Homepage Loading Icon
Susah Menahan Buang Air Kecil Setelah Melahirkan? Ini Cara Mengatasinya

Susah Menahan Buang Air Kecil Setelah Melahirkan? Ini Cara Mengatasinya

author iconfallin
date icon21 05 2019
category iconKehamilan & Menyusui,

Banyak perubahan yang dialami ibu yang baru saja melahirkan. Salah satunya adalah tidak kuat menahan buang air kecil. Jika sebelum melahiran ibu masih bisa menunda untuk buang air kecil selama beberapa saat, hal tesebut tidak dapat terjadi setelah melahirkan. 

 

Jika rasa ingin buang air kecil datang, ibu yang baru saja melahirkan harus seger ke toilet jika tidak ingin mengompol. Namun, jangan khawatir moms. Gejala ini tergolong normal. Kehamilan dan proses persalinan dapat meregangkan atau mencederai otot panggul Anda, penopang rahim, usus kecil, dan anus Anda. 

 

Hal tersebut dapat mengakibatkan keluarnya sedikit air urin ketika Anda tertawa, bersin, atau batuk yang biasa disebut inkontinensia urin. Nah, berikut beberapa tips agar dapat mengatasi inkontinensia setelah melahirkan.

 

Tips mengatasi inkontinensia setelah melahirkan

Sebenarnya, tips-tips ini tergantung dari beberapa faktor, seperti usia, serta kondisi kesehatan dan mental mereka.

 

1. Senam Kegel

Senam ini mampu meningkatkan kekuatan elastisitas otot panggul dan otot sekitar kandung kemih. Dengan begitu dapat mencegah Anda ngompol atau pipis keluar tiba-tiba. Begini cara melakukan senam kegel:

Berbaring dengan keadaan lutut ditekuk dan kaki terbuka

Kencangkan otot di sekitar vagina dan uretra Anda seperti akan menahan pipis atau buang gas.

Letakkan satu tangan pada perut bagian bawah dan pastikan untuk tidak mendorong perut Anda tersebut.

Usahakan untuk melakukan gerakan ini tiga kali dalam sehari untuk mengatasi beser seusai melahirkan.

 

2. Terapkan gaya hidup sehat

Jika Anda suka merokok sembari minum kopi atau salah satunya, maka sudah saatnya untuk menghentikan hal tersebut. Konsumsi kafein dapat mengakibatkan iritasi pada kandung kemih Anda dan membuatnya sering berkontraksi. Oleh karena itu, kurangilah asupan kafein untuk mengobati rasa ingin pipis tersebut. Selain itu, nikotin juga memberikan efek kejang otot pada kandung kemih Anda dan peluang untuk sering batuk lebih besar daripada wanita yang tidak merokok.

 

3. Mengurangi berat badan

Selain berbahaya untuk kesehatan, kelebihan berat badan juga dapat memberikan tekanan secara terus menerus pada otot panggul Anda. Nah, mulailah untuk menjaga berat badan Anda agar dapat mengatasi beser setelah melahirkan.

 

4. Membuat jadwal kapan harus pipis

Jadwal ini akan efektif untuk mengurangi risiko urin keluar jika Anda mengetahui jarak waktu keinginan untuk buang air kecil dalam sehari. Misalnya, setiap 1-2 jam Anda harus pergi ke toilet.

 

5. Gunakan panty liner

Cobalah untuk menggunakan popok atau pantyliner yang lebar dan menyerap cairan sehingga mampu melindungi celana Anda. Cara ini biasanya berhasil ketika kandung kemih Anda sering kambuh untuk buang air kecil.

 

Efek Samping

Setelah kita mengetahui bagaimana cara kita mengatasi inkontinensia urin atau beser sehabis melahirkan. Mari kita simak apa saja efek yang ditimbulkan akibat kondisi ini.

1. Masalah kulit

Seseorang yang mengalami beser secara terus menerus, terutama wanita seusai melahirkan, biasanya mengalami iritasi kulit, ruam, dan infeksi karena kulit yang basah dan lembab sepanjang waktu. Hal ini juga dapat mendatangkan jamur dan memperlambat penyembuhan luka.

2. Prolaps

Prolaps terjadi ketika bagian dari vagina, kandung kemih, dan terkadang uretra menghimpit vagina. Hal ini disebabkan oleh otot tulang panggul yang melemah.

 

Jika kondisi ini mulai menggangu dan masih terus berlangsung, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut dan bagaimana cara mengatasi beser ini setelah Anda melahirkan.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Adjustable Recovery Corset
Adjustable Recovery Corset

IDR 139,000

Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 149,000

Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan
Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan

IDR 199,000

3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing
3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing

IDR 369,000

Bamboo Postpartum Belly Band Corset
Bamboo Postpartum Belly Band Corset

IDR 920,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved