Homepage Loading Icon
Beras Merah Punya Banyak Manfaat untuk Ibu Hamil - MOOIMOM

Kebaikan Beras Merah untuk Ibu Hamil

author iconNovia Luciana
date icon14 06 2017
category iconKehamilan & Menyusui, Gizi & Kesehatan, Masa Kehamilan, Tips,

Bagi sebagian wanita yang tak ingin berat badannya melonjak drastis saat hamil, mengganti karbohidrat dengan berbagai jenis makanan lain adalah salah satu cara yang tepat. Anda bisa mengganti beras putih Anda dengan beras merah, kentang, jagung, bahkan roti gandum. Makanan pengganti ini juga biasanya tak kalah memiliki kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.  (Baca juga : Makanan Pengganti Carbo ini Juga Baik untuk Ibu Hamil)

Nasi merah atau beras merah memiliki kandungan DHA, EPA, Vitamin B1, Vitamin B6, dan juga karbohidrat. Per dua ratus gram beras merah sendiri memiliki kadar karbohidrat sekitar 46 gr dan lebih sedikit ketimbang beras putih yaitu 56 gr. Tak hanya itu saja, beras merah memiliki kandungan serat 14% lebih banyak daripada beras putih. Kemudian terdapat juga kandungan lain seperti protein, omega 3, omega 6, magnesium, mangan, zat besi, serta fosfor. Satu hal lagi yang wajib Anda ketahui, beras merah memiliki kalori yang lebih sedikit daripada beras putih. Lalu, apa manfaat lainnya sih untuk ibu hamil? Simak selengkapnya.

Untuk membentuk sel darah ibu dan jabang bayi

Dilansir dari sebuah website hamil, ketiga sel darah seperti sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit tentu saja sangat diperlukan untuk bayi dan juga ibunya. Tak hanya harus terbentuk dengan sempurna, sel darah tersebut juga harus seimbang. Oleh karena itu, beras merah (nasi merah) yang memiliki kandungan zat besi yang lebih baik juga bagus untuk kesehatan ibu hamil.

Membuat pencernaan ibu hamil lebih lancar

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, beras merah memiliki kandungan serat 14% lebih banyak atau sebanyak 4 gr dari total 200 gr, sedangkan beras putih hanya 1 gr saja. Dengan mengkonsumsi makanan kaya akan serat, ibu hamil akan terhindar dari masalah kehamilan padaa umumnya yaitu susah buang air besar. Selain itu, mengkonsumsi beras merah juga lebih kenyang ketimbang beras putih. Beras merah akan lebih lezat bila dimasak dengan menggunakan air sedikit lebih banyak daripada saat Anda memasak beras putih.

Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat dan ibu hamil menjadi jarang mual

Kandungan vitamin B6 pada beras merah sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh bayi bahkan ketika ia masih dalam kandungan. Nantinya setelah ia lahir ia akan lebih mudah jauh dari penyakit atau virus. Sedangkan untuk ibu hamil, dengan mengkonsumsi beras merah, rasa mual yang sering kali Anda rasakan akan berkurang.

Beras merah memang lebih mahal dibandingkan dengan beras putih, namun siapa sangka manfaatnya jauh lebih baik. Nah, sudahkah Anda tertarik untuk beralih ke beras merah Moms?

Share IconBagikan Artikel

Facebook ShareTwitter Share
Rekomendasi Produk
Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra - Bra Hamil Menyusui
Super Soft Crossover Maternity & Nursing Bra - Bra Hamil Menyusui

Rp 169,000

MOOIMOM Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
MOOIMOM Cotton Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

Rp 299,000

Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra
Super Elastic Seamless Maternity Nursing Bra

Rp 299,000

V-neck Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui
V-neck Maternity & Nursing Bra Top / Tank Top Bra Hamil Menyusui

Rp 249,000

Lace High Waist Maternity Briefs / Celana Dalam Hamil
Lace High Waist Maternity Briefs / Celana Dalam Hamil

Rp 89,000

Service

E-mail cs@mooimom.id
Customer Care (021) 24520868
Opening Hours Mon - Fri (09.30 - 17.30)

FOLLOW US ON

Follow MOOIMOM Instagram https://www.instagram.com/mooimom.id/Follow MOOIMOM Line https://line.me/R/ti/p/%40mau7665rFollow MOOIMOM Facebook https://www.facebook.com/mooimomid/Follow MOOIMOM Youtube https://www.youtube.com/channel/UCrRvWHrQqd_lwAAwo-A2xMg

Get updates on new maternity and nursingwear products!

Copyright © MOOIMOM PTE. LTD. All Rights Reserved