Homepage Loading Icon
Tips atasi rasa sakit bayi yang sedang tumbuh gigi

Tips atasi rasa sakit bayi yang sedang tumbuh gigi

author iconanisyukur
date icon03 09 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak, Tips, Tumbuh Kembang Anak,

Ketika si kecil mulai tumbuh gigi, pasti ini menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bukan Moms. Meski senang karena sudah tumbuh gigi, Moms pasti juga bingung karena si kecil menjadi lebih rewel karena gusinya gatal dan sakit. Saat mengahadapi hal tersebut, Moms jangan pusing karena sebetulnya ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar si kecil tidak rewel. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Moms lakukan untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman yang dirasakan bayi saat tumbuh gigi:

1. Teether

Teether merupakan mainan gigitan yang diperuntukan membantu menstimulasi gigi bayi. Beberapa teether dapat didinginkan lebih dulu di dalam lemari pendingin, baru kemudian digunakan untuk meredakan rasa gatal atau tidak nyaman pada gusinya yang baru tumbuh gigi. Meski begitu, hindari meletakkan teether di dalam freezer agar tidak membahayakan gusi bayi.

Agar tidak sakit saat dimasukkan ke dalam mulut, pilihlah yang terbuat dari bahan premium silikon karena bahannya yang sangat empuk dan fleksibel. Selain itu bahan teether telah 100% food grade karena nantinya mainan tersebut akan dimasukkan ke dalam mulut bayi. 

2. Camilan sehat

Selain memberikan teether untuk digigit-gigit oleh si kecil, Moms juga bisa berikan camilan sehat jika usianya sudah enam bulan. Potongan wortel atau apel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk digenggam dan digigit bayi. Namun hindari memberikan makanan yang mengandung gula, seperti permen atau cokelat, untuk menghindari kerusakan gigi. Selain itu, selalu dampingi bayi saat mengonsumsi makanan untuk mengurangi risiko tersedak.

3. Minuman dingin

Jika usia bayi sudah 6 bulan, selain Moms dapat memberikan camilan Moms juga dapat memberikan minuman dingin. Minuman dingin dapat digunakan sebagai sebagai pereda nyeri atau gatal. Tetapi Moms harus pastikan minuman dingin tersebut bebas gula dan aman bagi bayi. 

4. Usap gusi bayi

Untuk meredekan rasa nyeri dan gatal Moms dapat mengusap gusi dengan jari atau kain flanel kecil yang bersih. Tekanan ringan ini yang dilakukan oleh Moms diharapkan akan membuat bayi lebih nyaman. Selain itu Moms juga dapat mendinginkan kain atau membesahi kain terlebih dahulu sebelum diusapkan di gusi si kecil.

Bayi tumbuh gigi yang sering memasukkan benda ke mulut, umumnya mengeluarkan air liur lebih banyak dan lebih sering dari biasanya. Untuk menghindari timbulnya ruam kulit akibat air liur, sering-seringlah mengelap wajah Si Kecil, terutama daerah sekitar mulut dan dagu, dengan lap basah yang lembut.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Sheep
Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Sheep

IDR 109,000

Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Hedgehog
Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Hedgehog

IDR 109,000

Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Lion
Mombella Educational Geometry Sensory Teether Toy Set - Lion

IDR 119,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Green
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Green

IDR 119,000

Jeelly Sandals Teether [Black] - Gigitan Bayi
Jeelly Sandals Teether [Black] - Gigitan Bayi

IDR 159,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved