Homepage Loading Icon
Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

author iconDwi Ayu Rochani
date icon26 07 2020
category iconkeluarga, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Nyeri punggung merupakan salah satu hal umum yang paling banyak dialami oleh ibu hamil. Biasanya rasa nyeri ini akan terasa lebih mengganggu saat Moms berdiri, berjalan atau membungkuk ke depan. Kondisi ini terjadi akibat bertambahnya beban di perut dan tubuh moms, yang kemudian membuat struktur tulang punggung berubah.

Hal lain yang juga bisa menyebabkan munculnya nyeri punggung adalah perubahan hormon dan stres. Saat hamil, ligamen yang menghubungkan antara tulang dan sendi mengalami pelonggaran karean perubahan hormon yang menyiapkan tubuh untuk proses persalinan. Akibat ligamen yang longgar ini, keseimbangan tubuh Moms pun terganggu dan memicu nyeri.

Sementara saat stres, terjadi ketegangan otot dan iritasi pada beberapa bagian tubuh secara alamiah. Nah, salah satu efek ketegangan otot ini adalah rasa kaku dan nyeri di bagian punggung. Meski terkesan sepele, nyeri punggung jika tidak segera diatasi juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Moms lho.

Tak melulu harus diatasi dengan minum obat, nyeri punggung juga bisa diredakan dengan beberapa cara alami. Cara ini diyakini lebih aman dilakukan oleh para ibu hamil dilansir dari halodoc. 

Kompres Punggung
Kompres bagian punggung yang terasa nyeri dengan menggunakan es batu yang dilapisi oleh handuk, selama 20 menit selama beberapa kali dalam sehari. Setelah tiga hari mengompres punggung dengan handuk dingin, lanjutkan mengompres punggung, tapi kali ini dengan menggunakan botol berisi air hangat. Dengan cara ini,  rasa nyeri punggung yang ibu alami dapat berkurang.

Pijat Punggung
Memijat lembut punggung bawah merupakan cara yang akan membuat ibu merasa nyaman kembali. Mintalah sang suami untuk memijat punggung ibu ketika mulai terasa sakit. Ibu juga bisa membuat janji untuk sesi maternity massage selama masa kehamilan.

Membiasakan Sikap Tubuh yang Baik
Karena perkembangan janin yang membesar membuat tubuh ibu condong ke depan, maka ibu perlu menyeimbangkannya dengan mengubah sikap tubuh. Jika selama ini ibu sering duduk dengan posisi yang bungkuk, cobalah membiasakan diri untuk duduk tegap. Waktu berdiri dan berjalan pun, ibu disarankan untuk mempertahankan posisi tegap. Jangan membungkuk saat duduk karena akan menekan perut, dan jangan memutar badan saat mengangkat barang.

Artikel terkait : Posisi Tidur Nyaman Selama Kehamilan

Olahraga
Jangan malas berolahraga selama hamil, karena olahraga bermanfaat meningkatkan stamina ibu dan membuat tubuh menjadi lebih lentur atau fleksibel, sehingga bisa mengurangi tekanan pada tulang belakang. Pilihan olahraga yang sesuai untuk ibu hamil adalah berenang dan berjalan kaki. Ibu hamil disarankan berolahraga secara rutin untuk dapat merasakan manfaatnya.

Kenakan Pakaian yang Nyaman
Selama masa kehamilan, pakailah baju hamil yang longgar dengan ikat pinggang yang rendah dan dapat menopang. Beberapa ibu hamil yang merasa terbantu dan merasa lebih nyaman ketika mengenakan maternitiy belt atau ikat pinggang khusus ibu hamil. Kenakan juga sepatu berhak rendah agar ibu nyaman selama berjalan kaki.

Berhati-hati saat Mengangkat Barang
Saat ingin mengambil benda kecil yang tergeletak di atas lantai, jangan menekuk pinggang. Ibu sebaiknya berjongkok untuk mengambilnya. Jika tidak bisa mengambilnya, jangan dipaksakan. Mintalah bantuan orang lain untuk mengambilkannya.

Tidur Menyamping
Jika perut ibu sudah semakin besar, mulailah tidur dengan posisi menyamping. Tekuklah salah satu atau kedua lutut. Ibu juga bisa menggunakan bantal untuk ditaruh di antara lutut atau bagian tubuh lain di bawah perut yang dapat membuat ibu merasa nyaman saat tidur.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Little Tree Toothbrush 3-6 years Green Sikat Gigi Anak Bayi Balita
Little Tree Toothbrush 3-6 years Green Sikat Gigi Anak Bayi Balita

Rp 59,000

59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer
59s - UVC LED Sterilizing Box / Boks Sterilizer

Rp 2,500,000

Sloped Pillow Bantal Bayi
Sloped Pillow Bantal Bayi

Rp 449,000

MOOIMOM 3 Pack High Waist Briefs
MOOIMOM 3 Pack High Waist Briefs

Rp 447,000

Maternity & Nursing Ruffle Midi Long Dress Baju Hamil Menyusui
Maternity & Nursing Ruffle Midi Long Dress Baju Hamil Menyusui

Rp 399,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved