilah jika menerapkan cara ini untuk menidurkan bayi yang sedang teething karena bayi rentan tersedak. Maka dari itu, disarankan agar Moms selalu mengawasi Si Kecil dan segera membuang makanan yang ia kunyah setelah tertidur atau mulai mengantuk.

Sebagai alternatif, Moms juga dapat menawarkan biskuit khusus untuk bayi yang sedang teething atau teething ring.

3. Melakukan Rutinitas sebelum Tidur

Dalam laman FirstCryParenting dikatakan bahwa untuk menidurkan bayi yang sedang rewel, penting bagi Moms untuk dapat mengatur jadwal tidurnya. Ketika bayi memiliki pola tidur yang teratur, tubuh mereka akan menyesuaikan diri.

Rutinitas sebelum tidur secara otomatis juga akan membuat bayi mengantuk saat menjelang tidur. Rutinitas tidur bisa termasuk mandi air hangat, berganti popok, membaca dongeng, bernyanyi atau digendong sampai ia tertidur.

Selain itu, sekitar 30 menit sebelum tidur, Moms juga bisa turunkan kebisingan dan redupkan lampu.

Salah satu cara bayi mengetahui waktunya untuk tidur adalah dari lingkungan sekitarnya yang seperti memberinya tanda.

Menurutnya, pencahayaan yang tepat sangat penting karena membantu mengatur jam internal tidur bayi. Bukan hanya kita, otak Si Kecil juga akan mengasosiasikan terang dan gelap dengan bangun atau tidur. Meredupkan lampu di malam hari dan memberikan bayi cahaya terang di pagi hari akan membantu memberi tanda untuk Si Kecil.

Setelah Moms meminimalkan rangsangan, dapat mulai memperkenalkan ritual menenangkan lainnya, seperti mandi air hangat, lagu pengantar tidur, atau cerita sebelum tidur. Coba cara ini dengan konsisten dan lakukan kegiatan dalam urutan yang sama setiap malam agar bayi Moms terbiasa.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Grey Stripped In Short Sleeves Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui
MOOIMOM Grey Stripped In Short Sleeves Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui

Rp 649,000

[MOMBELLA] Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi
[MOMBELLA] Squirrel Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi

Rp 129,000

MOOIMOM Striped Long Sleeves Nursing Top Couple Set Baju Hamil & Menyusui Couple Ibu  Anak
MOOIMOM Striped Long Sleeves Nursing Top Couple Set Baju Hamil & Menyusui Couple Ibu Anak

Rp 629,000

Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Watermelon
Mombella Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi - Watermelon

Rp 99,000

[MOMBELLA] Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi
[MOMBELLA] Flower Fruit Teether Mainan Gigitan Bayi

Rp 81,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved