Homepage Loading Icon
Manfaat Mengonsumsi Madu untuk Ibu Hamil

Manfaat Mengonsumsi Madu untuk Ibu Hamil

author iconfallin
date icon11 04 2019
category iconKehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Gizi & Kesehatan,

Selain sebagai pemanis alami, madu juga punya banyak khasiat lainnya. Madu banyak digunakan orang untuk membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. 

 

Mengosumsi madu pada masa kehamilan dapat memeberikan manfaat baik bagi ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Apa saja manfaat madu untuk ibu hamil?

 

1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan antioksidan, antibakteri, dan kaya akan nutrisi membuat madu sangat bermanfaat untuk ibu hamil, khususnya sebagai penyokong sistem imun agar lebih kuat. Hal tersebut dapat membantu melawan infeksi dan menjaga tubuh agar tetap sehat, mengingat ibu hamil rentan dengan penyakit yang dapat mempengaruhi janin dan dirinya sendiri.

 

2. Membantu mengurangi insomnia

Kebanyakan ibu hamil sering sulit untuk tidur di malam hari karena kondisi tubuhnya yang sudah mengalami banyak perubahan. Jika ibu hamil mengonsumsi madu, maka insomnia yang sering dialami dapat sedikit demi sedikit berkurang.Madu memiliki khasiat untuk meningkatkan kualitas tidur jika dikonsumsi sebelum Anda tidur. Oleh karena itu, madu bermanfaat bagi para ibu hamil yang memiliki kesulitan untuk tidur atau disebut insomnia. 

 

3. Menghilangkan pilek

Selain mengandung antibakteri yang tinggi, madu juga dapat melawan beberapa virus, terutama mencegah datangnya penyakit pilek. Selain itu, madu juga dikenal sebagai suppressant yang efektif untuk mengobati batuk pada ibu hamil.

 

4. Kulit kepala lebih sehat

Kandungan anti radang pada madu dapat mengurangi kerontokan rambut atau masalah ketomber yang kerap dialami ibu hamil. Selain itu antiradang yang ada pada madu tidak hanya melawan tenggorokan yang sakit, melainkan juga dapat mengurangi ketombe dan gatal pada kulit kepala. Cairkan madu dengan air hangat dan oleskan ke kulit kepala untuk mengatasi kondisi tersebut.

 

5. Membantu pengobatan tukak lambung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa madu juga dapat membantu pengobatan antibiotik pada tukak lambung. Hal tersebut disebabkan cairan manis ini mampu mengurangi pertumbuhan bakteri Helicobacter pylori, bakteri yang menyebabkan kondisi yang tidak nyaman tersebut. 

 

6. Lezat dan bergizi

Apabila Anda sedang menjalani program diet selama kehamilan dan harus mengurangi konsumsi gula dan kalori, pilihlah madu sebagai penggantinya. Madu dipercaya sebagai alternatif gula yang lebih sehat. Akan tetapi, pilihlah madu dengan kualitas tinggi agar manfaatnya lebih terasa bagi ibu hamil.

 

 

Ketentuan mengonsumsi madu bagi ibu hamil

 

Usahakan untuk mengonsumsi madu 3-5 sdm (180-200 kalori) dalam sehari. Disarankan untuk tidak melebihi batas tersebut karena kebutuhan kalori untuk ibu hamil sekitar 1800-2000 kalori.

 

Tidak mencampurkan madu dengan air atau minuman panas. Hal ini dapat mengurangi enzim sehat yang ada pada madu. Dianjurkan untuk menggunakan air hangat.

 

Jangan menambahkan madu ke dalam makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Campuran keduanya akan menghilangkan khasiat vitamin yang ada pada makanan tersebut.

 

Madu sangat baik untuk semua orang, terutama bagi ibu hamil. Oleh karena itu, jika sudah mengetahui manfaatnya apa saja dan bagaimana cara mengonsumsi dengan baik dan benar, khasiatnya akan terasa lebih berguna.

 

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Seamless High Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil
Seamless High Waist Maternity Briefs Celana Dalam Hamil

IDR 149,000

Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra
Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra

IDR 350,000

Cotton Soft Maternity & Nursing Singlet Baju Hamil Menyusui
Cotton Soft Maternity & Nursing Singlet Baju Hamil Menyusui

IDR 239,000

Warm Long Sleeves Top & Trouser Set Baju Hamil & Menyusui
Warm Long Sleeves Top & Trouser Set Baju Hamil & Menyusui

IDR 749,000

Green Long Sleeves Maternity & Nursing Hoodie Baju Hamil & Menyusui
Green Long Sleeves Maternity & Nursing Hoodie Baju Hamil & Menyusui

IDR 499,000

Featured Brands

Little Tree Brand
Mombella Brand
Olababy Brand
Sunmum Brand
Jeelly Brand
Mugu Brand
Cipu Brand
59S Brand
SmilyMia Brand
Tweeling Brand

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved