Homepage Loading Icon
Langkah Memisahkan Bayi dari Empeng

Langkah Memisahkan Bayi dari Empeng

author iconDinda Ayu Saraswati
date icon26 03 2020
category iconKehamilan & Menyusui, Tumbuh Kembang Anak, Tips,

Mengisap empeng atau pacifier memang menyenangkan bagi bayi, selain itu bayi juga lebih tenang. Sebenarnya ada beberapa dampak positif empeng, salah satunya adalah menurunkan risiko SIDS (sudden infant death syndrome) atau sindrom kematian bayi mendadak.

Sayangnya, apapun manfaat yang bisa empeng berikan untuk bayi, tetap saja bayi usia 6 bulan ke atas sudah tidak disarankan lagi pakai empeng. Ternyata di balik manfaat yang diberikan pada bayi, empeng juga memiliki dampak yang tidak baik. 

Menurut Baby Center, usia bayi 6 sampai 12 bulan adalah waktu yang tepat untuk melepas empeng, terutama jika anak Mama rentan mengalami infeksi telinga. Kenapa? Simak penjelasan di bawah ini yuk, Moms. Cari tahu juga cara tepat untuk memisahkan si Kecil dengan empeng kesayangannya.

Alasan mengapa bayi harus berhenti pakai empeng

  • Penyebab infeksi telinga kronis. American Academy of Pediatrics dan American Academy of Family Physicians merekomendasikan untuk menghentikan atau mulai membatasi penggunaan empeng bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas. Kenapa? Karena menurut para pakar, penggunaan empeng berhubungan erat dengan infeksi telinga, terutama pada anak 2 sampai 3 tahun.
  • Mengganggu perkembangan bahasa anak. Beberapa pakar mengatakan kalau penggunaan empeng hingga anak berusia 12 bulan dapat menggangu perkembangan bahasa anak. Alasannya sederhana, karena empeng selalu berada di mulutnya, maka anak jadi susah berbicara dan mengartikulasikan kata-kata.
  • Penyebab cadel. Empeng yang selalu ada di mulutnya bisa menyebabkan otot lidah dan bibirnya berkembang tidak normal. Kalau sudah begini, maka anak bisa cadel lho, Ma.

Empat langkah memisahkan anak dengan empeng

  • Mulai di usia 4 bulan. Walau empeng memang mencegah anak terkena SIDS, namun cara terbaik untuk memisahkannya dengan empeng adalah mulai sejak dini. Usia 4 hingga 6 bulan adalah waktu termudah untuk mengatakan “bye bye” pada empeng.
  • Biarkan terlepas sendiri.Perlu diakui, empeng membuat bayi lebih nyaman, sehingga tidur lebih mudah. Namun jika Mama mau menghentikan penggunaan empeng, Mama bisa membiarkan empengnya terlepas sendiri saat ia tidur (dan tidak perlu dimasukkan lagi ke mulutnya!). Bagaimana jika anak menangis? Berikan saja pelukan hangat dari Mama, dan sedikit white noise juga sangat membantu.
  • Kurangi pemakaian empeng.Sering melihat bayi ngempeng setiap saat? Duh, sebaiknya anak Mama tidak begitu, ya. Selain tidak baik untuk perkembangan otot mulutnya, ini juga akan membuatnya semakin sulit berpisah dengan empeng tersayang. Agar lebih mudah, maka perlahan kurangi pemakaian empeng di siang hari. Gunakan saat mau tidur saja, dan lama-lama buat bayi lupa dengan empengnya.
  • Teknik cabut saat setengah sadar.Bayi butuh empengnya saat mau tidur, namun saat dia setengah sadar, Mama bisa mulai mencabut empengnya. Takut ia menangis? Ulangi cara yang sama hingga bayi tertidur lelap. Hal ini tentu berat di beberapa malam pertama, namun setelah 10-14 malam konsisten melakukan cara ini, maka biasanya bayi sudah terbiasa untuk bisa menenangkan diri tanpa empeng.
Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Mombella Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Blue
Mombella Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Blue

Rp 139,000

Mombella Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow
Mombella Dancing Elephant Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow

Rp 139,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Green
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Green

Rp 119,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi -  Yellow
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Yellow

Rp 119,000

Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange
Mombella Mushroom Soothing Teether Mainan Gigitan Bayi - Orange

Rp 119,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved