Homepage Loading Icon
4 Cara Dads Melakukan Bonding dengan Janin

4 Cara untuk Dads Membangun Bonding dengan Janin

author iconIntan
date icon21 06 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan,

Tak hanya Moms, peran Dads untuk melakukan bonding dengan janin di dalam kandungan juga sama pentingnya, lho! Selain sebagai momen "perkenalan", ternyata calon bayi yang menjalin komunikasi dengan Dads juga diprediksi lahir dengan kualitas otak yang cerdas.

Kapan waktu yang tepat memulai bonding dengan janin?

Di usia 26 minggu, janin di dalam kandungan sudah bisa bereaksi terhadap suara-suara baik di dalam maupun luar tubuh Moms. Hal ini juga sangat memungkinkan apabila Moms ingin menenangkan bayi melalui suara.

Termasuk diantaranya suara dari Dads! Dads bisa segera memberikan sentuhan lembut pada perut Moms sambil berbicara dengannya. Suara yang didengar oleh janin di dalam kandungan volumenya adalah setengah dari volume yang kita dengar.

Setelahnya, di usia 32 minggu,  bayi Moms akan mulai mengenali suara vokal tertentu dari bahasa kita. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa sangat dini mungkin dimulai sebelum kelahiran.

Bagaimana cara Dads membangun bonding dengan janin?

1. Memijat Moms agar Moms dan janin lebih nyaman

Dads bisa melakukan pijat oksitosin yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Pijat oksitosin dapat merangsang produksi hormon oksitosin di dalam tubuh Moms dan membuat proses bonding antara Moms, Dads, serta janin bisa terhubung dengan maksimal.

2. Berbicara dengan memberikan afirmasi positif

Janin di dalam kandungan juga akan mengenali suara-suara yang biasa ia dengar sebelum ia lahir, lho. Jadi, Dads bisa memberikan afirmasi positif pada si Kecil setiap waktu.

Misalnya, memberikan afirmasi positif untuk bisa keluar dengan mudah saat waktunya lahir nanti, atau harapan-harapan Dads terhadap si Kecil saat ia lahir dan terus tumbuh.

3. Mendengarkan musik

Perdengarkan musik untuk Si Kecil. Musik yang meniru detak jantung sekitar 60 detak per menit, seperti lagu pengantar tidur, sangat berguna.

Moms dan Dads juga dapat mencari musik "santai" atau "menenangkan”.

4. Dampingi Moms saat kontrol

Melihat Si Kecil bergerak di dalam rahim bisa menjadi pengalaman yang mengharukan bagi orang tua, dan dapat membantu Moms dan Dads membangun bonding saat hamil dengan bayi. Sehingga, hal ini akan dirasakan Si Kecil di dalam perutnya.

Nah, saatnya Dads membangun bonding saat hamil. Selain bisa menjalin kedekatan antara Dads dan Si Kecil kelak. Setidaknya, Dads membuat Moms merasa nyaman dan mendapat dukungan selama menjalani kehamilan.

Jadi semakin tidak sabar untuk bertemu dengan si Kecil ya Moms dan Dads! Jangan lupa, persiapkan proses persalinan dengan mudah dengan menggunakan Travel Diaper Bag sebagai hospital bag Moms, ya!

Klik di sini untuk beli Travel Diaper Bag.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Sloped Pillow Bantal Bayi
Sloped Pillow Bantal Bayi

Rp 449,000

MOOIMOM Wet Wipes (5 Pack isi 100 Lembar)
MOOIMOM Wet Wipes (5 Pack isi 100 Lembar)

Rp 75,000

MOOIMOM Wet Wipes (1 Pack isi 20 Lembar)
MOOIMOM Wet Wipes (1 Pack isi 20 Lembar)

Rp 15,000

MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Flat-head Prevention Pillow - Bantal Bayi

Rp 315,000

MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi
MOOIMOM Head Shaping pillow - Bantal Bayi

Rp 299,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved