Mamapedia Logo
4 Cara Mengatasi Jerawat pada Bayi

Si Kecil Berjerawat? Jangan Dipencet-pencet Ya Moms

author iconIka
date icon24 03 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Menyusui, Gizi & Kesehatan,

Jerawat pada bayi tak ubahnya bintil-bintil yang kerap "menghiasi" wajah Moms. Bentuknya bulat kecil, berwarna putih atau merah. Kulit sekitar jerawat pun kemerah-merahan. Jerawat tersebut bisa muncul di dahi, dagu, pipi, atau punggung. Bintilnya tampak semakin kemerahan ketika Si Kecil menangis lantaran tak nyaman. Rewel terus, yang terkadang memicu kenaikan suhu badan.

Jerawat pada bayi disebabkan beberapa hal. Misalnya gumoh sesuah menyusu, yang tak lekas dibersihkan. Bisa juga alergi terhadap bahan-bahan khusus, seperti deterjen untuk mencuci pakaiannya.

Sebagai langkah penanganan, Moms dapat melakukan hal di bawah ini:

1. Mengoleskan krim atau obat salep sesuai resep dokter

Dokter dapat merekomendasikan atau memberi krim atau salep untuk mengurangi jerawat si kecil.

2. Menjaga kebersihan wajah si kecil

Bahkan Moms saja ketika tidak ingin terkena jerawat pada muka, langkah pertama yang dilakukan adalah  menjaga kebersihan wajah, begitupun dengan si kecil yang terkena jerawat. Moms dapat mencuci wajah bayi dengan menggunakan air hangat saat sedang memandikannya, cukup sekali sehari. Ketika ingin mencuci  mukanya, seka muka si kecil dengan kain lembut atau spons. Jika ingin ditambahkan sabun, Moms dapat memilih sabun khusus bayi yang ringan serta mempunyai pelembab. Akan tetapi, jika Moms ragu untuk memilih sabun apa yang cocok untuk si kecil, Moms dapat berkonsultasi ke dokter anak.

Ketika si kecil berkeringat, setelah menyusu, atau saat kulitnya basah, Moms dapat menyeka wajahnya  dengan kain lembut yang bersih secara perlahan

3. Jangan memakaikan losion pada wajah

Hindari penggunaan losion yang berminyak. Karena jika Moms memakai losion yang berminyak malah membuat keadaan menjadi lebih buruk.   

4. Jangan memencet jerawat si kecil

Memencet jerawat merupakan suatu hal yang tidak direkomendasikan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan luka. Bersabarlah karena jerawat pada si kecil pasti akan pulih secara alami.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share