Homepage Loading Icon
Konsumsi 5 Makanan Ini Sejak Hamil Bisa Booster ASI

Konsumsi 5 Makanan Ini Sejak Hamil Bisa Booster ASI

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon17 04 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Menyusui,

Memiliki produksi ASI yang melimpah adalah dambaan bagi setiap ibu menyusui. Semua cara dilakukan untuk mendapatkan produksi ASI yang banyak, sehat, serta berkualitas. Beberapa Moms yang tak suka mengkonsumsi booster ASI berbentuk obat biasanya akan mencari tahu booster ASI alami apakah yang bisa diaplikasikan di rumah.

Booster ASI bahkan bisa dilakukan sebelum melahirkan. Nah, beberapa bahan makanan di bawah ini adalah booster ASI alami yang dapat diolah sebagai makanan sehari-hari Moms. 

Makanan yang Memperlancar ASI

1 Beras Merah 

Tak hanya bisa menjadi booster ASI alami, faktanya beras merah punya kandungan dan dampak lebih baik untuk tubuh. Beras merah telah banyak digunakan oleh sebagian orang-orang yang memilih pola hidup sehat sekarang ini. Beras merah diketahui memiliki kandungan glukosa lebih rendah bila dibandingkan dengan beras putih, oleh karenya, banyak yang menggunakan beras merah untuk keperluan diet. Dikutip dari Mother & Baby, menurut Increase Breast Milk Supply With Herbal Galactagogues yang dipublikasikan World Journal of Pharmaceutical and Life Sciences, nasi merah juga berperan penting untuk membuat ASI menjadi lebih banyak. Ada zat yang terkandung pada beras merah yang bisa digunakan untuk meningkatkan laktasi.

2. Bayam  

Sayuran hijau segar yang satu ini sudah dikenal memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Saat hamil, sayur ini berguna untuk menambah pasokan sel darah merah untuk tubuh. Selain kandungan tersebut, bayam juga mengandung kalsium serta asam folat. Kalsium baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi si kecil, sedangkan asam folat baik untuk tumbuh kembang otaknya. Sementara bagi ibu menyusui, bayam mampu meningkatkan kuantitas ASI dalam payudara Moms.  Sayuran ini juga bisa dikonsumsi untuk mencegah kanker.

3. Almond  

Superfood yang satu ini memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan produk kacang-kacangan lainnya. Namun manfaatnya cukup tinggi untuk tubuh manusia. Almond punya kandungan vitamin B kompleks, vitamin E, asam lemak, serta protein yang tinggi. Kacang ini tak hanya berguna sebagai pelancar ASI saja, kenyataannya almond juga dapat membantu Moms dalam menghasilkan ASI yang berkualitas. Almond juga bisa menjaga metabolism dalam tubuh ibu dan sang bayi.

4. Daun Bangun-Bangun (Cumin/Jinten) 

Tanaman yang satu ini termasuk ke dalam tanaman aromatic karena memiliki aroma yang khas. Kandungan daun bangun-bangun yang meliputi flavonoid, saponin, polifenol, prolactin, hingga oksitoksin sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas ASI Moms. Kandungan kalium pada daun bangun-bangun ini juuga berfungsi untuk membantu menaikkan berat badan si kecil melalui ASI.

5. Wortel 

Siapa sih yang tak kenal sayuran berwarna oranye ini? Sayuran ini sering kali kita temukan diberbagai olahan baik makanan ataupun minuman. Bisa diolah menjadi jus segar atau jadi bahan campuran masakan seperti tumis-tumisan dan juga sup. Selain punya kandungan vitamin A yang tinggi sehingga menyehatkan mata, wortel juga bisa digunakan sebagai booster ASI. Melalui ASI juga, wortel dapat membantu menyehatkan mata si kecil. Menurut banyak sumber, mengkonsumsi wortel dengan cara apa saja dapat membantu Moms dalam memproduksi ASI yang sehat serta berkualitas.

Cara Lain Booster ASI

Memijat Payudara

Melakukan pemijatan yang benar pada payudara akan membuat produksi ASI meningkat. Pemijatan dilakukan dari bagian pangkal payudara, tekan dinding payudara menggunakan dua jari yakni jari telunjuk dan jari tengah. Lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting seperti bentuk obat nyamuk. Lakukan hanya dari pangkal menuju puting. Bukan sebaliknya. Ingat, pemijatan ini bertujuan agar produksi ASI bertambah dan melancarkan ASI.

Namun jika dirasa kurang hanya dengan pijatan tersebut, Moms bisa coba untuk menambahkan ASI Booster Oil saat memijat payudara. Pilih Booster Oil yang berbahan alami sehingga tidak membuat iritasi pada kulit payudara. Moms bisa membeli BONNELS Essential Oil ASI Booster yang terbukti dibuat dari bahan alami seperti Coconut Essential Oil, Sweet Almond Essential Oil, Jojoba Essential Oil, Fennel Essential Oil, Geranium Essential Oil, Basil Essential Oil, dan Clary Essential Oil.

Tidak hanya mampu memperbanyak ASI, namun bisa juga memberikan efek relaksasi untuk busui, mengurangi ketegangan pada area payudara, serta menjaga kualitas ASI agar tetap baik.

Cara menggunakannya pun tanpa alat diffuser, sehingga Moms bisa merasakan langsung efeknya di payudara Moms.
* Teteskan secukupnya pada telapak tangan, oles merata di bagian pinggir kedua sisi payudara.
* Pijat lembut 2 kali sehari, jangan terkena puting, oles di pinggir payudara sudah cukup untuk meningkatkan (boost) produksi ASI.

Memompa ASI

Cara memperbanyak produksi ASI selanjutnya adalah dengan memompa payudara. Hal ini berguna agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI. Usahakan untuk memompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui. Pompa masing-masing payudara setidaknya selama 10 menit. Perlu diketahui bahwa produksi ASI meningkat ketika pada pukul 2-5 pagi. Jika memungkinkan, pompa ASI dalam jam tersebut.

Apabila Moms adalah seorang ibu yang bekerja dan tidak memiliki waktu untuk memompa ASI pada pagi hari, cobalah untuk memompa ASI pada jam istirahat kerja. Memompa ASI bisa Moms lakukan dengan cara manual ataupun yang elektrik.

Meskipun sangat memungkinkan jika Moms memompa ASI secara manual, namun akan lebih praktis apabila Moms menggunakan Pompa ASI Elektrik. Moms bisa memompa ASI sambil makan atau menonton di jam istirahat kerja.

Apabila produksi ASI dirasa sudah cukup, tuangkan ASI yang terkumpul ke dalam kantong ASI MOOIMOM, kemudian simpan di dalam lemari pendingin. Jika Moms ingin pulang, bawa kantong ASI tersebut ke rumah dan hangatkan jika ingin diberikan pada bayi.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
MOOIMOM NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Silicone Gas Storage
MOOIMOM Silicone Gas Storage

Rp 39,000

Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack
MOOIMOM Silicone Breastpump Premium Pack

Rp 189,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved