Mamapedia Logo
Menjemur Bayi dapat Menghindarkan dari Penyakit Kuning, Mitos atau Fakta?

Menjemur Bayi dapat Menghindarkan dari Penyakit Kuning, Mitos atau Fakta?

author iconSalsa
date icon23 04 2021
category iconKehamilan & Menyusui, Kelahiran Anak,

Banyak dari Moms yang menjemur bayinya di bawah sinar matahari pagi, bukan tanpa alasan, sinar matahari terutama di pagi hari amat sangat baik bagi bayi. Manfaat yang didapat tentunya berkaitan dengan kesehatan, seperti kebutuhan akan vitamin D yang dapat membantu dalam penyerapan kalsium untuk memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga dapat menghindarkan dari penyakit. 

Bukan itu saja, ternyata masih banyak manfaat dari menjemur bayi di bawah sinar matahari, yakni:

  • Meningkatkan produksi serotonin dan melatonin untuk mengatur tidur dan menyehatkan bayi
  • Membantu mencegah penyakit diabetes dan mengatur kadar insulin pada bayi
  • Menyehatkan sistem saraf dan dapat meningkatkan imunitas bayi
  • Vitamin K yang berasal dari paparan sinar matahari dapat membantu mempercepat pembekuan darah dan vitamin D dapat membantu menghentikan darah saat bayi terluka

Di samping itu, terdapat banyak informasi yang didapat bahwa menjemur bayi dapat menghindarkan dari penyakit kuning, benarkah? Lalu apa itu penyakit kuning dan mengapa bayi bisa terkena penyakit kuning?

Baca Juga: Bayi Kuning: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

Penyakit kuning atau jaundice adalah suatu kondisi medis dimana terdapat perubahan warna kekuningan pada kulit, bagian putih mata hingga membran mukosa. Dilansir dari Helathline.com pada artikel Understanding Newborn Jaundice,  penyakit kuning pada bayi baru lahir sangat umum dan dapat terjadi ketika bayi memiliki kadar bilirubin yang tinggi.

Pada bayi yang lebih tua dan orang dewasa, hati memproses bilirubin, yang kemudian melewati saluran usus. Namun, hati bayi baru lahir belum cukup matang untuk mengeluarkan bilirubin. Dalam beberapa kasus, bayi yang resikonya tinggi terkena penyakit kuning dikarenakan:

Selain beberapa alasan diatas, penyebab lain dari penyakit kuning pada bayi baru lahir meliputi:

  • Memar saat lahir atau perdarahan internal lainnya
  • Masalah hati
  • Sebuah infeksi
  • Kekurangan enzim
  • Kelainan pada sel darah merah bayi

Baca Juga: Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

Menjemur bayi di bawah sinar matahari  inilah salah satu cara menghindarkan bayi dari penyakit kuning, seperti dapat membantu memecah bilirubin sehingga membuat kadarnya bisa menurun. Tetapi perlu diingat ya, Moms. Menjemur bayi bukanlah hal utama atau solusi utama untuk penyakit kuning. Jika kadar bilirubin pada bayi terlalu tinggi, bayi membutuhkan penangangan khusus dengan terapi sinar atau fototerapi.

Dalam fototerapi, bayi akan ditempatkan di ranjang khusus di bawah sinar spektrum biru dan hanya mengenakan popok dan kacamata pelindung khusus. Dalam kasus yang sangat parah, transfusi darah mungkin diperlukan. Transfusi dapat menggantikan darah bayi yang rusak dengan sel darah merah yang sehat. Ini juga meningkatkan jumlah sel darah merah bayi dan mengurangi kadar bilirubin.

Untuk menjemur bayi, tentu perlu menggunakan tempat yang aman agar bayi nyaman. Tweeling & Co Baby Sling memudahkan Moms dalam menggendong si Kecil dalam waktu yang lama karena berat bayi didistribusikan secara merata di sepanjang punggung dan bahu.

Kemudian, kenyamanan Tweeling & Co Baby Sling dikarenakan dibuat dari bahan yang lembut, sangat mudah digunakan, fitur yang nyaman dan kedua tangan penggendong bebas untuk mengerjakan aktivitas lain. #CarryWithoutWorry membuat aktivitas menjemur menjadi menyenangkan!

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
YOU MAY ALSO LIKE