Homepage Loading Icon
Sakit Punggung Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Mengatasinya

Sakit Punggung Setelah Melahirkan? Ini 5 Cara Mengatasinya

author iconfallin
date icon21 05 2019
category iconKehamilan & Menyusui,

Perubahan pada tubuh selama kehamilan dapat mengubah postur badan sehingga memberikan beban tambahan pada punggung. Sendi dan ligamen juga dapat melemah akibat hormon yang terus berubah. 

 

Faktor inilah yang akhirnya menyebabkan sakit punggung saat hamil, bahkan setelah melahirkan.

Proses bersalin melibatkan banyak otot tubuh yang biasanya tidak digunakan, terutama bila persalinan berlangsung dalam waktu lama. 

 

Tekanan pada sendi, otot-otot yang nyeri, serta kelelahan akibat persalinan dan tanggung jawab mengurus bayi yang baru lahir dapat memperburuk kondisi Anda.

 

Cara mengatasi sakit punggung setelah melahirkan

Rasa nyeri pada punggung biasanya berlangsung selama beberapa bulan pertama setelah melahirkan. Agar tidak mengganggu kegiatan Anda, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan.

 

1. Berolahraga ringan

Olahraga ringan dapat mengencangkan kembali otot-otot perut dan punggung yang sakit setelah melahirkan. Jenis olahraga paling aman yang dapat langsung dilakukan adalah berjalan kaki dalam jarak dekat selama beberapa menit dalam sehari.

Setelah Anda boleh beraktivitas seperti biasa, Anda dapat mencoba gerakan panggul, peregangan, atau yoga untuk menguatkan dan melenturkan otot tubuh. Lakukan selama sepuluh menit setiap hari hingga kondisi punggung Anda membaik.

Selain itu, usahakan untuk menurunkan berat badan Anda hingga normal. Pasalnya berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan pada punggung Anda.

 

2. Gendong bayi dengan tepat

Posisi tubuh yang salah saat menggendong bayi akan membebani punggung dan menimbulkan rasa sakit. Saat mengangkat bayi dari lantai, jangan menekuk pinggang Anda. Berjongkoklah, kencangkan otot perut Anda, tekuk lutut Anda, dan angkatlah beban tubuh Anda dengan otot kaki.

Anda juga tidak disarankan untuk mengulurkan tangan saat hendak mengangkat tubuh bayi. Dekatkan ia pada dada Anda terlebih dulu sebelum menggendongnya. Jaga badan Anda agar tidak membungkuk guna menghindari sakit punggung yang kerap muncul setelah melahirkan.

 

3. Jaga postur tubuh

Jagalah postur tubuh Anda saat berdiri ataupun duduk. Jangan mencondongkan tubuh ke arah bayi saat menyusui, melainkan duduklah dengan tegak. Pilihlah kursi dengan sandaran yang nyaman. Bila perlu, gunakan bantal untuk menahan punggung dan bangku kecil sebagai pijakan kaki.

Usahakan agar Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Selama tidur, berbaringlah terlentang dalam posisi yang nyaman. Gunakan bantal yang empuk untuk menjaga agar kepala Anda lebih tinggi dari badan. Biasakan menggunakan posisi ini untuk memulihkan punggung yang sakit setelah melahirkan.

 

4. Pakai cara alami

Mengurus bayi yang baru lahir tentu menyita waktu. Untungnya, ada beberapa cara mengurangi sakit punggung yang bisa dilakukan di rumah setelah melahirkan. Berikut di antaranya:

Menggunakan kompres hangat atau kompres dingin pada bagian punggung yang terasa sakit.

Mendapatkan pijatan pada punggung.

Berendam dalam air hangat.

Melakukan teknik relaksasi untuk mengurangi nyeri dan rasa tidak nyaman.

 

5. Menggunakan Korset Melahirkan

Selain untuk mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan, korset juga ampuh untuk mengurangi sakit pinggang yang diderita ibu pasca melahirkan. Pilih korset melahirkan yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi hingga Anda merasakan kenyamanan walau harus menggunakannya seharian. Pilih bahan korset yang breathable, agar ibu tidak merasa kepanasan menggunakannya.  

 

6. Berobat ke dokter

Ini merupakan langkah terakhir bila sakit punggung yang Anda rasakan setelah melahirkan tidak kunjung hilang dengan cara mandiri. Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol, tapi gunakanlah sesuai petunjuk dokter.

Terapi fisik khusus atau pengobatan alternatif seperti akupuntur dan kiropraktik juga dapat menjadi pilihan. Meski demikian, perlu diingat bahwa Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menjalaninya.

 

Sakit punggung yang muncul setelah melahirkan tidak hanya mengganggu kegiatan sehari-hari. Gangguan kesehatan ini juga dapat menghambat Anda dalam mengurus bayi yang baru lahir.

Namun, jangan biarkan rasa sakit pada punggung menghalangi Anda untuk berinteraksi dengan si kecil. 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Adjustable Recovery Corset
Adjustable Recovery Corset

IDR 139,000

Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan
Breathable Boned Corset Korset Pelangsing Pasca Melahirkan

IDR 149,000

Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan
Adjustable Elastic Recovery Corset Korset Pasca Melahirkan

IDR 199,000

3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing
3 in 1 Postnatal Recovery Breathable Corset / Korset Pelangsing

IDR 369,000

Bamboo Postpartum Belly Band Corset
Bamboo Postpartum Belly Band Corset

IDR 920,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved