Homepage Loading Icon
Manfaat Metode Water Birth

Manfaat Metode Water Birth

author iconYudi Handoko
date icon14 01 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Tips, Kelahiran Anak,

Air memang mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan. Manfaat ini pula yang dapat dirasakan pada saat melahirkan dengan metode water birth. Banyak Moms yang memilih metode ini karena ingin mendapatkan manfaat berikut:

 

1. Mengurangi Rasa Sakit dan Memperpendek Durasi Persalinan

Dengan metode water birth, Moms akan merasa lebih relaks karena semua otot yang berkaitan dengan proses persalinan menjadi elastis. Hal inilah yang dipercaya dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Metode ini mempermudah proses mengejan, proses pembukaan jalan lahir akan berjalan lebih cepat. Sehingga durasi persalinan lebih singkat.

 

2. Membuat Lebih Rileks

Dengan berendam dengan air hangat, Moms dapat melemaskan otot-otot sekaligus membantu Moms lebih tenang, rileks, dilindungi, dan terkendali. Selain itu, Moms juga dapat mengatur nafas secara teratur.

 

3. Posisi lebih nyaman saat melahirkan

Di dalam air Moms akan lebih mudah bergerak untuk mencari posisi yang nyaman. Yang terpenting adalah posisi tersebut dapat mempermudah bayi lahir. Aturan yang perlu diingat adalah tetap menjaga lutut pada posisi lebih rendah dari pinggul.

 

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat lainnya, yaitu dapat membuat kontraksi rahim lebih efisien dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga aliran oksigen ke otot-otot rahim Moms lebih baik, rasa sakit Moms berkurang, dan oksigen ke bayi juga dialirkan dalam jumlah yang cukup. Air juga dapat membuat otot perineum lebih elastis dan santai. Hal ini dapat mengurangi tingkat keparahan dari vagina robek dan kebutuhan akan episiotomi.

 

5. Manfaat untuk bayi

Manfaat water birth bukan hanya untuk Moms, namun juga memberi manfaat untuk bayinya. Air memberikan lingkungan yang hampir sama dengan yang ada di dalam kandungan, cairan ketuban. Sehingga hal ini dapat mengurangi stres bayi saat lahir dan meningkatkan rasa nyaman bagi bayi saat lahir.

 

Tidak banyak Rumah Sakit yang memiliki fasilitas water birth namun salah satunya yang terkenal adalah diRS Sam Marie Jakarta, RS Siloam Asri Mampang, Jakarta Selatan dan Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya Duren Tiga.

(gambar: mamapapa.id)

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing
MOOIMOM Postpartum Gauze Belt-3 stage / Korset Pelangsing

Rp 249,000

MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui
MOOIMOM New Silicone Breast Pump + Free Lid Pompa ASI Silikon Ibu Menyusui

Rp 149,000

Bamboo Postpartum Belly Band Corset
Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 920,000

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset
MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset

Rp 720,000

NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik
NEW Natural Comfort Electric Breast Pump Pompa ASI Elektrik

Rp 1,390,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved