Homepage Loading Icon
Perkembangan Kehamilan Minggu Ke 2

Perkembangan Kehamilan Minggu Ke 2

author iconfallin
date icon05 04 2019
category iconMasa Kehamilan, Kehamilan & Menyusui, Tips, Gizi & Kesehatan,

Pada minggu kedua ini ukuran embrio 0,01-0,02 cm terdiri dari 2 lapisan sel yaitu ectoderm dan endoterm yang akan menjadi cikal bakal organ tubuh. Saat inilah kehamilan mulai terdeteksi lewat berbagai alat tes kehamilan melalui hormon HCG dalam darah. 

 

Pada perkembangan janin di 2 minggu kehamilan ini, jenis kelamin bayi juga mulai terbentuk, tapi Anda belum bisa mengetahui pasti sampai sekitar usia 15-17 minggu kemudian.

 

Terbentuknya jenis kelamin ini diperangaruhi 46 kromosom yang nantinya akan membangun material genetiknya. Dari 46 kromosom, terdapat 2 kromosom yang menentukan jenis kelamin, umumnya disebut kromosom seks.

 

Pada perkembangan janin 2 minggu kehamilan ini, tubuh Anda sudah siap untuk dibuahi, artinya telur Anda mulai dilepaskan dan siap untuk dibuahi. Lapisan kandungan akan menebal yang nantinya menjadi rumah bagi janin. 

 

Tanda kehamilan pada perempuan tidak akan selalu sama, Anda mungkin akan merasakan mual di pagi hari atau mungkin tidak. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan memperhatikan siklus menstruasi yang telah datang atau belum. 

 

Jika Anda belum mengalami menstruasi, harap segera menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan konsultasi.

 

BACA JUGA : Perkembangan Kehamilan di Minggu Pertama

 

Sebelum Anda mendapatkan kabar kehamilan positif, Anda harus berhati-hati dengan faktor berikut yang dapat membahayakan Anda dan bayi yang mungkin ada dalam kandungan Anda. 

 

Hindari mengonsumsi obat analgesik/pereda nyeri ketika sedang mempersiapkan kehamilan. Komposisi dari obat-obatan tersebut dapat membahayakan perkembangan janin dan mengurangi kesuburan Anda. Untuk hasil terbaik, harap konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum mengonsumsi obat-obatan selama masa kritis ini.

 

Ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan juga dilarang untuk mengonsumsi alkohol, obat-obatan dan merokok. Hal tersebut dapat membahayakan kesuburan Anda, meningkatkan risiko keguguran, serta menyebabkan kecacatan janin. 

 

Di minggu ini Anda bisa mulai melakukan sejumlah pemeriksaan medis, termasuk memastikan kelengkapan vaksinasi seperti cacar air dan rubella. Idealnya, vaksinasi ini dilakukan sebelum Anda dinyatakan hamil.

 

Pada minggu-minggu pertama persiapan kehamilan, ibu harus mendapatkan istrirahat yang cukup dan tidak stres. Kedua hal ini sangat membantu keberhasilan kehamilan ke depannya. 

 

 

 

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Seamless Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
Seamless Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

IDR 239,000

Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

IDR 349,000

2 Piece Maternity & Nursing Lace Top + Long Dress Baju Hamil Menyusui
2 Piece Maternity & Nursing Lace Top + Long Dress Baju Hamil Menyusui

IDR 529,000

Cotton Wrap Long Sleeves Maternity Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui
Cotton Wrap Long Sleeves Maternity Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui

IDR 499,000

Bold Grey In Cold Shoulder Maternity & Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui
Bold Grey In Cold Shoulder Maternity & Nursing Dress Baju Hamil & Menyusui

IDR 599,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM CO., LTD. All Rights Reserved