Homepage Loading Icon
Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil

Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil

author iconDwi Ayu Rochani
date icon30 04 2020
category iconResep, Kehamilan & Menyusui, Masa Kehamilan, Tips,

Bagi penggemar jamu tentunya tidak asing dengan kencur.

Ya,tanaman yang sekilas mirip jahe ini memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Di mana kencur mengandung banyak zat dan senyawa kimia seperti mineral, sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat dan masih banyak lagi. Kencur yang merupakan tanaman tropis di Indonesia ini sering digunakan sebagai ramuan obat tradisional. Bahkan kencur dapat menjadi salah satu minuman herbal yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.
Yuk simak dibawah ini Moms. 

Menenangkan Kondisi Psikis

Ibu hamil biasanya memiliki emosi yang lebih tidak stabil karena mengalami sejumlah perubahan pada tubuhnya. Belum lagi, bila ia memiliki masalah yang membuatnya stres dan sulit beristirahat. Nah, dengan mengonsumsi ekstrak kencur, kondisi psikis ibu hamil yang sedang tidak stabil bisa kembali tenang. Sebab, ada sebuah riset yang mengatakan bahwa ekstrak kencur yang dikonsumsi secara rutin dapat meringankan gejala stres, gelisah dan depresi.

Meningkatkan Nafsu Makan

Ibu hamil wajib memenuhi kecukupan gizi dengan mengonsumsi makanan sehat agar daya tahan tubuh optimal dan janin berkembang sempurna. Sayangnya, sebagian ibu hamil kehilangan nafsu makan akibat mual dan muntah sehingga berisiko kekurangan gizi selama kehamilan. Nah, sebagai solusi dari masalah tersebut, Moms dapat mengonsumsi jamu beras kencur secara rutin. Pertanyaannya, bolehkah ibu hamil minum jamu beras kencur? Boleh, asalkan telah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan yang merawat. Dengan mengonsumsi beras kencur yang terdiri atas campuran beras, kencur, asam jawa, dan gula, nafsu makan ibu hamil akan meningkat. Berkat manfaat beras kencur yang satu itu, ibu hamil akan terbantu untuk memenuhi kebutuhan gizi setiap hari.

Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Batuk

Bagi Moms yang hobi memasak ataupun suka minum jamu, kencur bukan hal yang asing lagi. Kencur ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaat kencur untuk ibu hamil juga tidak bisa disepelekan. Ya, bagi ibu hamil yang ingin tetap sehat dengan cara alami, kencur dapat menjadi salah satu herbal yang dikonsumsi secara rutin. Hal itu karena kencur bisa memberikan manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan fisik dan psikis ibu hamil.

Meredakan Nyeri dan Bengkak

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil akan mengalami sejumlah pembengkakan dan nyeri di beberapa bagian tubuh, misalnya kaki, pinggang dan lain-lain. Untuk meringankan rasa nyeri, pegal, dan bengkak itu, ibu hamil bisa mengandalkan manfaat beras kencur. Bahkan, ketika Moms mengalami sakit kepala dan sakit perut, kencur juga bisa menjadi solusinya.

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care 081212188862
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved